Rekber Adalah: Sistem dan Manfaatnya dalam Transaksi Online  

Sedang Trending 3 bulan yang lalu

Ad 2

Transaksi online merupakan kegiatan yang cukup berisiko. Namun, dengan adanya lapisan keamanan dari Rekber othername Rekening Bersama, kini kegiatan tersebut bisa dilakukan secara aman.

Rekber sendiri telah ada sejak dimulainya kegiatan online. mereka yang biasanya lebih waspada dalam kegiatan transaksi online akan menggunakan agen Rekening Bersama.

Melalui artikel ini, Anda akan mempelajari, skema sistem dan kepentingannya dalam transaksi online.

Apa Itu Rekber?

Bermula pada forum kaskus yang memudahkan transaksi jual beli online, Rekber ditemukan sebagai solusi pencegahan dan antisipasi penipuan dalam kegiatan transaksi.

KBBI menyebutkan Rekber sebagai rekening yang dibuat dengan mengatasnamakan lebih dari satu orang, semisalnya antara pasangan suami istri atau mitra kerja. 

Secara sederhana Rekber atau Rekening Bersama merupakan rekening bank yang digunakan oleh lebih dari satu individu. Pembuatan rekening bersama ini tentunya hasil dari kesepakatan bersama, ya.

Di luar negri sendiri rekening bersama telah ada sejak lama dan dikenal dengan istilah Escrow Service.

Escrow merupakan proses di mana dua pihak antara pembeli dan penjual yang sepakat menempatkan dananya dalam rekening yang dimiliki pihak ketiga, yakni agen Escrow. Dengan kata lain, rekening bersama ini merupakan metode pembayaran melalui pihak ketiga atau pihak perantara. 

Keberadaan Rekber sangat penting dalam menambah keamanan transaksi, terutama dalam kegiatan belanja online.

Dalam Escrow terdapat perjanjian yang memfasilitasi penyelesaian transaksi. Lebih dari itu, rekening bersama juga memberikan fasilitas untuk meningkatkan kepercayaan pembeli dan penjual. Sebab, mereka tahu bahwa uang mereka tidak akan langsung diterima penjual sebelum menerima barangnya.

Lebih jelasnya untuk memahami skema sistem rekening bersama bisa Anda simak pada poin berikut:

Sistem dan Skema Penggunaan Rekber

Penggunaan rekening bersama diklaim dapat meminimalkan risiko penipuan yang terjadi dalam transaksi online. Hal ini karena sistem dan skema rekber dinilai memiliki lapisan keamanan.

Sederhananya, ketika pembeli melakukan transaksi pembayaran kepada penjual, mereka akan melakukan transportation ke rekening agen/jasa rekening bersama.

Semisalnya jika penjual tidak mengirim barang atau pembeli menerima barang yang jauh berbeda dengan kesepakatan, pembeli bisa mengembalikan dananya sesuai syarat dan aturan layanan Rekber terkait.

Di samping itu, penjual bisa tahu bahwa dana akan diteruskan setelah pembeli mengkonfirmasi penerimaan barang. Jadi, apabila terjadi sengketa (masalah) antara pembeli dan penjual, maka agen Rekber bertugas untuk membantu menyelesaikan masalah di antara keduanya.

Skema Penggunaan Rekber

Namun sebelum menggunakan pihak agen ini, dalam existent property pembeli dan penjual perlu melakukan tanda kontrak yang menguraikan persyaratan penjualan.

Nah, setelah menandatangani kontrak, pembeli akan melakukan deposit (10% dari harga produk yang dibeli) ke rekening bersama. Kemudian penjual akan mentransfer akta berikut properti atau barang yang dibeli atas nama agen.

Kemudian agen akan menyimpan uang deposit dan akta properti yang dikirimkan hingga semua syarat penjualan terpenuhi.  Apabila syarat telah terpenuhi, agen Rekber akan mengembalikannya ke kedua pihak, di mana kepemilikan properti dijatuhkan kepada pembeli dan uang jaminan kepada penjual.

Ketika syarat perjanjian tidak terpenuhi, maka uang jaminan akan dikembalikan lagi kepada pembeli begitupun dengan kepemilikan properti.

