free web page counters

43 Oleh-oleh Khas Indramayu Legendaris yang Wajib Dibawa Pulang

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Oleh-oleh khas Indramayu – Indramayu merupakan salah satu Kabupaten yang ada di Jawa Barat. Kota ini selain terkenal dengan mangga Indramayu yang dijamin manis dan memiliki aroma yang menyegarkan ini juga memiliki beragam makanan atau jajanan khas.

Keanekaragaman jajanan yang dijual di wilayah Indramayu banyak dimanfaatkan pelancong atau wisatawan yang berkunjung untuk berburu oleh-oleh khas Indramayu.

Mereka bukan hanya sekedar datang untuk menghabiskan waktu di beberapa tempat wisata yang indah saja, namun tidak mau ketinggalan untuk mencicipi lezatnya makanan yang dibuat oleh warga Indramayu asli.

Terhitung ada puluhan oleh-oleh khas Indramayu yang bisa dibawa pulang untuk kerabat di rumah. Jajanan yang ditawarkan bukan hanya beragam saja, namun dari segi rasa juga sangat beragam.

Penasaran apa saja oleh-oleh khas Indramayu, Jawa Barat  bisa langsung simak penjelasan dalam artikel yang kami buat kali ini.

Keragaman Oleh-oleh Khas Indramayu yang Melegenda

Keragaman oleh-oleh khas Indramayu yang melegenda bukan hanya terkenal di sekitar Indramayu saja, namun banyak pula yang sudah menyeberang hingga ke kota tetangga, bahkan ke berbagai pulau di Indonesia. Untuk menjawab rasa penasaran pembaca terutama yang tengah mengunjungi kota Indramayu, bisa melihat penjelasan kami di bawah ini:

1. Buah Mangga

Buah ManggaBuah Mangga via Rumahbuah

Mangga Indramayu memang sudah sangat terkenal hingga ke wilayah lain di Indonesia. Selain bentuk atau ukurannya yang besar, mangga Indramayu ini sangat manis.

Jadi ketika mengunjungi Indramayu jangan lupa untuk berburu mangga khas Indramayu sebagai oleh-oleh untuk kerabat di rumah.

Banyaknya pohon mangga yang ada di kota ini membuat stok buah mangga selalu melimpah jadi tidak heran, meski rasa dan bentuknya super, buah mangga tetap dijual dengan harga yang murah.

2. Dodol Laragudig

Dodol LaragudigDodol Laragudig

Oleh-oleh khas Indramayu berikutnya adalah dodol laragundig yang sudah sangat legendaris. Dodol ini sudah sangat terkenal dengan kekhasannya tanpa pemanis buatan.

Cara pengolahan dodol ini masih sangat tradisional. Mungkin itulah yang membuat dodol ini tetap bertahan dengan rasanya yang nikmat. Rasanya masih tetap sama sepanjang masa dan nikmat banget. Anda bisa memperolehnya di berbagai toko oleh-oleh Indramayu.

3. Sirup Mangga

Sirup Mangga via BukalapakSirup Mangga via Bukalapak

Oleh-oleh khas Indramayu berikutnya adalah sirup mangga yang sangat fenomenal dan menjadi salah satu buruan wisatawan yang datang ke Indramayu.

Sebagai penghasil mangga, Indramayu banyak mengolah buah ini menjadi aneka varian minuman dan makanan. Sehingga buah ini memiliki nilai ekonomi yang lebih tinggi lagi.

Sirup mangga Indramayu sendiri diolah dari dari mangga gedong gincu yang diolah dengan menggunakan bahan alami tanpa pemanis buatan.

Cara pengolahannya yaitu dengan cara sederhana saja, buah mangga dikupas dan diblender sampai hancur kemudian diolah menjadi sirup. Untuk mendapatkan sebotol sirup mangga ini, kita hanya mengeluarkan kocep sekitar 20 ribu rupiah per botol.

4. Keripik Buah Mangga

Keripik Buah Mangga via TokopediaKeripik Buah Mangga via Tokopedia

Nah, satu lagi olahan buah mangga yang bisa kita jadikan oleh-oleh khas Indramayu, yaitu keripik buah mangga. Cukup unik memang, karena biasanya keripik terbuat dari ubi, namun karena stok yang melimpah, mangga juga diolah menjadi keripik lho.

