Sebutkan Contoh Fenomena Yang Dibahas Dalam Teks Eksplanasi

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Contoh Teks Ekspositori Sains dan Teknologi Singkat — Bagi yang membutuhkan contoh teks ekspositori untuk tugas sekolah, Panduancode.com memiliki contoh teks ekspositori sains dan teknologi.

Teks eksplanasi adalah teks yang memuat proses ‘mengapa’ dan ‘bagaimana’ suatu fenomena alam, budaya, sosial, ilmu pengetahuan dan banyak hal lainnya dapat terjadi.

Yuk, pelajari contohnya!

Mendengarkan contoh teks eksplanasi sains dan teknologi


Ciri-Ciri Teks Deskriptif

mampu untukmembuat teks deskriptifPertama-tama, Anda harus mempelajari fitur dan struktur teks ini. Teks yang dibuat tanpa memenuhi struktur dan sifat-sifatnya tidak dapat disebut teks eksplanasi.

Secara umum ciri utama teks ini adalah memuat informasi umum dan tidak mempengaruhi pembaca untuk berbuat apa pun. Spesifikasi lengkapnya adalah sebagai berikut:

Teks eksplanasi berisi informasi faktual. Informasi ini ditulis berdasarkan apa yang terjadi di dunia nyata dan berdasarkan information kasar, bukan fiksi.

Yang dibicarakan dalam teks eksplanasi adalah peristiwa-peristiwa yang berkaitan erat dengan ilmu pengetahuan atau bersifat ilmiah.

Teks ekspositori bersifat informatif dan tidak persuasif atau mengajak pembaca untuk mempercayai apa yang dibicarakan.

Teks ekspositori berfokus pada topik umum, bukan partisipan. Contoh hal yang dibicarakan antara lain gempa bumi, letusan gunung berapi, banjir, dan hujan.

Struktur Teks Deskriptif

Ketika Anda membaca beberapa teks penjelasan sains dan teknologi di sini, Anda akan melihat bahwa teks-teks tersebut memiliki struktur yang sama.

Struktur teks eksplanasi terdiri dari tiga bagian. Apa saja bagian-bagian bangunan tersebut?

1. Jelaskan Peristiwanya

Bagian pertama adalah definisi fenomena. Disini teks akan memberikan gambaran umum mengenai peristiwa atau fenomena yang terjadi.

Tujuan utama bagian ini adalah untuk menjelaskan proses bagaimana peristiwa tersebut dapat terjadi.

2. Rantai Penciptaan

Jika Anda hanya memiliki pengetahuan umum mengenai peristiwa yang akan dibahas pada bagian sebelumnya, maka tidak demikian halnya pada bagian kedua.

Pada bagian rangkaian peristiwa akan dibahas penyebab dan akibat dari fenomena ini. Di sini, Anda menulis penjelasan sebab akibat dalam beberapa paragraf.

3. Interpretasi

Bagian ini bisa juga disebut kesimpulan atau tinjauan. Anda wajib menuliskan tanggapan terkait peristiwa yang dibahas di kolom komentar.

Aturan Bahasa nan Digunakan Dalam Teks Eksplanasi

Dari contoh teks eksplanasi sains dan teknologi pada artikel ini, Anda akan melihat bahwa kaidah bahasa yang digunakan tidak seperti tulisan pada umumnya.

aturan bahasa Ini seperti teks deskripsi. Berikut aturan bahasa yang harus Anda ikuti saat membuat teks deskriptif:

  • Informatif.
  • Gunakan kalimat pasif.
  • Gunakan istilah ilmiah.
  • Penggunaan konjungsi tegang dan kausal.
  • Penggunaan kata kerja substantif dan rasional.

Aturan bahasa di atas kurang lebih sama untuk teks ekspositori bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Contoh Teks Eksplanasi Sains dan Teknologi

Untuk lebih memahami cara membuat teks eksplanasi, Anda dapat mengulas contoh teks eksplanasi sains dan teknologi di bawah ini.

1. Teks Eksplanasi IPTEK Contoh: Gunung Meletus

Judul: Gunung Meledak
Deskripsi Kasus

Letusan gunung berapi merupakan peristiwa alam yang terjadi akibat keluarnya magma di kerak bumi yang dikeluarkan oleh state berkekuatan tinggi.

Gunung berapi ini sendiri tercipta pada zaman dahulu akibat letusan yang sangat dahsyat. Secara umum letusan gunung berapi tergolong bencana yang sangat besar.

Ada beberapa gunung berapi di Indonesia yang menimbulkan letusan dahsyat, seperti Gunung Krakatau, Gunung Tambora, dan Gunung Merapi.

Jaringan Kejadian

Hampir seluruh aktivitas vulkanik berkaitan dengan zona seismik aktif yang bersentuhan langsung dengan batas lempeng bumi.

