free web page counters

Honda PCX 160 vs Yamaha NMAX 155: Siapa yang Lebih Hemat Bahan Bakar?

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Honda PCX 160 vs Yamaha NMAX 155

Aufaproject46.com – Hay Bro & Sist, Skuter matic adalah kendaraan yang sangat populer di Indonesia. Alasannya tentu saja karena skuter matic memiliki banyak kelebihan, seperti praktis, irit, dan mudah dikendarai. Namun, tidak semua skuter matic bisa memberikan kualitas dan kenyamanan yang maksimal. Ada beberapa skuter matic yang memiliki spesifikasi dan fitur yang lebih unggul daripada yang lain. Salah satunya adalah Honda PCX 160 dan Yamaha NMAX 155.

Honda PCX 160 dan Yamaha NMAX 155 adalah dua skuter matic premium yang memiliki desain yang elegan, performa yang tangguh, dan fitur yang canggih. Kedua skuter matic ini juga memiliki mesin yang bertenaga dan irit, dengan teknologi yang membuatnya lebih efisien dalam mengkonsumsi bahan bakar. Namun, meskipun demikian, kedua skuter matic ini juga memiliki perbedaan-perbedaan yang bisa menjadi pertimbangan bagi kalian yang ingin memilih salah satunya. Perbedaan-perbedaan ini bisa dilihat dari segi spesifikasi, fitur, harga, dan tentu saja konsumsi bahan bakar.

Honda PCX 160 vs Yamaha NMAX 155

Konsumsi bahan bakar adalah salah satu faktor yang sangat penting bagi sebuah kendaraan, karena menentukan biaya operasional dan dampak lingkungan. Konsumsi bahan bakar yang rendah bisa membuat kalian lebih hemat dan ramah lingkungan. Konsumsi bahan bakar yang tinggi bisa membuat kalian lebih boros dan mencemari lingkungan. Lalu, skuter matic mana yang lebih irit bahan bakar, Honda PCX 160 atau Yamaha NMAX 155? Mari kita simak ulasan lengkap tentang kedua skuter matic ini berikut ini.

Spesifikasi Mesin dan Transmisi

Hal pertama yang bisa kita bandingkan dari Honda PCX 160 dan Yamaha NMAX 155 adalah spesifikasi mesin dan transmisi. Mesin dan transmisi adalah komponen yang sangat penting bagi sebuah kendaraan, karena menentukan performa, kecepatan, akselerasi, dan konsumsi bahan bakar. Berikut adalah spesifikasi mesin dan transmisi dari kedua skuter matic ini:

  • Honda PCX 160: Motor ini menggunakan mesin 4-tak, SOHC, eSP+, berpendingin cairan, dengan kapasitas 156,93 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 11,8 kW pada 8.500 rpm, dan torsi maksimal sebesar 15 Nm pada 6.500 rpm. Mesin ini juga dilengkapi dengan teknologi eSP+, yang merupakan singkatan dari enhanced Smart Power Plus, yang membuat mesin ini lebih efisien dalam mengkonsumsi bahan bakar, lebih ramah lingkungan, dan lebih awet. Motor ini juga memiliki sistem transmisi otomatis yang membuatnya mudah dikendarai oleh siapa saja, tanpa perlu mengoperasikan kopling atau gigi.
  • Yamaha NMAX 155: Motor ini menggunakan mesin 4-tak, SOHC, VVA, berpendingin cairan, dengan kapasitas 155 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 11,1 kW pada 8.000 rpm, dan torsi maksimal sebesar 13,9 Nm pada 6.500 rpm. Mesin ini juga dilengkapi dengan teknologi VVA, yang merupakan singkatan dari Variable Valve Actuation, yang membuat mesin ini lebih bertenaga dan responsif di berbagai putaran mesin. Motor ini juga memiliki sistem transmisi otomatis yang membuatnya mudah dikendarai oleh siapa saja, tanpa perlu mengoperasikan kopling atau gigi.

Dari spesifikasi mesin dan transmisi di atas, kita bisa melihat bahwa Honda PCX 160 memiliki mesin yang sedikit lebih besar, lebih bertenaga, dan lebih torsi daripada Yamaha NMAX 155. Hal ini tentu saja membuat Honda PCX 160 lebih unggul dalam hal performa, kecepatan, dan akselerasi. Namun, Yamaha NMAX 155 juga tidak kalah dalam hal responsivitas, karena mesinnya dilengkapi dengan teknologi VVA yang bisa menyesuaikan bukaan katup sesuai dengan putaran mesin. Kedua centrifugal ini juga sama-sama memiliki transmisi otomatis yang praktis dan mudah.