Keripik buah mangga khas Indramayu ini lebih awet dan tahan lama, maka banyak diminati oleh banyak wisatawan sebagai oleh-oleh khas dari Indramayu yang layak untuk dijadikan buah tangan.

5. Rumbah

Rumbah via YoutubeRumbah via Youtube

Rumbah menjadi salah satu makanan favorit warga Indramayu.  Meski namanya belum begitu terkenal namun bagi warga section makanan ini selalu digemari.

Rumbah dibuat dengan berbagai campuran sayur seperti kangkung, tauge, kacang panjang yang disiram dengan bumbu atau kuah kacang yang dibuat dengan berbagai campuran bumbu khas yang lezat dan nikmat.

Rumbah mungkin hampir sama dengan pecel namun untuk rumbah menggunakan daun kangkung sebagai ciri khasnya.

Untuk mendapatkan sepiring rumbah sangat mudah, sebab di jalanan kota Indramayu banyak sekali warung – warung yang menyediakan hidangan yang satu ini.

6. Burbacek

Burbacek via BangoBurbacek via Bango

Ketika anda mengunjungi kota Indramayu sebaiknya mencicipi burbacek yang merupakan makanan khas Indramayu.

Untuk warga pendatang atau wisatawan mungkin makanan yang satu ini masih sedikit asing, namun bagi warga lokal burbacek merupakan makanan favorit.

Burbacek sendiri merupakan singkatan dari bubur rumba cecek atau krecek. Bubur dibuat dari nasi kemudian diberi campuran krecek atau cecek lalu diberi campuran cabai merah serta parutan kelapa agar rasanya semakin lezat.

Untuk mendapatkan semangkuk burbacek anda tidak perlu kesulitan sebab banyak sekali warung pinggir jalan yang menyedikan paper yang satu ini.

7. Koci

Koci vi SajiansedapKoci vi Sajiansedap

Satu lagi jajanan Indramayu  yang dibungkus dengan daun pisang. Oleh-oleh khas Indramayu ini bernama Koci. Jika dilihat sekilas kaci sama persis dengan nagasari.

Panganan ini dibungkus menggunakan daun pisang dengan bentuk yang sama pula, namun ketika kita mengunyahnya terasa perbedaan keduanya.

Sebab koci terbuat dari olahan tepung ketan yang dicampur dengan beberapa bahan lain seperti santan, gula pasir, serta daun pandan. Setelah itu dibungkus menggunakan daun pisang.

Bahan baku yang digunakanlah yang membedakan koci dan nagasari. Sehingga tekstur kue koci lebih kenyal dan nikmat jika dibanding dengan nagasari. Selain itu kue koci juga tidak menggunakan buah pisang matang sebagai isiannya.

8. Blengep Cotot

Blengep CototBlengep Cotot

Oleh-oleh khas Indramayu selanjutnya adalah Blengep cotot. Camilan tradisional yang banyak dibuat warga Indramayu ini terbuat dari bahan utama singkong yang kemudian dikupas lalu dicuci hingga bersih ini direbus selama 15 menit.

Langkah selanjutnya membuat isian atau inti dengan mencampurkan antara parutan kelapa dan gula merah. Langkah selanjutnya adalah membuat isian blengep bagian luar dengan cara, siapkan buah kelapa kemudian diiris kecil memanjang kemudian digoreng hingga berwarna kecoklatan.

Lalu diangkat dan diberi tambahan bawang goreng. Setelah singkong yang kita rebus sebelumnya matang bisa langsung ditumbuk halus lalu diberi isian kelapa parut setelah itu diberi taburan kelapa goreng dan bawang goreng.

9. Kerupuk Bonggol Pisang

Kerupuk Bonggol Pisang via AgrowindoKerupuk Bonggol Pisang via Agrowindo

Kalau sebelumnya adalah keripik yang terbuat dari mangga yang sudah terbilang cukup unik, kalau yang satu ini jauh lebih unik lagi, yaitu kerupuk terbuat dari bonggol pisang.

Siapa sangka ternyata bonggol pisang bisa diolah menjadi panganan enak yang bisa anda jadikan teman untuk makan nasi, bakso atau mie ayam.

Nah, kerupuk bonggol pisang yang terkenal gurih ini diramu oleh warga Indramayu tepatnya oleh pemuda di Desa Pringcala.

Kerupuk bonggol pisang ini non kolesterol, tanpa borax dan tanpa pemutih sehingga anda dijamin aman untuk mengkonsumsinya.

