Begini Cara Mengajari Anak 5 Tahun Membaca

Sedang Trending 6 tahun yang lalu

Cara Mengajari Anak 5 Tahun Membaca - Membaca menjadi salah satu hal yang paling penting ketika anak Anda mulai tumbuh. Karena dengan membaca segala sesuatu akan dapat dilakukan dengan mudah. Bahkan dengan membaca anak anda akan menjadi lebih cerdas dan memiliki pikiran yang baik. Di Indonesia sendiri budidaya membaca sudah diterapkan pada anak-anak baik itu PAUD ,TK dan yang lainnya. Sehingga bila Anda telah memiliki cukup umur untuk memasuki sekolah dasar dan sudah dibekali membaca serta menulis. Akan membuat si anak lebih mudah untuk memasuki sekolah dasar manapun.

Tak hanya itu kemampuan membaca juga membuat anak dapat menulis atau mengeja dengan baik. Karena itulah perlu mengajari anak membaca sejak dini. Bila anda sebagai orang tua kesusahan untuk mengajari anak membaca. Mungkin anda dapat menyimak artikel berikut mengenai cara mengajari anak 5 tahun membaca yang bisa diketahui.

Cara Mengajari Anak 5 Tahun Membaca

Cara Mengajari Anak 5 Tahun Membaca

Di bawah ini kami akan mengulas informasi seputar cara mengajari anak 5 tahun membaca yang bisa Anda ketahui. Adapun beberapa informasi mengenai cara mengajarinya sebagai berikut:

Ajarkan Anak Membaca Sambil Bernyanyi

Bila Anda ingin mengajari anak 5 tahun membaca ajarkan dia untuk metode membaca sambil bernyanyi. Karena perlu Anda ketahui bila membaca sambil bernyanyi akan membuat anak lebih mudah mengingatnya. Nadanya sendiri bisa anda buat dengan recycle lagu anak. Sehingga nantinya ketika anda ingin mengajarkan anak membaca bisa menggunakan nyanyian huruf abjad mulai dari a hingga Z. Lakukan cara ini secara terus-menerus maka secara tidak langsung anak akan mampu membaca dan menghafal huruf abjad dengan baik.

Gunakan Karpet Huruf

Dalam cara mengajari anak 5 tahun membaca Anda bisa menggunakan metode tertentu. Salah satunya adalah dengan menggunakan karpet huruf yang biasanya tampil dengan beberapa gambar yang unik Serta adanya huruf pada karpet tersebut. Karpet ini bisa anda gunakan menjadi media belajar membaca bagi si anak. Tentunya karpet yang unik dengan berbagai gambar serta warna yang menarik membuat anak menjadi lebih tertarik dalam membaca.

Gunakan Media Komik Maupun Buku Cerita

Pada anak usia 5 tahun tentunya untuk bercerita merupakan hal yang mereka minati. Apalagi bila mereka membaca buku cerita dengan gambar-gambar yang unik dan menarik. Namun ketika anda mengajari anak membaca cobalah untuk memilih cerita yang benar-benar bagus dan cocok untuk si anak. Sebenarnya dalam menggunakan komik maupun buku cerita ini bukan hanya mengajari anak untuk membaca sesuai dengan lafal yang tepat. Tetapi juga akan mengajari anak agar dapat masuk ke dalam karakter-karakter dalam cerita.

Janganlah Memaksakan Kehendak Si Anak

Cara mengajari anak 5 tahun membaca selanjutnya janganlah memaksakan kehendak. Seperti yang kita ketahui bila anak-anak lebih suka bermain bersenang senang dan sebagainya. Bila anda ingin mengajari anak membaca tentu janganlah memaksakan kehendak. Bila dipaksakan anak akan cenderung malas untuk membaca dan akan sulit bila di suruh untuk membaca.

Jangan Membiasakan Anak Untuk Belajar Terlalu Lama

Pada usia 5 tahun Jangan biarkan untuk anak belajar membaca terlalu lama. Anak nantinya akan mudah bosan ketika belajar membaca sehingga ia akan lebih malas untuk belajar di kemudian hari.  Pastikan Anda bisa memberikan pelajaran untuk membaca sekitar 15 menit lamanya.

Nah itulah informasi yang dapat kami sampaikan seputar cara mengajari anak 5 tahun membaca yang dapat diketahui. Tentunya beberapa cara tersebut bisa Anda terapkan ketika mengajari anak membaca. namun jangan terlalu dipaksakan agar anak tidak bosan dan malas untuk membaca. Semoga dengan adanya artikel diatas bisa bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terimakasih!