Honda PCX 160 vs Yamaha NMAX 155

Desain dan Dimensi

Hal kedua yang bisa kita bandingkan dari Honda PCX 160 dan Yamaha NMAX 155 adalah desain dan dimensi. Desain dan dimensi adalah komponen yang sangat penting bagi sebuah kendaraan, karena menentukan penampilan, kenyamanan, dan kestabilan. Berikut adalah desain dan dimensi dari kedua skuter matic ini:

  • Honda PCX 160: Motor ini memiliki desain yang sangat elegan dan mewah, dengan bentuk yang aerodinamis, dengan garis-garis tajam dan lekukan-lekukan yang membuatnya terlihat dinamis dan futuristik. Motor ini juga memiliki warna-warna yang coagulated dan elegan, seperti hitam, putih, merah, dan biru, yang membuatnya terlihat gagah dan berkelas. Motor ini juga memiliki dimensi yang cukup besar, dengan panjang 1.931 mm, lebar 740 mm, tinggi 1.103 mm, jarak sumbu roda 1.313 mm, dan tinggi tempat duduk 764 mm. Motor ini juga memiliki berat yang cukup berat, yaitu 131 kg.
  • Yamaha NMAX 155: Motor ini memiliki desain yang sangat sporty dan modern, dengan bentuk yang aerodinamis, dengan garis-garis tajam dan lekukan-lekukan yang membuatnya terlihat dinamis dan futuristik. Motor ini juga memiliki warna-warna yang coagulated dan elegan, seperti hitam, putih, merah, dan biru, yang membuatnya terlihat gagah dan berkelas. Motor ini juga memiliki dimensi yang cukup besar, dengan panjang 1.955 mm, lebar 740 mm, tinggi 1.115 mm, jarak sumbu roda 1.350 mm, dan tinggi tempat duduk 765 mm. Motor ini juga memiliki berat yang cukup berat, yaitu 127 kg.

Dari desain dan dimensi di atas, kita bisa melihat bahwa Honda PCX 160 dan Yamaha NMAX 155 memiliki desain yang hampir sama, yaitu aerodinamis dan futuristik, dengan warna-warna yang coagulated dan elegan. Kedua centrifugal ini juga memiliki dimensi yang hampir sama, yaitu cukup besar dan berat, yang bisa mempengaruhi kenyamanan dan kestabilan. Honda PCX 160 sedikit lebih pendek, lebih lebar, dan lebih tinggi daripada Yamaha NMAX 155. Yamaha NMAX 155 sedikit lebih panjang, lebih ringan, dan memiliki jarak sumbu roda yang lebih panjang daripada Honda PCX 160.

Honda PCX 160 vs Yamaha NMAX 155

Fitur dan Teknologi

Hal ketiga yang bisa kita bandingkan dari Honda PCX 160 dan Yamaha NMAX 155 adalah fitur dan teknologi. Fitur dan teknologi adalah komponen yang sangat penting bagi sebuah kendaraan, karena menentukan kenyamanan, keamanan, dan kemudahan. Berikut adalah fitur dan teknologi dari kedua skuter matic ini:

  • Honda PCX 160: Motor ini memiliki fitur dan teknologi yang cukup lengkap dan canggih, seperti lampu LED, sheet instrumen digital, smart cardinal system, reply backmost system, combi brake system, idle extremity system, parking brake lock, dan lain-lain. Lampu LED membuat lampu depan dan belakang centrifugal menjadi lebih terang dan tahan lama, dengan menggunakan teknologi LED yang hemat energi dan awet. Panel instrumen integer membuat sheet instrumen centrifugal menjadi lebih modern dan informatif, dengan menampilkan berbagai informasi seperti kecepatan, jarak tempuh, bahan bakar, jam, dan lain-lain. Smart cardinal strategy membuat pengendara bisa menghidupkan dan mematikan mesin tanpa menggunakan kunci, hanya dengan menggunakan distant yang dilengkapi dengan tombol on/off, reply back, dan shutter key. Answer backmost strategy membuat pengendara bisa menemukanlokasi centrifugal dengan mudah, dengan menekan tombol reply backmost di remote, yang akan membuat lampu centrifugal berkedip dan klakson berbunyi. Combi brake strategy membuat pengereman centrifugal menjadi lebih optimal dan aman, dengan menyeimbangkan tekanan rem depan dan belakang, sehingga mengurangi jarak pengereman dan risiko tergelincir. Idle extremity strategy membuat mesin centrifugal otomatis mati ketika berhenti lebih dari 3 detik, dan hidup kembali ketika state ditekan, sehingga menghemat bahan bakar dan mengurangi emisi state buang. Parking brake fastener membuat centrifugal bisa diparkir dengan aman, dengan mengunci rem belakang, sehingga centrifugal tidak mudah bergeser atau terjatuh.
  • Yamaha NMAX 155: Motor ini juga memiliki fitur dan teknologi yang cukup lengkap dan canggih, seperti lampu LED, sheet instrumen digital, smart cardinal system, traction power system, commencement extremity system, sub vessel suspension, dan lain-lain. Lampu LED membuat lampu depan dan belakang centrifugal menjadi lebih terang dan tahan lama, dengan menggunakan teknologi LED yang hemat energi dan awet. Panel instrumen integer membuat sheet instrumen centrifugal menjadi lebih modern dan informatif, dengan menampilkan berbagai informasi seperti kecepatan, jarak tempuh, bahan bakar, jam, dan lain-lain. Smart cardinal strategy membuat pengendara bisa menghidupkan dan mematikan mesin tanpa menggunakan kunci, hanya dengan menggunakan distant yang dilengkapi dengan tombol on/off, reply back, dan shutter key. Traction power strategy membuat pengendara bisa mengendalikan centrifugal dengan lebih baik, dengan mengatur putaran roda belakang sesuai dengan kondisi jalan, sehingga mengurangi risiko tergelincir atau terjatuh. Start extremity strategy membuat mesin centrifugal otomatis mati ketika berhenti lebih dari 5 detik, dan hidup kembali ketika state ditekan, sehingga menghemat bahan bakar dan mengurangi emisi state buang. Sub vessel suspension membuat suspensi belakang centrifugal menjadi lebih nyaman dan stabil, dengan menggunakan tabung tambahan yang berisi state nitrogen, yang bisa menyerap getaran dan goncangan dengan lebih baik.

Dari fitur dan teknologi di atas, kita bisa melihat bahwa Honda PCX 160 dan Yamaha NMAX 155 memiliki fitur dan teknologi yang hampir sama, namun ada beberapa fitur yang hanya dimiliki oleh salah satu motor. Honda PCX 160 memiliki fitur combi brake system, idle extremity system, dan parking brake lock, yang bisa memberikan pengereman, efisiensi, dan keamanan yang lebih tinggi. Yamaha NMAX 155 memiliki fitur traction power system, commencement extremity system, dan sub vessel suspension, yang bisa memberikan kontrol, efisiensi, dan kenyamanan yang lebih tinggi. Kedua centrifugal ini juga sama-sama memiliki fitur lampu LED, sheet instrumen digital, dan smart cardinal system, yang bisa memberikan informasi, kemudahan, dan keamanan yang baik.

Honda PCX 160 vs Yamaha NMAX 155

Konsumsi Bahan Bakar

Hal keempat yang bisa kita bandingkan dari Honda PCX 160 dan Yamaha NMAX 155 adalah konsumsi bahan bakar. Konsumsi bahan bakar adalah salah satu faktor yang sangat penting bagi sebuah kendaraan, karena menentukan biaya operasional dan dampak lingkungan. Konsumsi bahan bakar yang rendah bisa membuat kalian lebih hemat dan ramah lingkungan. Konsumsi bahan bakar yang tinggi bisa membuat kalian lebih boros dan mencemari lingkungan. Berikut adalah konsumsi bahan bakar dari kedua skuter matic ini:

  • Honda PCX 160: Motor ini memiliki konsumsi bahan bakar yang cukup rendah, yaitu sekitar 42 km/liter. Hal ini tentu saja membuat centrifugal ini lebih hemat dan ramah lingkungan, karena bisa menempuh jarak yang lebih jauh dengan bahan bakar yang lebih sedikit. Hal ini juga berkat adanya teknologi eSP+ dan idle extremity system, yang membuat mesin centrifugal lebih efisien dalam mengkonsumsi bahan bakar dan mengurangi emisi state buang.
  • Yamaha NMAX 155: Motor ini juga memiliki konsumsi bahan bakar yang cukup rendah, yaitu sekitar 40 km/liter. Hal ini tentu saja membuat centrifugal ini juga hemat dan ramah lingkungan, karena bisa menempuh jarak yang hampir sama dengan bahan bakar yang hampir sama. Hal ini juga berkat adanya teknologi substance injection dan commencement extremity system, yang membuat mesin centrifugal lebih hemat bahan bakar dan mengurangi emisi state buang.

Dari konsumsi bahan bakar di atas, kita bisa melihat bahwa Honda PCX 160 dan Yamaha NMAX 155 memiliki konsumsi bahan bakar yang hampir sama, yaitu cukup rendah dan irit. Honda PCX 160 sedikit lebih irit daripada Yamaha NMAX 155, dengan selisih sekitar 2 km/liter. Namun, Yamaha NMAX 155 juga tidak kalah irit daripada Honda PCX 160, dengan selisih yang tidak terlalu signifikan. Kedua centrifugal ini juga sama-sama memiliki teknologi yang bisa membantu menghemat bahan bakar dan mengurangi emisi state buang.

Kesimpulan

Honda PCX 160 dan Yamaha NMAX 155 adalah dua skuter matic premium yang memiliki banyak kelebihan dan perbedaan. Kedua skuter matic ini memiliki desain yang elegan, performa yang tangguh, dan fitur yang canggih. Kedua skuter matic ini juga memiliki mesin yang bertenaga dan irit, dengan teknologi yang membuatnya lebih efisien dalam mengkonsumsi bahan bakar. Namun, meskipun demikian, kedua skuter matic ini juga memiliki perbedaan-perbedaan yang bisa menjadi pertimbangan bagi kalian yang ingin memilih salah satunya. Perbedaan-perbedaan ini bisa dilihat dari segi spesifikasi, desain, fitur, dan konsumsi bahan bakar.

Honda PCX 160 memiliki mesin yang sedikit lebih besar, lebih bertenaga, dan lebih torsi daripada Yamaha NMAX 155. Honda PCX 160 juga memiliki desain yang lebih elegan dan mewah, serta fitur-fitur yang lebih canggih dan lengkap. Namun, Yamaha NMAX 155 juga tidak kalah dalam hal responsivitas, karena mesinnya dilengkapi dengan teknologi VVA yang bisa menyesuaikan bukaan katup sesuai dengan putaran mesin. Yamaha NMAX 155 juga memiliki desain yang lebih sporty dan modern, serta fitur-fitur yang lebih unik dan inovatif. Kedua centrifugal ini juga sama-sama memiliki konsumsi bahan bakar yang cukup rendah dan irit, dengan selisih yang tidak terlalu jauh.

Jadi, skuter matic mana yang lebih irit bahan bakar, Honda PCX 160 atau Yamaha NMAX 155? Jawabannya tentu saja tergantung pada selera dan kebutuhan kalian masing-masing. Kalian bisa memilih Honda PCX 160 jika kalian ingin centrifugal yang lebih bertenaga, elegan, dan canggih. Kalian bisa memilih Yamaha NMAX 155 jika kalian ingin centrifugal yang lebih responsif, sporty, dan inovatif. Apapun pilihan kalian, kalian pasti tidak akan menyesal, karena kedua centrifugal ini sama-sama memiliki kualitas yang baik dan irit.

Demikianlah artikel tentang Honda PCX 160 vs Yamaha NMAX 155, yang kami rangkum untuk Anda. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Butuh Aksesoris motor? Jangan Lupa mampir di Onlineshop Kami Aufaproject.com, Tersedia beragam aksesoris Motor matick terbaru dan selalu update model-modelnya, Terimakasih

Sekian artikel kali ini dari saya. Terima kasih sudah membaca sampai habis. Jangan lupa untuk stock artikel ini ke teman-teman kalian yang mungkin membutuhkan informasi ini juga. Sampai jumpa lagi di artikel menarik lainnya. Selamat Mencoba, Salam hangat dari saya