Anda bisa mendapatkan kerupuk bonggol pisang ini di berbagai toko oleh-oleh Indramayu dengan harga mulai dari Rp 12.000 per bungkusnya.

10. Geblog

GeblogGeblog

Di kota Indramayu terdapat sebuah makanan yang diberi nama cukup unik yaitu Geblog, namun di kawasan lain makanan ini lebih dikenal sebagai gemblong.

Namun sayangnya makanan tradisional ini sudah cukup sulit ditemukan. Hanya di kawasan tertentu saja anda bisa menikmati lezatnya kue geblog.

Jika anda kesulitan mendapatkan camilan yang satu ini anda bisa mencoba membuatnya sendiri karena caranya sangat sederhana.

Pertama kupas singkong lalu cuci bersih. Setelah peras parutan singkong untuk menghilangkan rasa pahit yang dihasilkan. Kemudian beri campuran gula merah, parutan kelapa, garam, gula pasir serta daun pandan.

Jika dirasa adonan terlalu keras bisa ditambahkan aerial secukupnya. Bentuk adonan seperti telur atau bulat oval dan jangan lupa diberi isian gula merah. Setelah itu goreng hingga matang.

11. Karedok

KaredokKaredok

Karedok cukup banyak dijual di kawasan Indramayu. Biasanya oleh warga section makanan ini dijadikan untuk paper sarapan. Karedok sendiri hampir sama dengan gado – gado.

Yang membedakan keduanya adalah sayuran yang digunakan, jika gado – gado dibuat dari campuran sayuran yang direbus terlebih dahulu lalu disiram bumbu kacang dan diberi topping kerupuk.

Maka karedok terbuat dari campuran sayuran mentah lalu disiram saus kacang dan diberi topping kerupuk dan bawang goreng. Beberapa sayur mentah yang sering digunakan untuk membuat karedok seperti kubis, kacang panjang, tauge, mentimun dan terong.

12. Pedesan Entok

Pedesan EntokPedesan Entok

Jika anda pecinta daging entog yang tengah berada di kota Indramayu, jangan lupa untuk icip – icip pedesan entok yang dijamin enak dan lezat.

Beberapa warung atau rumah makan yang berada di sekitar kota Indramayu banyak sekali yang menyajikan olahan dari entok ini. Rasanya yang pedas semakin digemari.

Selain menggunakan bahan utama yang berupa daging entok, masakan ini juga diberi beberapa bumbu dan rempah pilihan seperti cabai merah, tomat, daun bawang, daun jeruk, serai, bawang putih, bawang merah, kunyit, lengkuas, kemiri, garam serta diberi aerial bersih secukupnya.

Pertama kita rebus daging entok hingga lembut lalu bumbu yang telah disiapkan dihaluskan dan ditumis hingga harum, lalu dicampur dengan daging entok dan diberi tambahan kecap manis untuk penyeimbang rasa.

13. Dodol Pelem

Dodol Pelem via BlanjaDodol Pelem via Blanja

Jika biasanya dodol dibuat dari campuran tepung dan gula merah, maka di kawasan Indramayu anda bisa merasakan olahan dodol dengan rasa yang khas yaitu pelem atau buah mangga.

Banyaknya produksi buah mangga di kawasan ini membuat banyak orang mulai berkreasi untuk mengolah buah mangga.

 Rasanya bukan hanya kenyal dan manis seperti dodol pada umumnya namun tambahan buah mangga membuat rasanya semakin enak dan lezat.

Bahkan dodol palem atau dodol mangga kreasi kota Indramayu ini sudah banyak dijual di kawasan lain. Maka jangan sampai ketinggalan berburu dodol pelem saat mengunjungi kota ini.

14. Wedang Sereh

Wedang SerehWedang Sereh via Cookpad

sereh atau sirih ternyata bukan hanya baik untuk membunuh kuman dan bakteri, namun juga cocok sekali dijadikan minuman penyehat tubuh.

Seperti di kawasan Indramayu yang menggunakan daun sirih sebagai bahan dasar pembuat minuman yaitu wedang sereh.

Wedang ini cukup digemari oleh warga lokal terutama bagi mereka yang suka nongkrong di malam hari saat udara terasa dingin karena mampu menghangatkan tubuh.