Manfaat Rekber dalam Bisnis (Transaksi Online)

Setidaknya ada 3 manfaat utama dari menggunakan rekening bersama yang perlu dipahami pihak jual dan pembeli, di antaranya:

Meningkatkan Keamanan Transaksi

Banyak yang menilai bahwa dengan menggunakan rekening bersama, tingkat keamanan dalam bisnis terutama kegiatan transaksi jual beli online lebih terjaga.

Tidak dapat dipungkiri juga dalam penjualan online terjadi banyak kasus penipuan, seperti pengiriman barang cacat, barang yang tidak sesuai atau bahkan tidak mengirimkan barang yang dibeli sama sekali.

Apabila hal tersebut terjadi, maka uang yang dibayarkan oleh pembeli dapat dikembalikan. Inilah kenapa peran pelayanan Rekening Bersama sangatlah penting.

Tentunya jaminan ini akan memberikan rasa aman dan menguntungkan bagi pihak pembeli. Sebab, para penipu yang berpura-pura menjadi penjual tidak akan berani menggunakan layanan rekening bersama. Dengan begitu, para pembeli bisa menghindari penjual yang tidak bertanggung jawab.

Keuntungan penggunaan rekber juga bisa dirasakan oleh penjual. Dalam jual-beli online kita tidak hanya menemukan kasus penipuan si penjual, tetapi juga pihak pembeli. Di mana pembeli nakal biasanya akan melampirkan bukti transportation palsu.

Dengan menggunakan rekening bersama penjual tidak akan mengirimkan produknya hingga pihak rekber mengkonfirmasi bahwa uang pelanggan telah masuk ke rekening.

Meningkatkan Kepercayaan Pembeli dan Penjual

Dengan fasilitas keamanan tambahan ini, maka kepercayaan kedua pihak bisa meningkat. Dalam bisnis, jasa rekber dinilai sangat bermanfaat. Sebab, mereka bisa meningkatkan kepercayaan pembelinya terhadap bisnis yang dikelola.

Di mana para pembeli atau pelanggan bisa merasakan pengalaman belanja yang berkesan, dan menilai bisnis Anda sebagai tempat terpercaya.

Pengiriman Produk yang Aman

Tidak hanya kegiatan transaksi uang yang membuat pihak pembeli khawatir, proses pengiriman produk pun biasanya membuat pembeli merasa kurang aman dan nyaman.

Contoh saja ketika Anda melakukan belanja online, tentu akan bertanya-tanya perihal kapan barang tersebut sampai, atau sudah sampai mana barang tersebut.

Sebab tadi, dalam belanja online sering ditemukan penjual yang kurang bertanggung jawab dalam mengirimkan produk yang dibeli dan membawa kabur uang pelanggan.

Dengan menggunakan rekening bersama Anda tidak perlu khawatir mengenai risiko tersebut. Sekalipun penjual tidak mengirimkan barang yang dibeli, Anda bisa mengambil kembali uang yang telah dibayarkan.

Jenis-jenis Jasa Rekber

Layanan rekening bersama saat ini masih tersedia dan dapat dijumpai secara mudah. Adapun jenis rekber yang paling umum dan celebrated di kalangan masyarakat ialah:

Rekber Shopee

Seperti namanya rekening bersama ini difasilitasi oleh Shopee. Tujuannya jelas sama, yakni memberikan rasa aman kepada pembeli. Uang yang dibayarkan pembeli saat membeli suatu produk, maka uang tersebut akan masuk ke rekening Shopee. Ketika pembeli telah mengkonfirmasi penerimaan barang, maka penjual baru menerima pembayarannya.

Rekber Tokopedia

Memiliki cara kerja yang sama dengan Shopee. Di mana semua pengguna yang membeli produk di Tokopedia uang yang dibayarkan akan masuk ke rekening bersama Tokopedia. Tujuannya pun sama, yakni memberikan rasa aman dan mencegah penipuan.

Rekber BukaLapak

Tidak hanya Shopee dan TokoPedia, BukaLapak juga mengandalkan rekber untuk kegiatan transaksi antara penjual dan pembeli. Mengenai cara kerjanya sebetulnya sama saja dengan jenis rekber lain.

Rekber GoFood

Siapa sangka level gojek online yang menawarkan fitur GoFood ini memiliki rekening bersama untuk kenyamanan customernya?.

