free web page counters

Bagaimana Mana Cara Daftar Dana Premium? Ikuti Panduannya

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Penasaran gimana caranya daftar DANA Premium? Tenang, kita bakal jelasin secara cepat dan lengkap!

Upgrade ke DANA Premium ngasih banyak banget keuntungan, dari limit saldo sampe transaksi yang lebih gede, dan masih banyak lagi!

Caranya? Mulai dari persiapan dokumen yang perlu kamu siapin sampe tahap verifikasi, semuanya ada di artikel ini.

Yuk langsung kita bahas aja di bawah, let’s dive correct in!

Apa Itu Dana Premium?

Dana Premium adalah versi akun Dana kita yang sudah melewati tahap verifikasi identitas sehingga penggunanya dapat menggunakan dompet digital tersebut dengan fitur tambahan dan limit yang ditingkatkan.

Salah satu contoh fitur yang tersedia di Dana Premium tapi gak tersedia di Dana Regular adalah transportation saldo ke rekening bank.

Selain itu, limit isi saldo dan nabung di Dana pun bakal ditingkatkan dari 2 juta menjadi 10 juta rupiah.

Gak hanya itu aja, kamu pun kerap kali mendapatkan lebih banyak promo dan tawaran menggiurkan dari pihak Dana atau merchant terkait lainnya.

Upgrade Dana Tanpa KTP

Banyak orang yang ingin upgrade ke Dana Premium tapi mereka gak punya identitas diri seperti eKTP.

Meskipun di Youtube atau website lain ngasih tutorial cara upgrade Dana Premium tanpa eKTP, tapi sebagian besar cara yang dipraktekkan itu cenderung mengalami kegagalan.

Dengan kata lain, hampir mustahil buat kita untuk upgrade Dana Premium tanpa memiliki eKTP, karena information identitas pribadi itulah yang menjadi syarat utama biar kita bisa menikmatin fitur tambahan dari Dana.

Selain itu, KTP yang sudah terdaftar di Dana gak akan pernah bisa kita daftarkan lagi.

Satu KTP hanya bisa digunain buat satu akun Dana aja, sehingga semisal kamu menyerahkan eKTP yang sama kepada pihak Dana, maka kemungkinan ditolak bakal sangat besar sekali – atau lebih parahnya akun kamu bakal dibatasi atau di-banned, karena dianggap memiliki niatan jahat.

Semisal kamu mau nyerahin eKTP yang sama dengan akun sebelumnya, pastikan akun sebelumnya udah kamu hapus terlebih dahulu.

Lagipula, pihak Dana juga nyediain kok fitur hapus akun Dana di dalam aplikasi mereka, atau kamu pun bisa memintanya melalui customer work Dana via telepon, unrecorded chat, maupun email.

Daftar Dana Premium Pakai Kartu Pelajar

Manfaat mempelajari fisika

Kemudian ada yang bertanya lagi…

Apakah bisa daftar Dana Premium pakai kartu pelajar?

Sayangnya, nggak bisa ya!

Kartu pelajar yang biasanya dikasih kepada siswa sekolah atau mahasiswa gak bisa dijadiin syarat verifikasi identitas sama pihak Dana.

Dengan kata lain, hanya eKTP yang berlaku yang bisa kamu daftarkan. Sehingga sudah jelas anak sekolah atau mahasiswa yang belum punya eKTP gak bakal bisa gunain fitur Dana Premium.

Karena seperti yang kita tahu bahwa dompet integer dan organisasi keuangan kayak Dana ini punya tanggung jawab yang besar buat mengelola para penggunanya, biar gak disalahgunain gitu.

Makanya, eKTP dibutuhin buat proses bernama KYC (know your customer) buat mencegah adanya money laundering atau aktivitas ilegal lainnya di dunia net dan dunia perbankan.

Cara Daftar Dana

Nah, semisal kamu udah paham mengenai aturan dasar dari upgrade Dana Premium, kita langsung praktek aja yuk!

Seenggaknya ada dua tahapan yang mesti kamu lakukan, yakni daftar akun Dana terlebih dahulu, kemudian disusul upgrade menjadi Dana Premium.

