Manfaat Les dengan Guru Privat untuk Meningkatkan Prestasi Akademik di Sekolah

Sedang Trending 2 bulan yang lalu

Menggunakan jasa guru privat bisa menjadi pilihan yang paling tepat untuk membantu meningkatkan prestasi akademik di sekolah. Salah satu yang direkomendasikan adalah Superprof, sebuah komunitas yang menaungi lebih dari 18 juta guru profesional dari berbagai belahan dunia.

Kegiatan les dengan mendatangkan guru privat atau menggunakan jasanya secara online memberikan banyak manfaat bagi peserta didik. Bahkan tidak terbatas pada bidang akademik saja tetapi juga dari sisi emosional.

Manfaat Les dengan Guru Privat

Setiap anak memiliki potensi dan kemampuannya masing-masing yang bisa dikembangkan secara optimal jika mendapatkan bimbingan yang tepat. Untuk membantu mengoptimalkan potensi maupun bakat anak, salah satu yang bisa dilakukan adalah mengikutsertakan anak untuk les privat.

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari kegiatan les, diantaranya adalah seperti berikut:

1. Membantu Anak dalam Menyelesaikan Pekerjaan Rumah

Membantu-Anak-dalam-Menyelesaikan-Pekerjaan-Rumah

Tidak dipungkiri jika pekerjaan rumah yang diberikan kepada anak cukup banyak dan bahkan sering menumpuk jika tidak langsung dikerjakan. Bagi orang tua yang memiliki kesibukan di luar rumah, hal itu tentu menjadi masalah tersendiri sehingga harus segera diantisipasi.

Solusi terbaik untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan jasa guru privat. Dengan bimbingan guru privat maka anak akan lebih memahami materi pelajaran yang diberikan sehingga bisa menyelesaikan pekerjaan rumah dengan benar dan tepat waktu.

Pekerjaan rumah yang diselesaikan dengan baik akan membuat anak lebih fokus dengan pelajaran di sekolah. Hal ini tentu akan sangat berpengaruh pada performa anak di sekolah sehingga membantu meningkatkan prestasinya secara akademik.

Bukan hanya itu saja, dengan les privat anak-anak juga akan dilatih untuk mengelola waktu dengan baik, menyelesaikan tugas serta menjawab pertanyaan dengan jawaban terbaik. Guru privat akan membantu anak meningkatkan kemampuannya memecahkan masalah.

2. Jadwal dan Jam Belajar lebih Fleksibel

Jadwal-dan-Jam-Belajar-lebih-Fleksibel

Mengikutsertakan anak pada kegiatan les tidak akan membebani anak karena penerapan jadwal dan jam belajarnya cukup fleksibel. Dalam hal ini jadwal bisa diatur sesuai kebutuhan agar anak lebih bersemangat saat mengikuti kegiatan les dengan guru privat.

Dengan menyesuaikan jadwal les pada kebutuhan anak maka kegiatan les akan menjadi hal yang cukup menyenangkan bagi anak. Sehingga anak pun mampu mengikuti les dengan baik dan pembelajaran bisa berlangsung secara optimal.

3. Memberikan Lingkungan Belajar yang Nyaman

Memberikan-Lingkungan-Belajar-yang-Nyaman

Dalam memahami materi pembelajaran dibutuhkan lingkungan belajar yang nyaman dan mendukung. Proses pembelajaran mustahil berjalan lancar jika tidak didukung dengan lingkungan yang nyaman.

Untuk memberikan lingkungan belajar yang nyaman dan menyenangkan, guru privat sudah memiliki perencanaan dan strategi belajar yang paling efektif. Termasuk memberikan materi pembelajaran dengan sikap yang sabar, menyenangkan dan tidak membosankan.

4. Materi Les lebih Padat

Materi-Les-lebih-Padat-scaled

Manfaat lainnya mengikuti kegiatan les adalah mendapatkan materi yang lebih padat. Karena biasanya kegiatan les hanya akan diberikan dalam durasi tidak lebih dari dua jam. Dalam waktu tersebut maka materi yang diberikan akan jauh lebih padat dan tidak bertele-tele.

Dalam proses pembelajaran, guru privat akan fokus pada materi atau topik pembelajaran yang kurang dipahami oleh anak. Dengan cara tersebut maka anak bisa mendapatkan pemahaman yang lebih baik hingga akhirnya mengerti tentang materi yang diajarkan.

Guru privat biasanya sudah memiliki strategi mengajar yang paling efektif untuk diterapkan dalam proses pembelajaran. Materi pembelajaran pun akan dirancang sesuai dengan kebutuhan anak sehingga lebih mudah dipahami.