15. Cuwing

CuwingCuwing

Satu lagi minuman khas Indramayu yang digemari banyak orang, selain ada wedang sereh terdapat pula cuwing ang dijadikan minuman yang menyegarkan.

Cuwing sendiri hampir sama dengan daun cincau. Hanya saja daun cuwing ini berwarna hijau, sedangkan daun cincau berwarna hitam.

Setelah daun cuwing dicuci bersih kemudian diremas dan dibiarkan beberapa lama hingga mengental atau berbentuk seperti jeli.

Cuwing yang sudah siap pakai diberi campuran santan, gula merah cair serta es yang diserut. Cuwing bukan hanya menyegarkan namun juga menyehatkan karena memiliki banyak kandungan vitamin didalamnya.

16. Orog – orog

Orog – orog via BeritaindramayuOrog – orog via Beritaindramayu

Satu lagi jajanan atau oleh-oleh khas Indramayu yang wajib dibawa pulang untuk keluarga serta teman di rumah, yaitu orog – orog.

Makanan ini terbuat dari bahan dasar tepung beras lalu diberi campuran gula merah serta parutan kelapa. Orog – orog sebenarnya sudah ada sejak lama dan merupakan salah satu makanan tradisional yang awalnya hanya dibuat pada acara tahlilan atau pada waktu tujuh hari orang meninggal.

Namun melihat cukup banyak penggemar orog – orog sehingga sudah dibuat dan dijual di toko jajanan.

17. Wajik

WajikWajik

Wajik merupakan salah satu oleh-oleh khas Indramayu yang terbuat dari bahan yang cupu unik yaitu parutan kelapa dan gula merah yang dipadatkan.

Sehingga wajik khas ini sangat berbeda dengan wajik yang dibuat wilayah lain. Tentu saja untuk rasa dan bentuk juga berbeda.

Jika penasaran dengan rasa wajik khas Indramayu ini anda bisa langsung berburu oleh-oleh di kedai atau warung yang ada di sekitar Indramayu

18. Mie Ragit

Mie RagitMie Ragit

Bagi pecinta mie belum lengkap rasanya jika belum menikmati mie khas Indramayu yaitu mie ragit. Mie ragit memiliki rasa yang sangat enak dan dibuat dengan kuah yang khas dan  tidak ada di daerah lain yaitu menggunakan kuah sayur santan udang yang diberi bubur atau rempah khusus lalu diberi irisan telur.

Bagi warga lokal mie ragit merupakan makanan pada saat bulan puasa, tidak heran jika bulan ramadhan banyak sekali pedagang yang menjual mie ragit.

19. Bubur Gintir

Bubur Gintir via DetikBubur Gintir via Detik

Bubur Gintir yang banyak dijual di Indramayu bisa dijadikan salah satu alternatif pilihan berbelanja oleh-oleh. Bubur ini dibuat dari tepung beras yang dibentuk bulat lalu direbus dengan gula merah hingga matang.

Kemudian untuk penyajiannya disiram dengan kuah santan sehingga rasanya sangat legit. Oleh warga lokal biasanya bubur gintir ini dijadikan makanan utama ketika petani akan memanen padi dan dibagikan kepada tetangga sebagai bentuk rasa syukur karena hasil panen yang melimpah.

20. Cimplo

Cimplo via TwitterCimplo via Twitter

Oleh-oleh khas Indramayu selanjutnya adalah cimplo. Makanan dibuat dari bahan dasar tepung beras ketan, gula putih, ragi serta singkong.

Setelah adonan selesai bisa langsung dicetak berbentuk bulat dan disiram dengan gula merah yang dicairkan. Selain itu diberi tambahan lain seperti parutan serta santan kelapa sehingga rasanya semakin enak.

Namun sayangnya cimplo hanya bisa dinikmati pada waktu – waktu tertentu, karena masyarakat lokal meyakini bahwa cimplo merupakan makanan penolak bala.

21. Petis

PetisPetis

Jika di kawasan lain petis biasa diolah dengan tahu dan bercita rasa khas. Ternyata di Indramayu petis bukan disajikan bersama tahu, namun petis encer akan disajikan bersama dengan ikan pindang dan dimakan bersama lontong pada saat sarapan di pagi hari.

22. Lepet

Lepet via IndonesiakayaLepet via Indonesiakaya

Lepet yang dibuat oleh masyarakat lokal Indramayu berisi kacang tolo kemudian dibungkus menggunakan daun pisang maupun daun kelapa.