Jadi, kita coba daftar atau buat akun dulu yuk!

  1. Download dan instal terlebih dahulu aplikasi Dana di handphone kamu melalui Play Store maupun App Store.
    Dana Play Store
  2. Setelah aplikasi Dana berhasil terpasang di perangkat kamu, langsung aja buka aplikasi tersebut.
  3. Jika kamu belum pernah login atau daftar sebelumnya, maka di tampilan awal kita bakal diminta buat memasukan Nomor Handphone kita.
    dana daftar masukan nomor handphone - izinkan lokasi
  4. Pastikan nomor HP tersebut belum pernah didaftarkan di aplikasi Dana sebelumnya jika kamu mau daftar dan buat akun baru di sana.
  5. Jika sudah, klik tombol “Lanjut”.
  6. Di halaman selanjutnya, aplikasi Dana bakal nawarin kita buat ngaktifin notifikasi. Di sini tergantung preferensi masing-masing aja ya, jika mau silahkan “Izinkan”, dan jika gak mau tinggal klik aja opsi “Nanti Saja”.
  7. Pop up berisi kata selamat datang bakal muncul. Silahkan klik aja tombol “Lanjutkan”.
    dana daftar seneng deh kamu ada di sini - kode otp
  8.  Selanjutnya kita bakal diminta buat masukin Kode OTP yang dikirimkan ke inbox SMS nomor HP yang kita daftarkan atau via whatsapp.
  9. Jadi silahkan salin kode OTP-nya dan tempelkan di kolom yang udah disediakan.
  10. Semisal kamu punya kode referral atau kode berhadiah, kamu bisa masukan di sini. Semisal nggak, langsung klik aja opsi “Lanjut Daftar”.
    dana masukkan kode berhadiah referral - masukkan pin Dana
  11. Kemudian jangan lupa ngebuat atau Masukkan PIN Baru kamu ya! terdiri dari 6 digit angka yang nantinya bakal kita gunain buat verifikasi transaksi. Pastikan kamu gak bikin password menggunakan tanggal lahir atau angka berurutan ya!
  12. Silahkan masukan lagi PIN baru yang barusan kamu buat.
  13. Semisal bener, maka kamu bakal masuk ke halaman selamat datang.
  14. Dan di saat yang bersamaan, akun Dana kamu udah berhasil dibuat dengan mudah!

Tapi ingat, akun Dana ini masih dibatasi transaksinya cuman untuk membeli sesuatu di merchant dan isi ulang aja.

Semisal kamu mau tarik saldo atau transportation ke orang lain, maka kamu mesti upgrade akun terlebih dahulu ya!

Cara Aktifkan Dana Premium

Untuk bisa upgrade ke akun Dana Premium, kamu mesti mempersiapkan eKTP dan foto selfie. jadi pastikan kamu ada di tempat yang terang ya!

Nah, adapun langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Dana di handphone masing-masing.
  2. Setelah berhasil masuk ke paper utama dari aplikasi tersebut, langsung akses aja halaman profil dengan mengklik opsi “Saya” yang terletak di pojok kanan bawah.
    dana saya - verifikasi akun anda
  3. Semisal kamu belum pernah ngajuin upgrade, maka bakal muncul sebuah tombol bertuliskan “Verifikasi Akun Anda”. silahkan klik aja tombol tersebut ya!
  4. Di halaman selanjutnya, kita bakal dikasih tahu beberapa manfaat jika upgrade ke Dana Premium. Silahkan dibaca terlebih dahulu, jika sudah paham langsung klik aja tombol “Daftar Sekarang”.
    dana saya - verifikasi akun anda
  5. Di halaman selanjutnya kita bakal disuruh buat memverifikasi kartu eKTP kita. semisal udah disiapkan, langsung klik aja tombol “Mulai yuk!”.
  6. Dan langsung jepret aja eKTP kamu pada kolom yang udah ditentukan. Pastikan fotonya gak melebihi garis ya!
  7. Berikutnya kita bakal diminta buat mengambil Foto Selfie. Ini dimaksudkan buat verifikasi diri. (mencegah orang lain mendaftarkan eKTP kita). jika udah siap, langsung klik aja tombol “Mulai”.
    dana premium selfie mulai - pindai wajah anda
  8. Silahkan arahkan kamera HP ke bagian wajah kamu ya! dan ikuti instruksi yang dikasih!
  9. Di halaman berikutnya, kita disuruh buat Verifikasi Identitas. Biasanya, semua information sudah terisi secara otomatis ngikutin pindaian dari eKTP yang barusan kamu upload. Tapi tetap mesti dicek ya, kali aja ada information yang salah atau masih kosong.
    dana premium verifikasi identitas anda - datamu sudah dikirim
  10. Jika udah, klik tombol “Kirim”.
  11. Dan selamat, Datamu sudah dikirim ke pihak Dana. Langkah selanjutnya tinggal nunggu aja sampai pihak Dana menyetujui permintaan upgrade Premium kamu ya!

