free web page counters

Intip! 7 Tips Memilih Batu Alam untuk Dinding Kamar Mandi

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
Intip! 7 Tips Memilih Batu Alam untuk Dinding Kamar Mandi
Gambar : freepik

Batu alam telah menjadi pilihan terkenal untuk tembok bilik mandi lantaran keelokan alamnya nan mempesona dan kekuatan nan tahan lama. Namun, memilih batu alam nan tepat untuk tembok bilik mandi bisa menjadi tantangan tersendiri, termasuk dalam urusan memilih lem keramik dinding untuk merekatkannya.

Artikel ini bakal memberikan beberapa tips nan dapat membantu Anda memilih batu alam nan cocok untuk tembok bilik mandi.

7 Tips Memilih Batu Alam nan Cocok untuk Dinding Kamar Mandi

Batu alam memang sangat bagus untuk tembok bilik mandi. Namun, tidak semuanya cocok. Ada beberapa perihal nan kudu Anda perhatikan saat memilih batu alam ini. Apa saja?

Pilih Batu Alam nan Tepat

Langkah pertama nan kudu Anda lakukan adalah memilih batu alam nan tepat untuk tembok bilik mandimu. Pastikan untuk memilih batu alam nan tahan terhadap kelembapan dan kondisi lingkungan nan unik di bilik mandi.

Sebab, batu alam ini mempunyai dua sifat, ialah solid dan nonsolid. untuk nan mempunyai daya serap air rendah, maka batu tersebut disebut solid. Biasanya, digunakan pada bagian luar maupun dalam rumah, termasuk bilik mandi.

Jenis batu ini tidak mudah ditumbuhi oleh jamur dan lumut, lantaran tidak punya pori-pori. Salah satu contohnya adalah batu andesit.

Kenali Jenis-Jenis Batu Alam

Sebelum membeli, krusial untuk mengenali beragam jenis batu alam nan tersedia. Beberapa pilihan nan umum termasuk granit, marmer, batu kapur, dan travertine. 

Setiap jenis batu alam mempunyai karakter uniknya sendiri, seperti tingkat porositas (pori-pori), warna, dan tekstur. Penting untuk memahami perbedaan di antara mereka, agar dapat memilih nan paling sesuai dengan kebutuhanmu.

Melakukan Survei ke Toko

Sebelum membikin keputusan akhir, luangkan waktu untuk melakukan survei ke toko-toko batu alam lokal. Dengan memandang secara langsung dan menyentuh beragam jenis batu alam nan ditawarkan, Anda dapat memperoleh gambaran nan lebih baik tentang kualitas, warna, dan tekstur nan sesuai dengan preferensimu.

Sebaiknya, jangan hanya sekali datang. Kamu perlu melihat-lihat lebih perincian sebelum memutuskan untuk membeli. Kamu juga bisa datang berbareng ahli untuk hasil nan lebih baik.

Padu Padankan Beberapa Jenis Batuan Alam

Jangan ragu untuk mencoba padu padan beberapa jenis batu alam untuk menciptakan tampilan nan unik dan menarik pada tembok bilik mandimu.

Misalnya, Anda bisa memilih kombinasi batu alam nan berbeda untuk tembok utama. Kemudian, mencampur batu alam dengan material lain, seperti keramik alias kayu, untuk menciptakan kontras nan menarik.

Tapi sebaiknya, Anda menggambar terlebih dahulu, alias mencocokkan langsung saat di toko, agar padu padannya lebih tepat dan sesuai keinginan.

Padu Padankan Beberapa Jenis Batuan Alam
Gambar : freepik

Pilih Warna Batu Alam nan Estetik

Warna adalah aspek krusial dalam memilih batu alam untuk tembok bilik mandi. Pilihlah warna nan sesuai dengan tema alias style hiasan bilik mandimu. Jika Anda menginginkan tampilan nan bersih dan minimalis, mungkin warna putih alias abu-abu bakal menjadi pilihan nan sempurna.

Lalu, warna-warna hangat seperti cokelat alias krem dapat memberikan sentuhan alami dan hangat untuk ruanganmu. Ini menjadikan bilik mandi lebih terlihat estetik dan juga instagramable.

Sesuaikan dengan Konsep Rumah

Selain mempertimbangkan style bilik mandi, krusial juga untuk mempertimbangkan keseluruhan konsep rumahmu. Pastikan batu alam nan Anda pilih sesuai dengan kreasi dan estetika keseluruhan rumah. 

Jika rumah kamu memiliki nuansa modern, kamu mungkin mau memilih batu alam dengan tekstur nan lembut dan warna nan netral. Sedangkan untuk rumah bergaya tradisional, batu alam dengan tekstur kasar dan warna alami mungkin lebih sesuai.

Gunakan Perekat Khusus

Terakhir, pastikan untuk menggunakan lem keramik tembok nan dirancang untuk batu alam saat memasang di bilik mandi kamu. Perekat ini mempunyai formula nan dirancang unik untuk menahan kelembapan dan kondisi lingkungan nan unik di bilik mandi. 

Sebagai rekomendasi, kamu bisa menggunakan SikaCeram®-200 TA Tilefix, lem keramik paling top. Produk ini mempunyai daya lekat nan sangat baik, cocok untuk keramik ukuran besar, aplikasi pada area terendam air, aplikasi tile on tile, mudah digunakan dan diaplikasikan, dan hanya menambahkan air.

Lem keramik tembok bilik mandi ini dapat memastikan bahwa batu alam tetap kuat dan kokoh dalam jangka waktu nan lama. Kamu pun lebih tenang dalam perawatan.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, kamu dapat memilih batu alam nan tepat untuk tembok bilik mandi. Tidak hanya elok secara visual, tetapi juga tahan lama dan mudah perawatannya. Kamu pun dapat menciptakan bilik mandi impianmu yang menjadi pusat perhatian dalam rumah.

Kamu bisa menggunakan perekat keramik tembok untuk memasang batu alam. Fungsi lem keramik tembok untuk memastikan jika batu alam meerkat sempurna di tembok bilik mandi.

Selain SikaCeram®-200 TA Tilefix, kamu juga bisa menggunakan SikaCeram®-850 Design sebagai perekat keramik. Produk ini mempunyai jarak lebar nat : 2–15 mm, mudah diaplikasikan menggunakan cartridge gun dan 2-komponen cartridge dobel berdampingan dengan static mixer nozzle.

Lem keramik tembok dapur ini bisa diaplikasikan pada lantai dan dinding, tersedia banyak pilihan warna, penyusutan kecil, tahan abrasi, ketahanan nan baik terhadap kimia, workability bagus, dan tahan noda dan mudah dibersihkan. 

Sika sudah mempunyai pengalaman selama 113 tahun dan sudah meng-handle proyek global, salah satunya proyek MRT di Indonesia. Sika juga menjadi nan pertama dalam menciptakan waterproofing semen di Indonesia. Apabila Anda mau mencari tahu mengenai lem keramik tembok Sika, segera kontak di sini!