Bahan dasar pembuat lepet adalah beras ketan putih, sehingga banyak yang menyebutnya sama dengan lemper. Untuk mendapatkan lepet anda bisa menemukannya dengan mudah di pasar – pasar tradisional maupun warung pinggir jalan.

23. Dongkal

Dongkal via Budaya IndonesiaDongkal via Budaya Indonesia

Di jalanan kota Indramayu banyak sekali warung – warung yang menjual dongkal. Makanan ini menjadi salah satu makanan khas yang wajib anda bawa pulang.

Jajanan ini terbuat dari olahan tepung beras yang dicampur dengan sagu, gula merah, serta diberi parutan kelapa. Untuk menikmati dongkal anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang karena harganya sangat terjangkau.

24. Emping Melinjo

Emping Melinjo via BukalapakEmping Melinjo via Bukalapak

Siapa yang tidak mengenal makanan khas Indonesia ini, rasanya yang khas menjadi favorit banyak orang. Kerupuk melinjo atau emping melinjo terbuat dari buah melinjo.

Kerupuk yang satu ini juga bisa ditemukan di kota Indramayu dengan mudah dan menjadi oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Untuk varian rasa juga bervariasi, selain original terdapat banyak rasa baru seperti pedas, manis, keju, dan lainnya.

25. Kerupuk Udang

Kerupuk Udang via ShopeeKerupuk Udang via Shopee

Salah satu location manufacture yang ada di kota Indramayu tepatnya di kawasan Desa Dukuh memproduksi kerupuk udang yang lezat.

Kemudian kerupuk udang yang dihasilkan di jual di beberapa wilayah lain terutama di pusat kota Indramayu, untuk memudahkan para wisatawan untuk membeli kerupuk udang tersebut sebagai cinderamata untuk kerabat di rumah.

26. Terasi

Terasi via BukalapakTerasi via Bukalapak

Sambal terasi yang di produksi khusus di Indramayu bisa menjadi pilihan anda saat berburu oleh-oleh.. meskipun aroma dari terasi ini sangat menyengat, namun untuk rasanya tidak perlu diragukan lagi.

Terasi bisa dijadikan campuran beberapa masakan, salah satu olahan dari terasi yang paling terkenal adalah sambal terasi, serta tumis kangkung sambal terasi. Silahkan mengunjungi toko pusat oleh-oleh khas Indramayu untuk membeli terasi udang asli

27. Kerupuk Kulit Ikan

Kerupuk Kulit Ikan via BukalapakKerupuk Kulit Ikan via Bukalapak

Selain kerupuk udang, warga Indramayu juga mengolah kerupuk kulit. Jika pada umumnya  kerupuk kulit dibuat dari kulit sapi, kambing atau kerbau, maka lain halnya dengan kota Indramayu yang menggunakan kulit ikan sebagai bahan dasarnya.

28. Keripik Tike

Keripik Tike via FreedramKeripik Tike via Freedram

Tahukah anda jika rumput teki bisa dijadikan olahan makanan yang lezat? Bukan hanya bisa dijadikan judul lagu saja, namun kerupuk teki ini diolah menjadi keripik tike oleh penduduk Indramayu.

Rumput teki ini diambil bagian umbinya lalu disangrai, setelah itu dipipihkan seperti saat membuat kerupuk melinjo.  Setelah siap dipipihkan bisa langsung dijemur di bawah sinar matahari sebelum nantinya digoreng garing.

29. Aneka Ikan Asin

Aneka Ikan AsinAneka Ikan Asin

Indramayu ternyata bukan hanya terkenal akan sentra buah mangga, namun juga kaya akan hasil laut karena terletak di pesisir pantai utara Jawa.

Banyaknya hasil tangkapan laut terutama jenis ikan membuat harganya sangat murah sehingga mereka mencoba mendapatkan nilai yang lebih tinggi dengan membuat ikan asin. Selain itu ikan asin juga memiliki umur simpan yang lebih lama.

30. Ikan Asin Jambal Roti

Ikan Asin Jambal Roti via TokopediaIkan Asin Jambal Roti via Tokopedia

Ikan asin jambal roti yang dihasilkan penduduk Indramayu sangat terkenal, tidak heran jika para wisatawan yang datang ke kawasan ini berlomba – lomba membeli ikan asin jenis ini.

