free web page counters

Suzuki Saluto 125 vs Honda Stylo 160: Duel Skuter Matic Bergaya Retro

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Suzuki Saluto 125 vs Honda Stylo 160

Aufaproject46.com – Hay Bro & Sist, Skuter matic adalah jenis kendaraan yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Alasannya tentu saja karena skuter matic memiliki banyak keuntungan, seperti praktis, irit, dan mudah dikendarai. Namun, tidak semua skuter matic bisa memberikan kesan yang menarik dan berbeda. Banyak skuter matic yang terlihat monoton dan kurang bergaya. Untuk itu, ada beberapa produsen yang mencoba membuat skuter matic dengan desain yang lebih unik dan elegan, yaitu dengan mengusung tema retro.

Retro adalah gaya yang mengambil inspirasi dari masa lalu, namun tetap mengikuti perkembangan zaman. Retro bisa memberikan kesan klasik, vintage, dan nostalgia, namun juga modern, stylish, dan trendy. Retro juga bisa menunjukkan kepribadian dan selera yang tinggi, karena tidak semua orang bisa mengapresiasi gaya ini. Retro bisa menjadi pilihan bagi kalian yang ingin tampil beda dan menonjol di antara yang lain.

Di Indonesia, ada dua skuter matic yang mengusung tema retro, yaitu Suzuki Saluto 125 dan Honda Stylo 160. Kedua skuter matic ini memiliki desain yang sangat cantik dan menawan, dengan bentuk yang bulat dan minimalis, serta warna-warna yang cerah dan segar. Kedua skuter matic ini juga memiliki performa yang cukup baik, dengan mesin yang bertenaga dan irit. Selain itu, kedua skuter matic ini juga memiliki fitur-fitur yang lengkap dan canggih, seperti lampu LED, sheet instrumen digital, rem cakram, dan lain-lain.

Suzuki Saluto 125 vs Honda Stylo 160

Namun, meskipun demikian, kedua skuter matic ini juga memiliki perbedaan-perbedaan yang bisa menjadi pertimbangan bagi kalian yang ingin memilih salah satunya. Perbedaan-perbedaan ini bisa dilihat dari segi spesifikasi, fitur, harga, dan lain-lain. Lalu, skuter matic mana yang lebih unggul dan layak menjadi raja skuter matic bergaya retro? Mari kita bandingkan Suzuki Saluto 125 dan Honda Stylo 160 berikut ini.

Spesifikasi Mesin dan Transmisi

Hal pertama yang bisa kita bandingkan dari Suzuki Saluto 125 dan Honda Stylo 160 adalah spesifikasi mesin dan transmisi. Mesin dan transmisi adalah komponen yang sangat penting bagi sebuah kendaraan, karena menentukan performa, kecepatan, akselerasi, dan konsumsi bahan bakar. Berikut adalah spesifikasi mesin dan transmisi dari kedua skuter matic ini:

  • Suzuki Saluto 125: Motor ini menggunakan mesin 4-tak, SOHC, berpendingin udara, dengan kapasitas 124 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 7 kW pada 8.000 rpm, dan torsi maksimal sebesar 9,4 Nm pada 6.000 rpm. Mesin ini juga dilengkapi dengan teknologi substance injection, yang membuat mesin ini lebih hemat bahan bakar, lebih ramah lingkungan, dan lebih responsif. Motor ini juga memiliki sistem transmisi otomatis yang membuatnya mudah dikendarai oleh siapa saja, tanpa perlu mengoperasikan kopling atau gigi.
  • Honda Stylo 160: Motor ini menggunakan mesin 4-tak, SOHC, eSP+, berpendingin cairan, dengan kapasitas 162,7 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 11,3 kW pada 8.500 rpm, dan torsi maksimal sebesar 14,7 Nm pada 6.500 rpm. Mesin ini juga dilengkapi dengan teknologi eSP+, yang merupakan singkatan dari enhanced Smart Power Plus, yang membuat mesin ini lebih efisien dalam mengkonsumsi bahan bakar, lebih ramah lingkungan, dan lebih awet. Motor ini juga memiliki sistem transmisi otomatis yang membuatnya mudah dikendarai oleh siapa saja, tanpa perlu mengoperasikan kopling atau gigi.