Jika datamu lengkap, jelas, dan benar, biasanya proses verifikasi berjalan dengan sangat cepat, rata-rata kurang dari 1 jam.

Tapi semisal datamu kurang begitu jelas, ada banyak kekurangan di sana-sini, maka kemungkinan diverifikasi bakal lebih lama hingga 2 hari.

Atau bahkan kemungkinan permintaan upgrade akun ke Dana Premium kamu ditolak.

Saat itu terjadi, tinggal lakuin pengajuan ulang aja, dengan catatan kamu harus menyerahkan foto eKTP, selfie, dan information pribadi sejelas mungkin.  

Penyebab Daftar Dana Premium Gagal

Proses dari daftar Dana Premium sendiri disebut sebagai “verifikasi”. Artinya ada kemungkinan kita ditolak sehingga daftar Dana Premium pun menjadi gagal.

Sedikit kurang sebenarnya ada beberapa penyebab yang ngebuat pengajuan Dana Premium kamu ngalamin kegagalan.

Nah, adapun beberapa daftar penyebab kenapa proses kamu ngajuin Dana Premium gagal adalah sebagai berikut:

eKTP sudah didaftarkan di Dana

Penyebab pertama ini udah aku jelasin panjang lebar di atas ya, bahwa kita gak bisa daftarin eKTP dua kali di akun yang berbeda.

Semisal kamu pengen bikin akun baru dengan eKTP yang sama, maka akun sebelumnya harus kamu hapus terlebih dahulu.

Atau semisal kamu mau sekedar ganti nomor handphone Dana aja, maka mending tinggal ganti aja (gak usah pake buat akun baru segala).

Dengan ganti nomor HP, kamu gak perlu lagi ngelakuin upgrade Dana Premium di akun baru, serta saldo di akun sebelumnya bakal terpindahkan secara otomatis othername gak ilang.

Kondisi e-KTP Rusak atau Nggak Bisa Dibaca

eKTP yang gak kefoto dengan baik, buram, atau kepotong juga bisa jadi alasan kenapa pengajuan Dana Premium kamu jadi ditolak.

Atau bahkan jika eKTP kamu rusak sampai datanya gak bisa dibaca sama sekali, maka pihak Dana gak bakal bisa ngetolerir hal tersebut.

Satu-satunya cara adalah dengan memperbaiki atau mendapatkan eKTP baru dengan cara minta ganti ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) di daerah kamu gitu.

Ingat, eKTP kamu bisa kamu ganti menggunakan identitas lain, apalagi jika kamu mau coba-coba pake Kartu Pelajar.

NIK dan Foto Selfie Nggak Sesuai Sama Foto eKTP

Ada beberapa alasan kenapa information e-KTP kamu belum sesuai dengan information di Dukcapil, kayak ada perubahan information e-KTP sebelumnya di e-KTP kamu kayak nama, alamat, position perkawinan, foto, dan lain-lain.

Atau mungkin kamu punya lebih dari satu e-KTP yang masih berlaku.

Selain itu, pihak Dana juga bakal ngecek secara biometrik, atau mencocokan wajah selfie kamu sama foto yang ada di eKTP.

Semisal gak cocok atau malah milik orang lain, maka Dana berhak buat nolak permintaan kamu upgrade ke akun Premium.