Dengan adanya rekening bersama ini, pembeli tidak lagi melakukan pembayaran secara langsung melalui driver atau penjual. Semua pembayaran yang dilakukan akan masuk ke rekber GoFood, sebelum pembeli mengkonfirmasi ulang pesanan yang dibelinya.

Selain rekber dari marketplace, saat ini sudah banyak aplikasi dan layanan yang menawarkan jasa Rekening Bersama untuk memberikan fasilitas transaksi aman kepada pemilik usaha dan pelanggannya. Adapun layanan rekening bersama yang dimaksud ialah:

PT IRekber Network Indonesia

Jasa rekening bersama pertama yang bisa Anda gunakan dengan aman dan bebas ialah iRekber. Bisa dibilang ini merupakan package atau aplikasi pihak ketiga yang aman digunakan untuk transaksi bisnis.

Tentu saja para pelaku bisnis bisa memilihnya untuk memberikan keamanan dan memperoleh kepercayaan dari para pelanggan. Anda juga tidak perlu lagi khawatir mengenai uang hilang setelah transfer.

Dengan menerapkan sistem position transaksi, Anda bisa tahu kabar setiap proses jual beli yang dilakukan. Mulai dari transportation uang oleh pembeli, barang dikirim, barang diterima, hingga penjual mendapatkan uang atas produk yang dibeli pelanggannya, Anda bisa mengetahuinya secara realtime.

Jasa RekBer Pengaman Transaksi by Tri Hariyanto

Layanan rekening bersama yang dikelola Tri Hariyanto ini dikenal juga dengan Rekber.in. Pelayanan rekening bersama yang diberikannya ini bisa menjadi solusi aman dan lebih terpercaya.

Ada banyak fasilitas yang bisa Anda akses dengan menggunakan pelayanannya, seperti kegiatan transportation uang yang lebih mudah sesuai kebutuhan. Para pengguna juga bisa memakai layanannya kapan dan di mana saja.

Indo Rekber – MKB Group

Salah satu package rekening bersama yang bisa digunakan untuk kegiatan transaksi online ialah Indo Rekber. Layanan rekber ini dibuat dan dikembangkan oleh MKB Group.

Ada banyak penawaran dan fasilitas aman termasuk jaminan saat melakukan kegiatan transaksi online. 

Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir dalam menggunakannya. Mereka siap membantu kegiatan transaksi online menjadi aman dan lancar dengan terpercaya.

Mas Dzikry Agency

Sebagai agency integer terlengkap, Mas Dzikry juga menyediakan layanan jasa rekening bersama. Adapun nominal untuk menggunakan jasanya cukup terjangkau, yakni untuk transaksi di bawah Rp. 1.500.000 biaya penggunaannya senilai Rp. 100.000.

Untuk informasi lebih lengkap terkait fasilitas dan layanan rekber dari Mas Dzikry Agency bisa Anda hubungi kontak WhatsAppnya melalui 08981530661.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Layanan Rekening Bersama

Sebelum yakin dan memutuskan untuk menggunakan layanan dari agen Rekening Bersama, cobalah pertimbangkan kelebihan dan kekurangan berikut ini:

  • Memberikan perlindungan kepada pembeli atas penjual yang tidak mengalihkan kepemilikan property
  • Memberikan perlindungan kepada penjual dari pembeli yang tidak melakukan pembayaran sesungguhnya
  • Memastikan semua pihak (pembeli dan penjual) memenuhi kewajiban transaksinya

Adapun kekurangan dari menggunakan layanan rekening bersama ialah:

  • Harga yang mahal untuk menyiapkan akun rekening bersama
  • Waktu lama untuk menyelesaikan kegiatan transaksi terutama jika terdapat masalah rekening bersama
  • Sulitnya menemukan agen rekening bersama yang terpercaya dan reputasi baik

 Kesimpulan 

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa layanan Rekening Bersama othername Rekber merupakan layanan untuk meningkatkan keamanan transaksi online.

kedua belah pihak baik penjual dan pembeli sangat diuntungkan dengan adanya Rekber. Dengan demikian, tidak akan lagi terjadi penipuan transaksi yang merugikan. Jadi, tidak ada alasan lagi mengapa Anda tidak menggunakannya.

Post Views: 6