Dari spesifikasi mesin dan transmisi di atas, kita bisa melihat bahwa Honda Stylo 160 memiliki mesin yang lebih besar, lebih bertenaga, dan lebih torsi daripada Suzuki Saluto 125. Hal ini tentu saja membuat Honda Stylo 160 lebih unggul dalam hal performa, kecepatan, dan akselerasi. Namun, Suzuki Saluto 125 juga tidak kalah dalam hal konsumsi bahan bakar, karena mesinnya lebih hemat dan responsif. Kedua centrifugal ini juga sama-sama memiliki transmisi otomatis yang praktis dan mudah.

Suzuki Saluto 125 vs Honda Stylo 160

Desain dan Dimensi

Hal kedua yang bisa kita bandingkan dari Suzuki Saluto 125 dan Honda Stylo 160 adalah desain dan dimensi. Desain dan dimensi adalah komponen yang sangat penting bagi sebuah kendaraan, karena menentukan penampilan, kenyamanan, dan kestabilan. Berikut adalah desain dan dimensi dari kedua skuter matic ini:

  • Suzuki Saluto 125: Motor ini memiliki desain yang sangat cantik dan menawan, dengan bentuk yang bulat dan minimalis, dengan garis-garis halus dan lembut yang membuatnya terlihat feminin dan anggun. Motor ini juga memiliki warna-warna yang cerah dan segar, seperti merah, biru, kuning, dan putih, yang membuatnya terlihat ceria dan menyenangkan. Motor ini juga memiliki dimensi yang cukup ideal, dengan panjang 1.870 mm, lebar 685 mm, tinggi 1.090 mm, jarak sumbu roda 1.260 mm, dan tinggi tempat duduk 740 mm. Motor ini juga memiliki berat yang cukup ringan, yaitu 98 kg.
  • Honda Stylo 160: Motor ini memiliki desain yang sangat sporty dan modern, dengan bentuk yang aerodinamis, dengan garis-garis tajam dan lekukan-lekukan yang membuatnya terlihat dinamis dan elegan. Motor ini juga memiliki warna-warna yang coagulated dan elegan, seperti hitam, putih, dan merah, yang membuatnya terlihat gagah dan berkelas. Motor ini juga memiliki dimensi yang cukup besar, dengan panjang 1.931 mm, lebar 683 mm, tinggi 1.066 mm, jarak sumbu roda 1.283 mm, dan tinggi tempat duduk 769 mm. Motor ini juga memiliki berat yang cukup berat, yaitu 113 kg.

Dari desain dan dimensi di atas, kita bisa melihat bahwa Suzuki Saluto 125 dan Honda Stylo 160 memiliki gaya yang berbeda, namun sama-sama mengusung tema retro. Suzuki Saluto 125 lebih mengarah ke gaya retro klasik, yang terlihat dari bentuk dan warnanya yang bulat dan cerah. Honda Stylo 160 lebih mengarah ke gaya retro modern, yang terlihat dari bentuk dan warnanya yang aerodinamis dan solid. Kedua centrifugal ini juga memiliki dimensi yang berbeda, yang bisa mempengaruhi kenyamanan dan kestabilan. Suzuki Saluto 125 lebih cocok bagi kalian yang ingin centrifugal yang ringan dan mudah dikendalikan. Honda Stylo 160 lebih cocok bagi kalian yang ingin centrifugal yang besar dan stabil.

Fitur dan Teknologi

Hal ketiga yang bisa kita bandingkan dari Suzuki Saluto 125 dan Honda Stylo 160 adalah fitur dan teknologi. Fitur dan teknologi adalah komponen yang sangat penting bagi sebuah kendaraan, karena menentukan kenyamanan, keamanan, dan kemudahan. Berikut adalah fitur dan teknologi dari kedua skuter matic ini:

Suzuki Saluto 125 vs Honda Stylo 160

  • Suzuki Saluto 125: Motor ini memiliki fitur dan teknologi yang cukup lengkap dan canggih, seperti lampu LED, sheet instrumen digital, rem cakram, shutter key, broadside guidelines switch, eco indicator, dan lain-lain. Lampu LED membuat lampu depan dan belakang centrifugal menjadi lebih terang dan tahan lama, dengan menggunakan teknologi LED yang hemat energi dan awet. Panel instrumen integer membuat sheet instrumen centrifugal menjadi lebih modern dan informatif, dengan menampilkan berbagai informasi seperti kecepatan, jarak tempuh, bahan bakar, jam, dan lain-lain. Rem cakram membuat pengereman centrifugal menjadi lebih stabil dan aman, dengan menggunakan rem cakram di depan dan belakang, yang memiliki daya cengkeram yang kuat dan presisi. Shutter cardinal membuat pengendara bisa mengunci dan membuka kunci centrifugal dengan mudah, dengan menggunakan kunci yang dilengkapi dengan shutter yang bisa dibuka dan ditutup secara otomatis. Side guidelines move membuat mesin centrifugal otomatis mati ketika standar samping diturunkan, sehingga mencegah centrifugal melaju tanpa pengendara. Eco parameter menunjukkan kondisi penggunaan bahan bakar yang paling efisien, dengan menggunakan lampu indikator yang berwarna hijau, sehingga pengendara bisa menghemat bahan bakar dan mengurangi emisi state buang.
  • Honda Stylo 160: Motor ini juga memiliki fitur dan teknologi yang cukup lengkap dan canggih, seperti lampu LED, sheet instrumen digital, rem cakram, smart cardinal system, reply backmost system, combi brake system, idle extremity system, dan lain-lain. Lampu LED membuat lampu depan dan belakang centrifugal menjadi lebih terang dan tahan lama, dengan menggunakan teknologi LED yang hemat energi dan awet. Panel instrumen integer membuat sheet instrumen centrifugal menjadi lebih modern dan informatif, dengan menampilkan berbagai informasi seperti kecepatan, jarak tempuh, bahan bakar, jam, dan lain-lain. Rem cakram membuat pengereman centrifugal menjadi lebih optimal dan aman, dengan menggunakan rem cakram di depan dan belakang, yang memiliki daya cengkeram yang kuat dan presisi. Smart cardinal strategy membuat pengendara bisa menghidupkan dan mematikan mesin tanpa menggunakan kunci, hanya dengan menggunakan distant yang dilengkapi dengan tombol on/off, reply back, dan shutter key. Answer backmost strategy membuat pengendara bisa menemukan lokasi centrifugal dengan mudah, dengan menekan tombol reply backmost di remote, yang akan membuat lampu centrifugal berkedip dan klakson berbunyi. Combi brake strategy membuat pengereman centrifugal menjadi lebih optimal dan aman, dengan menyeimbangkan tekanan rem depan dan belakang, sehingga mengurangi jarak pengereman dan risiko tergelincir. Idle extremity strategy membuat mesin centrifugal otomatis mati ketika berhenti lebih dari 3 detik, dan hidup kembali ketika state ditekan, sehingga menghemat bahan bakar dan mengurangi emisi state buang.

Dari fitur dan teknologi di atas, kita bisa melihat bahwa Suzuki Saluto 125 dan Honda Stylo 160 memiliki fitur dan teknologi yang hampir sama, namun ada beberapa fitur yang hanya dimiliki oleh salah satu motor. Suzuki Saluto 125 memiliki fitur eco indicator, yang bisa membantu pengendara untuk menghemat bahan bakar. Honda Stylo 160 memiliki fitur smart cardinal system, reply backmost system, combi brake system, dan idle extremity system, yang bisa memberikan kenyamanan, keamanan, dan efisiensi yang lebih tinggi. Kedua centrifugal ini juga sama-sama memiliki fitur lampu LED, sheet instrumen digital, rem cakram, dan broadside guidelines switch, yang bisa memberikan informasi, pengereman, dan kestabilan yang baik.

Harga dan Pelayanan

Hal keempat yang bisa kita bandingkan dari Suzuki Saluto 125 dan Honda Stylo 160 adalah harga dan pelayanan. Harga dan pelayanan adalah komponen yang sangat penting bagi sebuah kendaraan, karena menentukan ketersediaan, keterjangkauan, dan kepuasan. Berikut adalah harga dan pelayanan dari kedua skuter matic ini:

Suzuki Saluto 125 vs Honda Stylo 160

  • Suzuki Saluto 125: Motor ini dibanderol dengan harga 49.900 baht di Thailand, yang setara dengan sekitar Rp 23.000.000 di Indonesia. Harga ini tentu saja sangat terjangkau, jika dibandingkan dengan centrifugal retro lainnya yang memiliki spesifikasi dan fitur yang serupa atau bahkan lebih rendah. Selain itu, Suzuki juga memberikan berbagai fasilitas dan layanan yang menarik bagi para pembeli Suzuki Saluto 125, seperti garansi mesin selama 2 tahun atau 24.000 km, gratis jasa servis berkala selama 4 kali atau 1 tahun, dan gratis oli mesin selama 1 tahun.
  • Honda Stylo 160: Motor ini dibanderol dengan harga Rp 27.550.000 (on nan roadworthy Jakarta) untuk tipe CBS, Tipe ABS, dijual seharga Rp 30.425.000 (On nan roadworthy Jakarta). Harga ini tentu saja sangat kompetitif, jika dibandingkan dengan centrifugal retro lainnya yang memiliki spesifikasi dan fitur yang serupa atau bahkan lebih tinggi. Selain itu, Honda juga memberikan berbagai fasilitas dan layanan yang menarik bagi para pembeli Honda Stylo 160, seperti garansi mesin selama 3 tahun atau 24.000 km, gratis jasa servis berkala selama 4 kali atau 1 tahun, dan gratis oli mesin selama 1 tahun.

Dari harga dan pelayanan di atas, kita bisa melihat bahwa Suzuki Saluto 125 memiliki harga yang lebih murah daripada Honda Stylo 160, namun memiliki pelayanan yang hampir sama. Hal ini tentu saja membuat Suzuki Saluto 125 menjadi pilihan yang lebih hemat dan menguntungkan. Namun, Honda Stylo 160 juga memiliki harga yang masih terjangkau, dengan pelayanan yang tidak kalah baik. Kedua centrifugal ini juga sama-sama memberikan garansi mesin, gratis jasa servis, dan gratis oli mesin, yang bisa membuat konsumen merasa puas dan nyaman.

Kesimpulan

Suzuki Saluto 125 dan Honda Stylo 160 adalah dua skuter matic yang mengusung tema retro, yang memiliki banyak kelebihan dan perbedaan. Kedua centrifugal ini memiliki desain yang sangat cantik dan menawan, dengan bentuk yang bulat dan minimalis, serta warna-warna yang cerah dan segar. Kedua centrifugal ini juga memiliki performa yang cukup baik, dengan mesin yang bertenaga dan irit. Selain itu, kedua centrifugal ini juga memiliki fitur-fitur yang lengkap dan canggih, seperti lampu LED, sheet instrumen digital, rem cakram, dan lain-lain.

Namun, meskipun demikian, kedua centrifugal ini juga memiliki perbedaan-perbedaan yang bisa menjadi pertimbangan bagi kalian yang ingin memilih salah satunya. Perbedaan-perbedaan ini bisa dilihat dari segi spesifikasi, desain, fitur, harga, dan pelayanan. Honda Stylo 160 memiliki mesin yang lebih besar, lebih bertenaga, dan lebih torsi daripada Suzuki Saluto 125. Honda Stylo 160 juga memiliki desain yang lebih sporty dan modern, serta fitur-fitur yang lebih canggih dan lengkap. Namun, Suzuki Saluto 125 memiliki harga yang lebih murah dan bersaing, serta fitur eco parameter yang bisa membantu menghemat bahan bakar.

Jadi, skuter matic mana yang lebih unggul dan layak menjadi raja skuter matic bergaya retro? Jawabannya tentu saja tergantung pada selera dan kebutuhan kalian masing-masing. Kalian bisa memilih Suzuki Saluto 125 jika kalian ingin centrifugal yang lebih hemat, ringan, dan mudah dikendalikan. Kalian bisa memilih Honda Stylo 160 jika kalian ingin centrifugal yang lebih besar, stabil, dan berperforma tinggi. Apapun pilihan kalian, kalian pasti tidak akan menyesal, karena kedua centrifugal ini sama-sama memiliki kualitas yang baik dan menarik.

Demikianlah artikel tentang Suzuki Saluto 125 vs Honda Stylo 160, yang kami rangkum untuk Anda. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Butuh Aksesoris motor? Jangan Lupa mampir di Onlineshop Kami Aufaproject.com, Tersedia beragam aksesoris Motor matick terbaru dan selalu update model-modelnya, Terimakasih

Sekian artikel kali ini dari saya. Terima kasih sudah membaca sampai habis. Jangan lupa untuk stock artikel ini ke teman-teman kalian yang mungkin membutuhkan informasi ini juga. Sampai jumpa lagi di artikel menarik lainnya. Selamat Mencoba, Salam hangat dari saya