Rasanya yang khas dan lezat menjadikan favorit warga lokal dan wisatawan yang datang. Meski tergolong sebagai ikan asin, namun jangan dianggap remeh karena dijual dengan harga yang cukup tinggi, hingga ratusan ribu perkilonya.

Selain itu harganya yang mahal juga disebabkan pasokan bahan baku yang sangat terbatas, seperti ikan ikan mayung da kadukang.

31. Dodol Gula Merah

Dodol Gula Merah via budayaindonesiaDodol Gula Merah via budayaindonesia

Ketika mengunjungi Indramayu jangan lupa untuk membeli dodol gula merah untuk dibawa pulang dan dibagikan dengan tetangga serta saudara.

Dijamin anda tidak akan menyesal karena memang rasanya yang enak dan lezat menjadi jaminan. Cara membuat dodol gula merah ini memakan waktu yang cukup lama dan membutuhkan banyak tenaga untuk mengaduknya.

32. Dodol Lolos

Dodol LolosDodol Lolos via Warisanbudayanusantara

Satu lagi jenis dodol yang terkenal di Indramayu yaitu dodol lolos. Untuk jenis dodol yang satu ini cukup berbeda dari dodol pada umumnya yang memiliki tekstur kering serta kenal. Dodol lolos dibuat dengan tekstur yang agak basah kemudian diberi topping berupa ampas santan yang menggumpal.

33. Serabi

Serabi via BudayaindonesiaSerabi via Budayaindonesia

Untuk membuat serabi khas Indramayu masih menggunakan cara lama atau cara tradisional, yaitu menggunakan cetakan tanah liat yang diletakkan di atas tungku batu bara sehingga memiliki aroma dan rasa yang lebih nikmat.

Untuk bahan dasar serabi Indramayu sendiri sama dengan serabi jenis lainnya yaitu menggunakan tepung beras dan disantap bersama gula merah cair.

34. Glintir

GlintirGlintir

Oleh-oleh khas Indramayu yang satu ini cukup unik. Terbuat dari bahan dasar tepung beras ketan yang digunakan untuk membuat candilnya.

Makanan ini biasa disebut glintir. Kemudian buburnya dibuat dari tepung beras. Kedua bahan akan dicampur dengan santan sebagai kuah dan gula merah sebagai pemanis. Selain itu menggunakan daun pandan untuk menciptakan aroma yang khas dan wangi.

35. Ketan Tutu

Ketan TutuKetan Tutu

Ketan tutu merupakan salah satu oleh-oleh khas Indramayu selanjutnya. Makanan ini terbuat dari bahan utama tepung ketan putih yang dibentuk menyerupai persegi panjang.

Untuk menikmati ketan tutu bisa langsung memakannya atau untuk menambah cita rasa bisa dibakar terlebih dahulu hingga aroma dan rasanya lebih nikmat.

36. Jalabiya

JalabiyaJalabiya via Bloggermangga

Jalabiya khas Indramayu ada yang terbuat dari ketan hitam serta ketan putih. Untuk rasa sama enaknya dan bisa disesuaikan dengan selera anda.

Kue jalabia ini bentuknya bulat dengan bagian tengah bolong atau lebih menyerupai cincin kemudian diberi taburan gula putih atau gula merah.

37. Kue Cikak

Kue CikakKue Cikak

Kue cikak menjadi salah satu oleh-oleh khas Indramayu yang memiliki rasa manis menggoda. Kue ini disajikan menggunakan alas daun pisang yang berbentuk bulat dan diberi warna merah merona membuat siapa saja tergoda untuk menyantapnya.

Kue ini terbuat dari tepung ketan yang diberi isian kacang hijau. Untuk mendapatkan kue cikan anda bisa mencoba menyusuri jalanan kota Indramayu.

38. Blencong

BlencongBlencong

Kue khas Indramayu ini memiliki bentuk yang unik yaitu menyerupai kerucut dan mirip dengan kukusan. Jajanan ini dibuat dari beras ketan dan diberi campuran parutan kelapa. Silahkan mengunjungi warung – warung yang ada di pinggir jalan jika ingin membeli blencong sebagai oleh-oleh.

39. Pindang Gombyang Manyung

Pindang Gombyang Manyung via Liputan6Pindang Gombyang Manyung via Liputan6

Makanan selanjutnya yang berasal dari Indramayu terbuat dari bahan dasar ikan pindang yang sudah diolah sedemikian rupa agar memiliki rasa yang lebih enak.