Tahap ini dibutuhkan biar pengguna gak secara sembarangan daftarin eKTP orang lain.

Dokumen Pendukung Nggak Sesuai

Kalau dokumen pendukung yang kamu pake nggak sesuai sama information atau foto e-KTP dan selfie, maka kamu pun bakal ditolak buat bisa upgrade jadi Dana Premium.

Di tutorial atas kan udah dijelasin bahwa kita harus isi information pribadi.

Nah, semisal datanya salah atau bahkan ngarang, maka pihak Dana bakal nolak permintaan kamu upgrade jadi akun Premium.

Faktanya, ada banyak banget pengguna yang salah dalam memasukan information pribadi tersebut secara gak disengaja.

Untungnya, semisal proses pengajuan information tersebut murni karena atas kesalahan, maka kamu bisa ngajuin lagi aja.

Ada Indikasi Penipuan atau Melawan Hukum

Nipu dan ngelakuin tindakan melawan hukum itu pelanggaran hukum yang bikin kerugian buat orang lain, juga bisa bikin upgrade Dana Premium kamu ditolak, atau bahkan diblokir sekalian.

Salah satu contohnya adalah kamu daftarin eKTP orang lain dengan foto selfie orang yang berbeda.

Nipu sendiri dijelasin di Pasal 378 KUHP sebagai perbuatan dengan maksud buat untung sendiri atau orang lain secara melawan hukum, pake nama palsu atau martabat palsu, pake tipu muslihat atau kebohongan, bikin orang lain ngasih barang ke dia, atau bikin orang lain ngasih hutang atau hapusin piutang.

Intinya, penipuan yang dilakukan di dunia maya atau net juga sudah bisa bikin kamu masuk penjara loh!

Jadi sebisa mungkin hindarin niat tersebut ya!

Keuntungan Dan Fitur Dana Premium

Katakanlah kamu udah berhasil upgrade keanggotaan kamu jadi Dana Premium, maka ada banyak banget fitur dan keuntungan yang bisa kamu dapatkan loh!

Meskipun kita gak bisa sebut semuanya karena terlalu banyak, tapi ada beberapa fitur yang sering banget digunain sama para penggunanya, berkat manfaat yang dimilikinya.

Nah, adapun beberapa fitur dan keuntungannya tersebut adalah sebagai berikut:

  • Dapat Voucher: Kalau kamu jadi pengguna DANA Premium, kamu bisa dapetin voucher-voucher keren setelah upgrade akun DANA. Voucher itu bisa langsung kamu pakai buat transaksi pake aplikasi DANA.
  • Limit Saldo Bulanan: Nah, pengguna DANA Premium punya limit saldo bulanan yang lebih gede dibanding DANA biasa. Kamu bisa apical up saldo sampe maksimal Rp10 juta dalam sekali waktu.
  • Limit Transaksi nan Lebih Besar: Pengguna DANA Premium juga dapet limit transaksi yang lebih gede. Kamu bisa bertransaksi sampe maksimal 20 juta dalam satu kali transaksi. Kalau masih pake akun non-premium, limitnya cuma 2 juta per transaksi.
  • Bisa Transfer Bank: Kalau kamu udah upgrade jadi akun premium, kamu bisa transportation ke bank. Misalnya, kamu mau transportation ke BRI, BNI, Mandiri, BSI, dan bank-bank lainnya.
  • Tidak Ada Batasan Limit Transaksi Penerimaan Negara: Di aplikasi DANA, salah satu pilihan transaksi adalah setor penerimaan negara. Kalau kamu pake akun DANA non-premium, ada batasan maksimal transaksi. Tapi kalau pake Akun DANA Premium, nggak ada limit batasan.
  • Layanan Pembukaan Rekening Bank Danamon di Aplikasi DANA: Dengan DANA Premium, kamu juga bisa buka rekening tabungan Danamon langsung lewat aplikasi DANA.
  • Penawaran Eksklusif dan Keuntungan Lainnya: DANA Premium juga kasih berbagai penawaran eksklusif dan keuntungan lainnya, kayak diskon, cashback, dan promosi.

Dan masih banyak banget keuntungan serta fitur yang bisa kamu nikmatin sebagai pengguna Dana Premium.