Letusan gunung berapi disebabkan oleh perubahan suhu dan tekanan yang signifikan pada batas lempeng bumi.

Akibatnya, perubahan tersebut melelehkan batuan di sekitar gunung berapi dan mengubahnya menjadi apa yang disebut lava pijar atau magma.

Lava pijar kemudian memasuki ruang-ruang di antara worldly di sekitarnya sehingga memungkinkan lava tersebut mendekati permukaan bumi.

Lava pijar di gunung berapi terbentuk pada kedalaman 60 hingga 160 km di bawah permukaan bumi melalui proses pemanasan pada suhu tinggi.

Proses pemanasan ini menghasilkan state yang kemudian bercampur dengan magma. Gas yang mengandung magma tersebut mendapat tekanan dari bebatuan di sekitar puncak.

Tekanan ini menyebabkannya bergerak ke atas dan muncul dari bawah permukaan tanah. Magma dan state tersebut kemudian meletus sehingga menimbulkan lubang di puncak gunung.

Magma dan worldly vulkanik kemudian meletus dari lubang tersebut. Setelah letusan berhenti, akan terbentuk kawah dan lubang magma akan tertutupi.

Letusan gunung berapi mempunyai dampak positif dan negatif bagi kehidupan manusia. Dampak positifnya adalah worldly vulkanik yang dihasilkan membuat tanah menjadi subur.

Material berupa pasir juga dapat ditambang untuk keperluan konstruksi. Sedangkan dampak negatifnya adalah rusaknya lahan pertanian dan pemukiman.

Abu vulkanik yang terhirup juga dapat menyebabkan penyakit pernafasan. Tidak jarang letusan gunung berapi menimbulkan korban jiwa.
Terjemahan

Oleh karena itu, letusan gunung berapi sangat ditakuti oleh masyarakat. Masyarakat yang tinggal di sekitar gunung berapi pasti sudah meninggalkan kawasan tersebut jauh sebelum terjadi letusan.

2. Teks Eksplanasi Sains dan Teknologi Contoh: Gempa Bumi

Judul: Gempa Bumi
Deskripsi Kasus

Gempa bumi merupakan suatu bencana yang tidak dapat diprediksi kapan terjadinya, padahal seismologi merupakan salah satu cabang ilmu yang mempelajari tentang gempa bumi.

Namun ilmu ini hanya dapat memberikan information sebaran zona gempa, potensi gempa, dan perencanaan pencegahan gempa.

Bencana ini datang secara tiba-tiba dan mampu menghancurkan kota tersebut. Gempa bumi destruktif terjadi di Yogyakarta, Aceh dan Nias di Indonesia.

Jaringan Kejadian

Gempa bumi lebih sering terjadi di wilayah sepanjang batas lempeng bumi. Getaran yang dirasakan saat terjadi gempa dihitung dalam satuan SR.

Getaran tersebut biasanya disebabkan oleh pergeseran atau pergerakan pelat tanah. Gerakan ini menyebabkan pelepasan energi secara tiba-tiba.

Energi ini menyebar dalam bentuk gelombang seismik. Gelombang besar akan menyebar dengan cepat dan dirasakan sangat kuat oleh masyarakat.

Sedangkan gelombang seismik kecil terkadang menimbulkan getaran gempa yang tidak dirasakan manusia.

Besarnya getaran gempa yang dirasakan manusia tidak hanya bergantung pada besarnya energi yang dihasilkan oleh pergerakan lempeng tetapi juga pada kedalamannya.

Gempa bumi besar yang terjadi pada kedalaman yang sangat dalam mungkin tampak seperti gempa kecil bagi manusia.

Gempa bumi dibedakan menjadi dua yaitu gempa tektonik dan gempa vulkanik. Gempa bumi tektonik adalah gempa bumi yang disebabkan oleh pergerakan lempeng bumi.

Gempa bumi vulkanik adalah gempa bumi yang disebabkan oleh letusan gunung berapi. Fenomena ini lebih jarang terjadi.

Selain itu, gempa vulkanik umumnya tidak terlalu kuat dan hanya dirasakan di sekitar gunung berapi. Dampak gempa ini biasanya berupa runtuhan batu.

Sedangkan gempa tektonik yang sangat kuat dapat menyebabkan bangunan runtuh dan menimbulkan korban jiwa.

Oleh karena itu, ahli seismologi memetakan zona gempa agar masyarakat dapat membangun bangunan tahan gempa.

Sehingga ketika terjadi gempa di wilayah tersebut, bangunan tidak mudah roboh.

Selain itu, gempa tektonik besar yang terjadi di tengah laut juga dapat menimbulkan gelombang tsunami yang sangat berbahaya.

Terjemahan

Gempa bumi dapat terjadi kapan saja di wilayah yang gempanya tinggi. Dampak gempa bumi terkadang begitu kuat hingga menimbulkan trauma di masyarakat.

