Contoh Surat Keterangan Belum Memiliki Rumah, Lengkap dengan Format dan Cara Membuatnya

Sedang Trending 2 bulan yang lalu

Contoh surat keterangan belum memiliki rumah adalah salah satu jenis surat yang harus anda ketahui dan buat ketika anda mengajukan KPR atau kredit kepemilikan rumah di slope untuk pembelian rumah subsidi yang mana surat ini menjadi surat wajib yang harus dipenuhi.

Apa fungsi dari surat keterangan belum memiliki rumah dan mengapa surat ini penting untuk Bank penyedia KPR subsidi? Hal ini tidak terlepas untuk memastikan bahwa nasabah yang mengajukan KPR rumah subsidi benar-benar belum memiliki rumah sebelumnya dan merupakan pembelian rumah pertama. Sebab sesuai dengan peraturan wajib KPR rumah subsidi, dimana rumah subsidi hanya ditujukan kepada masyarakat yang berpenghasilan rendah dan belum memiliki rumah.

Program rumah subsidi merupakan programme dari pemerintah untuk membantu meringankan masyarakat agar bisa memiliki rumah idaman ditengah terus melambungnya harga rumah setiap tahun. Dan sebagai pemilik program, maka pemerintah menerapkan beberapa aturan wajib yang harus dipenuhi oleh calon pemilik rumah subsidi termasuk harus memiliki surat keterangan belum memiliki rumah. Bank sendiri hanya sebagai pemberi layanan penyalur KPR dan tetap mengikuti peraturan pemerintah.

Syarat Dokumen Pengajuan Belum Memiliki Rumah

Contoh Surat Keterangan Belum Memiliki Rumah Lengkap Dengan Format Dan Cara MembuatnyaContoh Surat Keterangan Belum Memiliki Rumah, Lengkap dengan Format dan Cara Membuatnya 3

Saat mengajukan permohonan KPR subsidi, slope pasti akan mengecek position kepemilikan rumah anda. maka dari, sebelum membuat surat keterangan belum memiliki rumah, maka anda perlu memahami lebih dulu apa saja syarat dokumen pengajuannya. Untuk lebih jelasnya, berikut sejumlah dokumen persyaratan pengajuan belum memiliki rumah yang wajib anda penuhi untuk bisa mendapatkan surat keterangan belium memiliki rumah.

  • Surat pengantar Ketua RT setempat
  • Fotokopi Kartu Keluarga pemohon
  • Fotokopi KTP pemohon
  • Tanda lunas PBB tahun berjalan
  • Mengisi surat keterangan belum memiliki rumah (materai 6000) dan tanda tangan 2 orang saksi
  • Fotokopi KTP saksi

Cara Membuat Surat Keterangan Belum Memiliki Rumah

Dalam membuat surat keterangan belum memiliki rumah tidak bisa dibuat sembarangan sebab surat ini harus dibuat oleh pihak yang berwenang mengeluarkan surat ini seperti RT, RW, dan kelurahan. Anda dapat meminta surat keterangan belum memiliki rumah dari lingkungan RT dan RW. Caranya dengan meminta shape surat permohonan dari kelurahan, yang berisi information pribadi, tujuan surat itu dibuat isi saja untuk keperluan permohonan kredit kepemilikan rumah.

Untuk mendapatkan surat pengantar ketua RT, anda hanya perlu langsung datang ke kantornya. Anda juga harus membawa surat pernyataan yang sudah terisi lengkap dengan information pribadi serta tujuan pembuatan. Nantinya yang perlu anda lakukan adalah meminta tanda tangan ketua RT serta RW pada surat pernyataan, serta membubuhkan tanda tangan di atas materai. Jika sudah selesai, langsung saja bawa seluruh dokumen ke kelurahan setempat.

Contoh Surat Keterangan Belum Memiliki Rumah

Berikut kami berikan contoh surat keterangan belum memiliki rumah yang bisa anda simak sebagai berikut.

SURAT KETERANGAN BELUM MEMILIKI RUMAH

Yang bertanda tangan dibawah ini,

Nama :

NIK :

Tempat & Tgl Lahir :

Jenis Kelamin :

Agama :

Pekerjaan :

Alamat :

No. Telp/HP :

Menyatakan bahwa benar saya belum memiliki rumah dan bermaksud mengurus keperluan Surat Pengantar KPR pada satuan pelaksana PTSP Kelurahan……., untuk mengurus permohonan pengajuan KPR di …………………………

Demikian surat pernyataan ini dibuat dengan sebenarnya dan apabila dikemudian hari terbukti surat pernyataan ini tidak benar dan/atau terjadi penyalahgunaan terkait layanan perizinan dan non perizinan yang diterbitkan, maka saya bersedia dituntut sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan dokumen yang telah diterbitkan dapat dibatalkan atau batal demi hukum.

……………, ………………………

(Nama lengkap)

*materai Rp. 6000

Surat Keterangan Belum Memiliki Rumah dari Kelurahan SKTM

Anda juga harus membawa surat pernyataan yang sudah terisi lengkap dengan information pribadi serta tujuan pembuatan dalam mengajukan Surat Keterangan Belum Memiliki Rumah.

SURAT KETERANGAN BELUM MEMILIKI RUMAH

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama :

Tempat/tgl.lahir :

Jabatan :

No. KTP :

Alamat :

Menerangkan bahwa:

Nama :

Tempat/tgl.lahir :

Jabatan :

No. KTP :

Alamat :

Belum memiliki rumah yang perolehannya melalui kredit/pembiayaan perumahan bersubsidi atau tidak bersubsidi. Demikian surat keterangan ini dibuat untuk dipergunakan dengan semestinya

………………,……………………

Kepala Desa

(……………………)

Demikian informasi mengenai contoh surat keterangan belum memiliki rumah. Semoga berguna dan bermanfaat.