Tinggal eksplorasi aja sendiri ya, dan kali aja ada satu atau dua fitur yang paling pas sama kebutuhan dan preferensi kamu saat ini.

Tips Memanfaatkan Dana Premium Secara Efektif

Semisal kamu upgrade dari akun regular jadi Dana Premium buat sekedar beli sesuatu atau transportation ke rekening slope aja, hmm… main kamu bakal kurang jauh deh.

Faktanya, dengan kehadiran Dana Premium, ada banyak banget loh hal-hal yang bisa kamu manfaatin sebagai penggunanya.

Nah, sekedar saran, coba deh lakuin beberapa tips efektif berikut ini:

  • Manfaatkan Voucher: Kalau kamu udah jadi pengguna DANA Premium, kamu bisa dapetin voucher-voucher keren setelah upgrade akun DANA. Voucher itu bisa langsung kamu pake buat transaksi pake aplikasi DANA.
  • Manfaatkan Limit Saldo Bulanan yang Lebih Besar: Sebagai pengguna DANA Premium, kamu bisa apical up saldo sampe maksimal Rp40 juta setiap bulannya. Ini jelas lebih gede dibanding limit saldo bulanan buat pengguna DANA biasa.
  • Manfaatkan Limit Transaksi yang Lebih Besar: Nah, pengguna DANA Premium juga dapet limit transaksi yang lebih gede. Kamu bisa bertransaksi sampe maksimal Rp20 juta dalam satu kali transaksi. Ini tentu lebih gede dibanding limit transaksi buat pengguna DANA non-premium.
  • Manfaatkan Fitur Transfer Bank: Kalau kamu upgrade jadi akun DANA Premium, kamu bisa transportation ke bank. Misalnya, kamu mau transportation ke BRI, BNI, Mandiri, BSI, dan bank-bank lainnya.
  • Manfaatkan Fitur Setor Penerimaan Negara Tanpa Batasan Limit Transaksi: Di aplikasi DANA, kamu bisa setor penerimaan negara. Kalau kamu pake akun DANA Premium, nggak ada batasan limit transaksi. Enak kan?
  • Manfaatkan Fitur Keamanan DANA: DANA udah pake fitur keamanan canggih buat proteksi penggunanya. Mereka punya akses login sebelum kamu bisa pake fitur-fitur di dalamnya, pakai PIN, dan ada juga DANA Viz buat verifikasi wajah pas transaksi.
  • Manfaatkan Jaminan Uang Kembali dari DANA: Kalau saldo DANA kamu tiba-tiba hilang padahal kamu nggak ngelakuin transaksi, DANA jamin uang kamu bakal dikembalikan. Ini buat ngasih kamu ketenangan kalau ada orang yang curi-curi akun kamu.

Yang terakhir mungkin jadi salah satu fitur terpenting yang wajib kamu gunain.

Karena di zaman serba integer seperti sekarang, tingkat keamanan dari sebuah perangkat itu cukup rentan banget.

Bahkan setiap tahunnya ada milyaran uang yang dicuri dari akun kayak dompet integer – karena kesalahan dari si pengguna atau aplikasinya yang mudah disusupi para hacker.

Nah, jika kamu punya asuransi atau jaminan uang kembali, maka pada saat saldo kamu hilang tanpa sepengetahuan kamu, maka uang tersebut bisa di-refund ke akun kamu dengan utuh.

Kesimpulan

DANA Premium itu kayak versi upgrade-nya DANA biasa yang punya tambahan fitur keren, kayak limit saldo dan transaksi yang lebih gede, bisa transportation ke bank, dan ada penawaran spesial gitu.

Kalau mau daftar, kamu butuh KTP dan nomor Kartu Keluarga (KK). Prosesnya enggak ribet, cuma perlu verifikasi identitas dan selfie aja.

Meski ada yang khawatirin soal keamanan data, DANA janjiin information pengguna bakal dilindungin dan kalo saldo hilang gara-gara ada yang ngebuat masalah dengan akun, mereka bakal ngembaliin uangnya.

Jadi, daftar DANA Premium bener-bener ngasih banyak keuntungan buat penggunanya.