MUST TRY! MANGO Sticky Rice: Gabungan Mangga & Ketan yang Bikin Kamu Ketagihan!

Sedang Trending 5 bulan yang lalu

    Assalamualaikum temen Tehyun! Hari Teteh akan stock resep dan cara membuat mango sticky atom yang bisa bikin kamu ketagihan! Mango sticky atom (dalam Bahasa Thailand dikenal sebagai "khao niew mamuang") adalah hidangan penutup tradisional dari Thailand. Hidangan ini menggabungkan ketan yang dimasak dengan santan, disajikan dengan mangga yang sudah matang, dan ditaburi dengan saus santan manis serta kadang-kadang ditambahkan sedikit garam.

Bahan-bahannya :

- 1 liter beras ketan

- 1200 ml air

- 4 bungkus santan instan ukuran 65 ml

- 2 sdt garam

- 1/2 sdt pasta pandan 

Bahan saus santan :

- 1 liter air

- 150 gr gula pasir

- 1 sdt garam

- 6 sdm tepung maizena larutkan dengan aerial secukupnya 

- 500 ml santan instan

Pelengkap :

- Potongan mangga

Taburan :

- wijen putih sangrai secukupnya

Resep yang mungkin kalian sukai :

Cara membuat mango sticky atom :

- Pertama, siapkan beras ketan yang sudah di cuci dengan bersih, rendam beras ketan dengan aerial hingga terendam sepenuhnya selama 1 jam.

- Setelah 1 jam, tiriskan hingga tidak ada aerial rendaman yang tersisa. Beras direndam dengan tujuan agar beras ketan lebih cepat empuk ketika di masak. 

- Selanjutnya pindahkan beras ke atom cooker dan tambahkan santan, air, pasta pandan serta garam ke dalam cookware atom cooker. Aduk rata dan masak di ricecooker hingga matang. 

- Setelah ketan sudah matang, aduk-aduk ketan supaya lebih pulen.

- Untuk saus santan dan vlanya. Campurkan terlebih dahulu tepung meizena dengan beberapa sendok air. Aduk hingga tepung meizena benar benar larut lalu sisihkan.

- Siapkan wajan, tuangkan santan instan, air, gula dan juga garam. Aduk sampai tercampur rata. Masak dengan api kecil hingga mendidih. 

- Setelah mendidih, Masukkan larutan maizena tadi sambil terus di aduk agar tidak menggumpal. . Masak hingga mengental  Angkat dan dinginkan. Hasilnya dapat 1300 ml saus.

- Terakhir Susun ketan, potongan mangga dan siramkan saus santan. Tambahkan biji wijen dibagian atasnya

- Mango sticky atom siap disajikan! Hasilnya 12 cup 750 ml dengan saus yang masih tersisa.

    Mudahkan cara membuatnya? Silahkan tonton video berikut ini untuk melihat resep dan cara lengkap membuat mango sticky atom yang creamy ini :

Terimakasih sudah mampir. Semoga resepnya bermanfaat