3. Teks Eksplanasi Sains dan Teknologi Contoh : Handphone

Judul:Ponsel pintar
Deskripsi Kasus

Teknologi komunikasi telah berkembang pesat. Dulu orang hanya bisa menelpon dan mengirim SMS, namun sekarang sudah lebih dari itu.

Apa adanyaponsel pintarMasyarakat dapat mengakses informasi dengan lebih mudah dan berkomunikasi dengan lebih mudah.Ponsel pintar Berbagai hiburan juga ditawarkan di sini.

Jaringan Kejadian

Ponsel pintar Ini adalah ponsel yang dilengkapi dengan sistem operasi yang memungkinkan pengguna melakukan banyak operasi.

Ponsel pintar nan ada saat ini sudah sangat canggih fungsinya hampir seperti komputer.

Dengan menggunakan ponsel pintar, orang dapat:panggilan video, streaming video, mendengarkan musik dan bermain gamepermainan.

Karena ponsel cerdas terhubung dengan internet, ponsel juga dapat digunakan untuk belajar, mengikuti kelas online, berbelanja, dan lainnya.

Namun jika teknologi ini digunakan secara berlebihan dan tidak tepat, maka akan berdampak buruk juga bagi penggunanya.

Salah satu dampak negatif tersebut adalah rusaknya indera penglihatan. Gangguan penglihatan ini disebabkan oleh pancaran sinar radiasi.ponsel pintar.

Radiasiponsel pintar Karena radiasi ini dapat menembus jaringan otak, maka dapat mempengaruhi kesehatan otak juga. Dengan demikian, sel-sel otak rusak

Bermainponsel pintar permainan Terlalu banyak dapat menyebabkan kecanduan serius dan bahkan perilaku negatif pada anak-anak.

Terjemahan

Fitur-fitur canggih pada ponsel pintar memungkinkan pengguna untuk benar-benar bersenang-senang dan mempermudah pekerjaannya. Namun penggunaan yang berlebihan menimbulkan kerugian.

4. Teks Eksplanasi Sains dan Teknologi Contoh: Listrik

Judul: Listrik
Deskripsi Kasus

Listrik merupakan salah satu penemuan peradaban manusia yang paling luar biasa. Listrik sebenarnya ada di B.C. Ditemukan pada tahun 600.

Namun penemuan arus listrik baru dilakukan pada tahun 1820-an oleh Michael Faraday. Perkembangan teknologi kelistrikan terus berkembang seiring dengan penemuan-penemuan lainnya.

Terakhir, masyarakat kini sangat bergantung pada listrik karena seluruh aspek kehidupan manusia kini membutuhkan listrik.

Jaringan Kejadian

Masyarakat modern menggunakan listrik untuk berbagai keperluan, mulai dari memasak hingga melakukan pekerjaan berat.

Peralatan listrik yang digunakan manusia memperoleh listrik dari pembangkit listrik yang didistribusikan oleh perusahaan utilitas.

Misalnya PLN.

Pembangkit listrik menggunakan berbagai energi untuk menghasilkan listrik; misalnya aerial yang diperoleh dari pembangkit listrik tenaga aerial dan uap yang diperoleh dari batubara pada pembangkit listrik tenaga uap.

Di Indonesia penggunaan PLTU lebih dominan dibandingkan PLTA. Faktanya, pembakaran batu bara menimbulkan emisi karbon yang cukup besar.

Oleh karena itu, listrik mempunyai dampak positif dan negatif terhadap kehidupan masyarakat. Dampak positifnya tentu membawa kemudahan bagi masyarakat.

Sedangkan dampak negatifnya adalah mencemari lingkungan bila digunakan secara berlebihan.

Untungnya, pemerintah kini sedang menggalakkan programme listrik ramah lingkungan di Indonesia. Dengan demikian, jumlah emisi karbon yang dihasilkan PLTU bisa berkurang hingga jutaan ton.

Selain itu, kesadaran masyarakat mengenai penghematan listrik semakin meningkat. Hasilnya, emisi karbon dari penggunaan listrik dapat semakin dikurangi.

Terjemahan

Listrik dibutuhkan untuk mengoperasikan berbagai peralatan memasak, usaha, dan penunjang kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, listrik memang sangat memudahkan kehidupan manusia.

Namun listrik juga dapat menyebabkan polusi udara. Oleh karena itu, perlu adanya listrik ramah lingkungan dan konservasi listrik untuk mengurangi tingkat polusi.

sebuah sericontoh teks eksplanasi Ilmu pengetahuan dan teknologi di atas diharapkan dapat membantu terciptanya teks eksplanasi yang berkualitas dan sesuai dengan kaidah yang telah ditetapkan.

Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut:

DMCA.com Protection Status