Cara Mengajari Anak Umur 3 Tahun Mengaji

Sedang Trending 6 tahun yang lalu

Cara Mengajari Anak Umur 3 Tahun Mengaji - Pastinya siapa sih yang tak ingin memiliki anak yang pintar mengaji sejak ini? Salah satunya mungkin anda yang menginginkan anak dapat mengaji baik itu saat berusia 3 tahun. Meskipun terkadang para orang tua tidak mengerti bagaimana cara mengajari anak untuk mengaji. Sehingga terkadang para orang tua akan lebih berperan memanggil guru suruhan untuk mengajarkan anaknya mengaji. Padahal bila Anda mengajarkan anak umur 3 tahun tersebut belajar mengaji akan lebih tanggap dan cepat. Untuk itu sangat disarankan bagi Anda segeralah untuk mengajari anak umur 3 tahun mengaji.

Terdapat beberapa cara mengajari anak umur 3 tahun mengaji yang pastinya anda bisa untuk mengadakan acara tersebut. Bila Anda sudah penasaran akan cara mengajari anak umur 3 tahun mengaji yang satu ini yuk simak informasi selengkapnya pada artikel berikut:

Cara Mengajari Anak Umur 3 Tahun Mengaji

Cara Mengajari Anak Umur 3 Tahun Mengaji

Di bawah ini kami akan mengulas informasi seputar cara mengajari anak umur 3 tahun mengaji yang bisa diketahui. Adapun beberapa informasi mengenai caramengajari anak sebagai berikut:

Cobalah Untuk Mengaji Di Depan Anak

Salah satu cara mengajari anak umur 3 tahun mengaji yang bisa Anda ketahui yaitu cobalah untuk mengaji di depan anak. Dalam hal ini tentunya sebagai orang tua Anda harus memberikan teladan yang baik yaitu dengan mengaji di depan anak. Dengan memberikan tauladan seperti ini Tentunya anak umur 3 tahun akan menirukan Anda yang sedang mengaji. Secara tidak langsung pun dalam hal ini anda sudah mencoba untuk mengajari anak tersebut mengaji. Semakin sering anda melakukan mengaji di depan anak maka anak menjadi lebih penasaran untuk ikut mengaji.

Buatlah Anak Fokus Untuk Mengaji

Pada usia umur 3 tahun tentunya yang paling senang mereka lakukan hanyalah bermain. Dalam hal ini tentunya untuk mengajarkan mengaji Anda harus membuat balita tersebut fokus untuk mengaji bukan bermain. Tetapi terdapat cara mengajari anak umur 3 tahun mengaji yang bisa dilakukan dengan bermain yang memang akan optimal. Cara ini berupa Anda dapat menempelkan beberapa huruf hijaiyah di sekitaran kamar anak. Lalu Anda bisa mengajarkan anak sambil bermain menggunakan gambar-gambar tersebut. Sering kali untuk cara ini akan berefek anak akan lebih menghafal huruf hijaiyah.

Pastikan Anda Memberikan Pujian

Pujian juga harus diberikan pada anak berusia 3 tahun bila ia sudah mulai menghafal beberapa huruf. Jika sudah begitu Anda harus terus memberikan pujian agar anak semakin lebih rajin melakukan hafalan baik itu huruf maupun surat-surat pendek. Tentunya cara mengajari anak umur 3 tahun mengaji yang satu ini tidak memiliki unsur pemaksaan. Sehingga perlu ditekankan untuk selalu diberlakukan pada anak usia 3 tahun.

Berikan Hadiah

Cara mengajari anak umur 3 tahun mengaji yang selanjutnya bisa diberikan hadiah. Bila anak anda telah menghafal beberapa surat-surat pendek. Perlu diberlakukan untuk memberikan motivasi dengan cara memberikan hadiah. Tetapi perlu ditekankan bila anda orang tua yang baik setidaknya jangan terlalu sering memberikan hadiah kepada anak karena akan terbiasa.  Jadi dianjurkan bila ingin memberikan hadiah jangan terlalu sering.

Nah itulah informasi yang dapat kami sampaikan seputar cara mengajari anak umur 3 tahun mengaji yang bisa diketahui. Selain menggunakan cara-cara tersebut Anda juga bisa memiliki metode lain yang sangat mudah untuk mengajarkan anak mengaji. Semoga informasi di atas bermanfaat :)