free web page counters

10 Alternatif ChatGPT Terbaik yang Tidak Kalah Bagus dan Canggih

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Ada banyak alternatif ChatGPT yang bisa kamu coba eksplor jika ingin mengembangkan sebuah konten atau untuk menganalisis suatu konten. Seperti yang kita semua tahu bahwa ChatGPT merupakan website AI yang bisa menjawab semua pertanyaan dari penggunanya.

Meski tidak selamanya informasi dari ChatGPT itu lengkap, namun sepertinya ChatGPT punya informasi yang sangat luas dengan mengambil informasi yang ada di internet. Tetapi, jika ternyata kamu tidak bisa menemukan jawaban yang tepat, ada 10 alternatif ChatGPT yang bagus dan patut untuk dicoba. Berikut penjelasannya:

10 Rekomendasi Alternatif ChatGPT

ChatGPT bukan satu-satunya situs AI yang bisa menjawab semua pertanyaanmu, ada 10 website alternatif ChatGPT yang bagus dan terbaik, tak kalah canggih dan modern dari ChatGPT. Apa saja? Simak di sini!

1. Bing AI

Bing AI - alternatif chatgpt

Diluncurkan pada Februari 2023, Bing AI ini didesain untuk menjawab pertanyaan dengan lebih akurat dan mendalam, sehingga tidak heran jika Bing AI ini adalah alternatif ChatGPT yang cukup baik dalam menjawab pertanyaan.

Di sini ada banyak fitur di mana ia memiliki tiga mode obrolan yang bisa kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan, seperti:

  • Creative Mode: Untuk jawaban yang lebih kreatif dan inovatif.
  • Balanced Mode: Menyediakan jawaban yang seimbang antara kreativitas dan akurasi.
  • Precise Mode: Fokus pada jawaban yang tepat dan detail, sangat cocok untuk pertanyaan teknis atau yang membutuhkan jawaban spesifik.

Selain itu, Bing AI juga mudah dan gratis bisa kamu gunakan kapan saja di mana saja, hanya dengan menggunakan akun Microsoft. Menariknya, Bing AI ini beroperasi dengan menggunakan versi terbaru dari teknologi AI, yaitu GPT-3.5, yang memberikan performa yang lebih canggih dibandingkan versi sebelumnya yang digunakan oleh ChatGPT.

Bing AI Website

2. Google AI Platform

Google AI Platform

Alternatif ChatGPT selanjutnya adalah Google AI Platform. Platform ini merupakan contoh canggih dari penerapan AI dalam bidang pencarian dan pengolahan informasi. Fitur utama yang ditawarkan oleh Google AI Platform ini juga canggih.

Di sini kamu bisa mendapatkan jawaban yang cepat dan akurat dengan memproses dan menyajikan informasi dalam hitungan detik. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan analisis dan lebih mudah memahami konteks lewat level ini.

Menariknya lagi, Google AI Platform sudah terintegrasi dengan layanan Google lainnya, seperti Google Cloud, Google Scholar, dan berbagai devices analitik. Berbeda dari level AI lainnya, Google AI Platform sangat terfokus pada pengoptimalan pencarian dan penyajian informasi.

Google AI Website

3. Jasper AI

Jasper AI

Apakah kamu sedang mencari alternatif ChatGPT untuk menulis konten? Jika iya, Jasper AI bisa jadi pilihan terbaik. Jasper AI adalah sebuah level yang dirancang khusus untuk membantu kamu dalam menciptakan berbagai jenis konten secara efisien dan efektif.

Fitur yang ditawarkan oleh Jasper AI sendiri bermacam-macam, seperti membantu kamu menghasilkan konten berkualitas tinggi dalam waktu singkat. Caranya mudah, kamu hanya perlu memberikan kata kunci, frasa, atau topik, dan Jasper akan mengolahnya menjadi konten yang menarik.

Kemudian, Jasper AI juga sudah memahami lebih dari 25 bahasa dan menawarkan lebih dari 50 template untuk berbagai keperluan konten, termasuk email, blog, artikel SEO, dan siaran pers. Tertarik coba?

Jasper AI Website

4. Character.ai

Character.ai

Agak sedikit berbeda dengan ChatGPT, namun character.ai ini adalah level yang mengembangkan chatbot berbasis kecerdasan buatan dengan kemampuan untuk menciptakan karakter-karakter yang unik.

Berbagai keunggulan dari character.ai adalah, kamu dapat menciptakan dan menyesuaikan karakter AI sesuai dengan preferensi atau kebutuhan kamu, mulai dari karakter fiktif sampai dengan replika dari tokoh nyata.

Tidak hanya itu, alternatif ChatGPT yang satu ini juga mampu berinteraksi dengan cara yang lebih hidup dan personal. Tenang saja, ia punya antarmuka yang mudah dipahami jadi bisa gampang dipakai siapa pun. Oh iya, kamu juga bisa dibantu dalam menulis cerita pakai AI ini lho.

Character.ai Website

5. Chatsonic

Chatsonic - website alternatif chatgpt

Selanjutnya, kami merekomendasikan ChatSonic untuk yang mencari alternatif ChatGPT. Chatsonis sendiri adalah sebuah level AI dengan mengadopsi exemplary yang mirip dengan ChatGPT, serta membawa beberapa peningkatan yang signifikan. Apa kelebihannya?

Di Chatsonic, kamu bisa menikmati teknologi dari GPT-4 versi terbaru yang lebih canggih sehingga ia memiliki keunggulan chatbot dengan jawaban lebih akurat berdasarkan information faktual.