Ikan pindang yang digunakan adalah ikan mayung itulah sebabkan oleh-oleh khas Indramayu yang satu ini disebut pindang Gobyang Mayung.

Untuk cita rasa yang dihasilkan dari masakan khas Indramayu ini cukup beragam, yaitu menggabungkan antara pedas, gurih serta asam sehingga nikmat sekali di mulut terutama saat disantap bersama keluarga karena memang ikan pindang ini cocok sekali dijadikan lauk sehari – hari.

40. Kaos Kafka Indramayu

Kaos Kafka IndramayuKaos Kafka Indramayu

Salah satu buah tangan yang biasanya dibawa pulang oleh wisatawan adalah kaos khas daerah tersebut. Nah, kalau ke Indramayu, untuk mendapatkan aneka kaos khasnya, anda bisa mampir ke Kaos Kafka.

Kaos Kafka sendiri sangat terkenal sebagai pusat oleh-oleh berupa baju dengan desain unik khas Indramayu. Kaos Kafka sendiri mengusung tema Indamayu yang kekinian. Dengan modal yang kekinian serta harga yang terjangkau membuat kedai baju ini selalu laris manis.

Lokasi Kaos Kafka ini ada di Jalan Tridaya Barat Kelurahan Karanganyar di Kabupaten Indramayu. Untuk masalah harga kasonya sendiri, Kaos Kafka biasanya mematok harga dikisaran Rp 70.000, sedangkan untuk kaos lengan panjang dikenakan tambahan biaya Rp 5.000.

41. Nagasari

Nagasari via BudayaindonesiaNagasari via Budayaindonesia

Nagasari merupakan jajanan pasar yang banyak dibuat oleh warga Indramayu. Meski nagasari bukan hanya bisa ditemukan di Indramayu karena memang jajanan yang satu ini cukup populer di Indonesia, namun rasa nagasari khas Indramayu ini sangat khas an lebih legit.

Dengan begitu nagasari bisa menjadi salah jajanan pilihan saat anda mengunjungi kota ini. Untuk membuat nagasari  sangat mudah.

Beberapa bahan utama pembuat nagasari seperti tepung beras, santan kelapa, gula pasir serta diberi pewangi berupa daun pandan agar nagasari beraroma wangi pandan. Setelah adonan selesai dibuat bisa langsung dibungkus daun pandan dan diberi isian pisang.

42. Nasi Lengko

Nasi LengkoNasi Lengko via Cookpad

Oleh-oleh khas Indramayu yang pertama adalah nasi lengko. Sajian nasi lengko cocok sekali dikonsumsi anda yang sedang fare karena makanan ini renah kolesterol serta rendah lemak.

Sepiring nasi lengko berisi nasi dengan lauk berupa sayur mayur, mentimun, tauge, tahu goreng, tempe goreng, serta taburan bawang goreng.

Sebagai kuah atau saus menggunakan bumbu kacang serta diberi kecap manis agar rasanya lebih nikmat ketika disajikan. Bagi seorang vegetarian, cocok sekali menjadikan nasi lengko sebagai paper makan siang. Selain mengenyangkan juga sangat menyehatkan.

43. Blendung Jagung

Blendung Jagung via HaipediaBlendung Jagung via Haipedia

Blendung jagung bisa menjadi salah satu pilihan oleh-oleh ketika anda mengunjungi kota Indramayu, Jawa Barat. Makanan khas yang terbuat dari jagung ini diberi campuran bumbu dan rempah pilihan sehingga menghasilkan kombinasi rasa yang enak.

Cara membuat blendung jagung ini juga sangat mudah, pertama siapkan beberapa buah jagung tua lalu rebus hingga benar – benar matang, bahkan hingga jagung sedikit mengelupas, sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk merebusnya.

Setelah jagung benar – benar matang lalu angkat dan pisahkan dari bonggolnya. Untuk penyajian blending jagung menggunakan daun pisang lalu diberi siraman parutan kelapa dan gula merah atau gula putih.

***

Demikian artikel mengenai deretan oleh-oleh khas Indramayu yang bisa anda jadikan buah tangan untuk orang tercinta. Selamat berburu oleh-oleh untuk dibawa pulang. Sekian dan terima kasih.

Baca juga: Oleh-oleh Khas Garut