free web page counters

Lewat Fitur Zakat dan Donasi, Tokopedia Kumpulkan Lebih dari Rp7,8 Miliar Sumbangan

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Tokopedia-Zakat.

Gadgetren – Melalui fitur Zakat dan Donasi, level e-commerce Tokopedia dikabarkan berhasil mengumpulkan sumbangan kemanusian mencapai lebih dari Rp7,8 miliar yang di dalamnya termasuk Zakat Fitrah dan Donasi.

Tokopedia sendiri diketahui telah berkolaborasi dengan sejumlah lembaga kemanusiaan seperti BAZNAS, LAZIS NU, Dompet Dhuafa, Rumah Yatim, Rumah Zakat dan masih banyak lagi.

Tokopedia dalam momen Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah juga telah menghadirkan berbagai pilihan fitur untuk mempermudah masyarakat dalam berbagi kebaikan mulai dari Zakat Fitrah, Donasi, Wakaf, Fidyah, Zakat Maal dan lain-lainnya.

Hal tersebut pun diungkapkan oleh Rizky Juanita Azuz selaku External Communications Senior Lead Tokopedia. Rizky menambahkan bahwa secara keseluruhan jumlah Zakat dan Donasi yang terkumpul secara keseluruhan di level Tokopedia mencapai lebih dari Rp7,8 miliar sepanjang Ramadhan 2024.

Tokopedia mengklaim bahwa pada Ramadhan 2024 kemarin tampak adanya antusias tinggi dari masyarakat untuk berbagi kebaikan, dalam hal ini membayar charity fitrah secara online melalui Tokopedia yang disebut melonjak lebih dari 3,5 kali lipat selama empat hari menjelang Lebaran 2024 dibandingkan dengan periode seminggu sebelum Lebaran 2024.

Sedangkan jumlah transaksi pada fitur Zakat Mal lewat Tokopedia disebut melonjak hampir 1,5 kali lipat pada periode yang sama. Bekerja sama dengan para mitra lembaga kemanusiaan, harapan Tokopedia donasi dari masyarakat secara berkala dapat terus menjangkau berbagai daerah di Indonesia mulai dari Aceh, Medan, DKI Jakarta, Bandung, Deli Serdang, Pekanbaru, Lombok Barat, hingga Papua.

 Tokopedia-Zakat-1

Di samping charity fitrah, Tokopedia juga turut mencatat minat masyarakat dalam berbagi kebaikan melalui donasi masih sangat tinggi. Hal ini terbukti dari jumlah transaksi pada fitur Donasi melejit hampir 2 kali lipat sepanjang Ramadhan 2024 dibandingkan dengan periode Ramadan 2023 lalu.

Hasil donasi kemudian disalurkan oleh mitra lembaga kemanusiaan terhubung untuk memenuhi kebutuhan Ramadhan bagi masyarakat yang membutuhkan. Berkat donasi dari masyarakat melalui Tokopedia, para mitra lembaga kemanusiaan juga dapat terhubung untuk menyalurkan berbagai bantuan mulai dari hidangan buka puasa untuk yatim dan dhuafa, parsel Lebaran, tunjangan hari raya, hingga perlengkapan ibadah.

“Semoga donasi yang terkumpul dari masyarakat dapat membantu masyarakat Indonesia yang membutuhkan sekaligus menginspirasi lebih banyak masyarakat berbagi kebaikan dengan sesama,” ujar Rizky

Sebagai tambahan informasi, kamu yang telah membayar charity melalui Tokopedia akan mendapatkan Bukti Setor Zakat yang sudah disahkan oleh Pemerintah untuk mengurangi penghasilan kena pajak sesuai yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang pengelolaan zakat.

Termasuk peraturan di bawahnya seperti Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 14 Tahun 2014 dan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2014 tentang zakat. Peraturan Dirjen Pajak Nomor 11 Tahun 2017 juga menegaskan charity atau sumbangan keagamaan yang bersifat wajib dapat dikurangkan dari penghasilan bruto sebagai penghitungan pajak.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.