Tidak hanya itu saja, di sini juga bisa menerima dan memproses perintah suara yang membuatnya mirip dengan asisten virtual seperti Google Assistant. Namun perlu kamu ketahui bahwa Chatsonic ini berbayar, namun kamu bisa mencobanya dulu hingga 10.000 kata.

Chatsonic Website

6. Caktus AI

Caktus AI

Kalau alternatif ChatGPT bernama Caktus AI ini bisa kamu jadikan sebagai alat bantu Auntuk kegiatan akademis seperti menulis esai atau coding. Sama seperti website lainnya, di sini ia bisa membantu dalam menulis esai dan pernyataan pribadi di mana klaimnya Cakctus dapat menghasilkan teks yang koheren dan sesuai dengan standar akademik.

Selain itu, di sini juga bisa dijadikan alat untuk membuat coding dengan bantuan dalam menulis kode, memahami logika pemrograman, atau bahkan men-debug programme yang kamu kembangkan. Memang dibandingkan website AI lainnya, Caktus justru bakal lebih perfect untuk siswa dan pelajar.

Caktus AI Website

7. Perplexity AI

Perplexity AI mirip chatgpt

Pernah dengar Perplexity AI? Nah, website AI atau website yang mirip ChatGPT ini juga tak kalah bagusnya dengan yang lain. Perplexity AI menggunakan versi terbaru dari exemplary OpenAI, GPT-3.5 sehingga ia diklaim bisa memberikan jawaban yang akurat.

Nah, keunggulan yang menarik dari website ini adalah, ia dapat menyertakan kutipan dan referensi dalam jawabannya. Jadi, kamu bisa memverifikasi atau cek ulang jawaban yang diberikan, apakah jawabannya benar atau tidak.

Dengan fiturnya tadi, kami rasa Perplexity AI cocok digunakan untuk berbagai keperluan seperti membuat tulisan, jurnal, atau artikel yang memerlukan referensi dan kutipan yang jelas. Mau coba juga?

Perplexity AI Website

8. Notion AI

Notion AI

Meski untuk bisa menikmati website alternatif ChatGPT yang satu ini harus berbayar sekitar $8 per bulan, namun kamu bisa melakukan banyak hal di Notion AI. Di sini akan membantu kamu dalam menulis catatan dengan bahasa yang mudah dimengerti.

Tidak hanya itu, Notion AI juga siap membantu dalam menyelesaikan tugas-tugas sederhana dan sistematis, seperti membuat ringkasan atau terjemahan. Namun, seperti yang kami bilang sebelumnya bahwa website ini berbayar, tapi untuk fasilitas gratisnya ada batas maksimal 20 respon dari AI.

Jika kamu tertarik untuk berlangganan, maka kamu bisa memilih salah satu dua produk langganan, yaitu:

  • Notion Plus: Mendapatkan akses tak terbatas dan fitur tambahan, kamu bisa memilih untuk berlangganan Notion Plus dengan biaya sekitar $8 per bulan.
  • Notion Personal Pro: Alternatif lain untuk penggunaan pribadi untuk menggunakan fitur-fitur lanjutan yang mendukung produktivitas pribadi dan profesional.

Notion AI Website

9. Replika.com

Replika.com

Replika adalah chatbot berbasis kecerdasan buatan yang dirancang untuk mengobrol, melakukan panggilan video sehingga dengan fiturnya ini, menurut kami ia lebih interaktif dibandingkan banyak AI chatbot lainnya. Apakah hanya itu saja keunggulan dari alternatif ChatGPT satu ini?

Tentu tidak, di sini kamu juga bisa mendapatkan dukungan emosional di mana Replika bakal memberikan semangat dan dukungan ketika kamu membutuhkannya. Dengan begini, kamu terasa punya teman yang bisa membantu kamu merasa lebih baik dalam menghadapi tantangan sehari-hari. Keren, kan, AI yang satu ini?

Replika.com Website

10. Rytr

Rytr

Terakhir, kami punya rekomendasi alternatif ChatGPT lainnya bernama Rytr. Agak susah ya penyebutannya? Tapi tenang saja, website ini cukup efektif dalam membantu mencari ide dan menghasilkan berbagai jenis konten, mulai dari deskripsi produk, alur cerita, email, blog, artikel, hingga caption Instagram dan iklan media sosial.

Tidak hanya itu, bahkan Rytr juga mengklaim bahwa mereka punya fitur untuk menghasilkan konten yang bebas plagiarisme. Sedangkan untuk bahasa yang digunakan dalam website ini ada banyak, lebih dari 30 bahasa. Namun, untuk bisa menikmatinya, kamu harus berlangganan dengan beberapa paket berikut:

  • Paket Gratis: Rytr menawarkan paket gratis dengan beberapa batasan dalam jumlah penggunaan fitur tertentu.
  • Paket Berbayar:
    • Paket dengan limit seharga $9 per bulan (sekitar Rp 133.000), yang menawarkan lebih banyak fitur dan fleksibilitas dibandingkan dengan paket gratis.
    • Paket premium tidak terbatas seharga $29 per bulan (sekitar Rp 428.000), yang memberikan akses tak terbatas ke semua fitur Rytr.

Rytr Website

Nah, kira-kira itulah kumpulan website yang mirip ChatGPT menurut kami yang paling bagus dengan fiturnya yang tidak kalah canggih dari ChatGPT. Bahkan, beberapa website menawarkan fitur gratis dengan teknologi dari ChatGPT. Menurutmu mana yang paling bagus?