5. Membantu Anak untuk lebih Konsentrasi

Membantu-Anak-untuk-lebih-Konsentrasi

Berbeda dari kegiatan belajar di sekolah, melalui kegiatan les dengan guru privat ini anak akan lebih konsentrasi. Karena tidak ada ruang bagi anak untuk menghindari tanggung jawabnya dalam mengikuti pembelajaran.

Secara tidak langsung kegiatan les akan mendidik anak untuk lebih disiplin dan memiliki semangat belajar yang kuat. Dengan karakter tersebut maka akan membantu meningkatkan prestasi anak di sekolah.

Terkait dengan konsentrasi, hal itu juga tidak bisa dilepaskan dari cara pembelajaran yang efektif. Karena masing-masing anak memiliki cara belajar yang bisa saja berbeda antara satu dengan yang lain.

Beberapa anak mungkin akan lebih mudah menyerap dan memahami materi pembelajaran melalui visual, audio, secara langsung maupun cara belajar lainnya. Sementara di dalam kelas dengan banyak siswa hal itu tentu saja tidak bisa disesuaikan secara individual.

Hal ini akan sangat berbeda jika anak mengikuti kegiatan les dengan guru privat. Anak akan lebih mudah untuk fokus dan konsentrasi pada materi yang diberikan. Dengan begitu maka anak pun akan lebih memahami materi pembelajaran.

6. Anak Bebas Mengajukan Pertanyaan

Anak-Bebas-Mengajukan-Pertanyaan

Ada kalanya kegiatan belajar di kelas yang cukup kompetitif membuat anak merasa tidak percaya diri untuk mengajukan pertanyaan pada materi yang kurang dipahami. Hal ini tentu saja akan membuat anak semakin tidak paham dengan materi selanjutnya.

Namun dengan kegiatan les privat anak akan lebih leluasa dalam mengajukan pertanyaan, terutama untuk materi pembelajaran yang kurang dipahami. Di lain sisi, guru privat akan memberikan penjelasan secara tepat dan efektif sehingga anak jadi lebih paham dan mengerti.

7. Membantu Meningkatkan Kepercayaan Diri

Membantu-Meningkatkan-Kepercayaan-Diri

Kurangnya rasa percaya diri dalam diri anak bisa berpengaruh terhadap prestasi di sekolah. Hal ini juga berkaitan dengan motivasi belajar anak yang cenderung menurun sehingga tidak bersemangat untuk mengkuti pembelajaran.

Kurangnya rasa percaya diri bisa disebabkan karena ketidakpahaman terhadap materi pembelajaran namun ada rasa takut atau malu untuk menanyakannya di depan kelas. Dengan les privat, anak akan diajak untuk berdiskusi dan membicarakan materi yang tidak dipahami.

8. Meningkatkan Hasil Ujian

Meningkatkan-Hasil-Ujian-scaled

Seorang guru privat akan mempersiapkan anak didiknya agar lebih unggul dari rekan-rekan mereka di sekolah. Dengan kegiatan les privat maka hal itu akan memungkinkan anak untuk belajar lebih cerdas dan menyelesaikan banyak tugas dalam waktu singkat.

Guru privat akan membimbing peserta didik untuk membangun kekuatan yang dimiliki dan mengatasi kelemahan yang ada. Seorang guru privat juga akan membagikan tips dan trik yang bermanfaat untuk menghadapi kesulitan saat mengerjakan ujian di sekolah.

9. Membantu Meringankan Beban Orang Tua

Membantu-Meringankan-Beban-Orang-Tua

Manfaat lainnya yang tidak kalah penting dari kegiatan les privat adalah membantu meringankan beban orang tua. Mengapa bisa demikian? Karena untuk orang tua yang memiliki kesibukan dengan pekerjaannya tentu tidak bisa mendampingi anak belajar di siang hari.

Meskipun ada keinginan untuk bisa mendampingi dan membantu anak dalam belajar, tidak jarang orang tua sudah merasa lelah saat pulang ke rumah. Sehingga jika dipaksakan justru tidak akan maksimal.

Itulah mengapa kegiatan les privat menjadi kebutuhan yang cukup penting bagi anak. Selain membantu anak memahami pelajaran dan meningkatkan prestasi akademiknya, les privat juga meringankan beban orang tua.

Dengan mengetahui manfaat les dengan guru privat di atas, Anda tidak perlu ragu lagi mengikutsertakan anak dalam kegiatan les sesuai kebutuhannya. Selain mengikuti les, anak-anak juga bisa mengakses blog pendidikan untuk memperkaya pengetahuan mereka.