Dibawah Ini Yang Merupakan Satuan Besaran Pokok Adalah

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Author Senin, Februari 12, 2024

Halo Teman Panduancode.com! Selamat datang di artikel Pada bagian ini akan dibahas tentang satuan dasar besaran. Satuan SI dasar meliputi sekon untuk waktu, metre untuk panjang, kilogram untuk massa, ampere untuk arus listrik, kelvin untuk suhu, mol untuk jumlah zat, dan candela untuk intensitas cahaya. Kita sering mendengar tentang satuan dasar besaran ketika mempelajari fisika. Apa sebenarnya satuan dasar besaran? Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai pokok bahasan tersebut, mari kita simak dan pahami bersama apa itu satuan dasar besaran di bawah ini.


Apa Satuan Dasar Besaran?

Satuan besaran dasar mengacu pada sekelompok besaran yang dianggap mendasar dalam pengukuran fisika. Satuan-satuan ini menjadi dasar sistem satuan internasional yang banyak digunakan di seluruh dunia. Ada tujuh satuan dasar pengukuran yang ditentukan dan diterima secara internasional.

Satuan Ukuran Dasar Pertama: Panjang

Satuan dasar besaran yang pertama adalah panjang. Panjang mengacu pada jarak antara dua titik dalam ruang. Satuan dasar untuk mengukur panjang adalah metre (m). Meter menggunakan ini untuk mengukur segala sesuatu mulai dari panjang benda hingga jarak antar planet.

Baca Juga: Peranan Bumd Terhadap Peningkatan Kemakmuran Rakyat Indonesia Antara Lain

Satuan Ukuran Dasar Kedua: Massa

Massa adalah satuan dasar besaran yang menggambarkan jumlah materi dalam suatu benda. Satuan dasar untuk mengukur massa adalah kilogram (kg). Kilogram berguna untuk mengukur berat suatu benda dan menjadi standar dalam sistem SI (Sistem Internasional).

Satuan Besaran Dasar Ketiga: Waktu

Waktu adalah satuan dasar besaran yang menggambarkan rangkaian peristiwa. Satuan dasar untuk mengukur waktu adalah sekon. Detik, detik, menit, jam, dan seterusnya. Berguna untuk mengukur interval waktu pendek dan panjang seperti

Satuan Besaran Dasar Keempat: Arus Listrik

Arus listrik merupakan satuan dasar besaran yang menggambarkan aliran muatan listrik dalam suatu rangkaian. Satuan dasar untuk mengukur arus listrik adalah ampere (A). Ampere berguna untuk mengukur kuat arus listrik pada suatu rangkaian listrik.

Satuan Besaran Dasar Kelima: Suhu

Suhu merupakan satuan dasar pengukuran yang menggambarkan derajat panas atau dinginnya suatu benda. Satuan dasar untuk mengukur suhu adalah kelvin (K). Kelvin menggunakannya dalam fisika dan ilmu pengetahuan lainnya untuk mengukur suhu absolut.

Satuan Besaran Dasar Keenam: Besaran Materi

Besaran materi merupakan satuan dasar besaran yang menggambarkan jumlah materi dalam suatu sistem. Satuan dasar yang digunakan untuk mengukur jumlah suatu zat adalah mol (mol). Mol menggunakan ini dalam kimia untuk mengukur jumlah partikel, seperti atom atau molekul, dalam suatu zat.

Satuan Besaran Dasar Ketujuh: Intensitas Cahaya

Intensitas cahaya merupakan satuan dasar pengukuran yang menggambarkan tingkat kecerahan cahaya. Satuan dasar untuk mengukur intensitas cahaya adalah candela (cd). Candela menggunakannya untuk mengukur kecerahan sumber cahaya atau intensitas cahaya yang dipancarkan suatu benda.

Kesimpulan

Terima kasih telah membaca artikel tentang apa itu satuan dasar besaran. Kami menjelajahi tujuh satuan dasar besaran, termasuk panjang, massa, waktu, arus listrik, suhu, jumlah materi, dan intensitas cahaya. Semoga informasi ini dapat membantu kita mempelajari lebih jauh tentang fisika dan pengukuran dalam kehidupan sehari-hari. Sampai jumpa lagi di artikel menarik lainnya!

Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut:

DMCA.com Protection Status

Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.