free web page counters

24 Oleh-oleh khas Cianjur yang Wajib Dibawa Pulang, Makanan & Minuman

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Oleh-oleh Khas Cianjur – Cianjur merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat yang memiliki cukup banyak makanan khas. Keanekaragaman kuliner yang ada turut dimanfaatkan pelancong yang datang untuk berburu oleh – oleh.

Untuk mendapatkan oleh – oleh yang lezat yang mampu menggoyang lidah anda bisa langsung saja mengunjungi pasar – pasar tradisional serta toko pusat oleh – oleh yang bisa ditemukan di sepanjang kota Cianjur.

Untuk memudahkan para pelancong atau pengunjung kota Cianjur saat berburu oleh – oleh, maka kami membuat beberapa rekomendasi makanan khas yang ada di kota Cianjur untuk dijadikan pilihan berbelanja anda. Bagi yang penasaran bisa langsung saja simak ulasan di bawah ini.

Daftar Oleh-oleh khas Cianjur

Saat berada di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat angan hanya sibuk berburu objek wisata untuk dikunjungi, namun berwisata kuliner di kota ini juga tidak kalah menyenangkan, karena kota ini memiliki cukup banyak makanan khas yang bisa dijadikan oleh – oleh untuk keluarga di rumah. Penasaran dengan daftar oleh – oleh khas Cianjur, silahkan lihat ulasan berikut ini:

1. Roti Manis Tan Keng Cu

Roti Manis Tan Keng CuRoti Manis Tan Keng Cu

Saat berada di kota Cianjur jangan lupa mampir ke kedai roti manis yang sangat melegenda, karena sudah ada sejak tahun 1926 silam. Bagi penduduk lokal roti manis Tan Keng Cu menjadi salah satu makanan favorit.

Maka tidak ada salahnya jika anda ikut mencicipi rasa roti manis yang pastinya mampu menggugah selera karena proses pembuatannya masih menggunakan cara tradisional yaitu menggunakan batu bara, sehingga rasa dan aroma yang muncul memiliki keunikan dan kekhasan tersendiri.

Untuk anda yang mau beli oleh-oleh khas Cianjur yang satu ini langsung saja meluncur ke TKP yang ada di jln.HOS Cokroaminoto No.95, Muka, Cianjur. Berbagai kue lezat bisa anda dapatkan di toko bakery ini dengan harga kisaran dari Rp.2.500-Rp.5.000/bungkusnya.

2. Laksa Cianjur

Laksa Cianjur via IG @visitcianjurLaksa Cianjur via IG @visitcianjur

Oleh-oleh khas Cianjur selanjutnya adalah laksa Cianjur. Meski laksa cukup mudah ditemukan di wilayah lain, namun laksa Cianjur memiliki rasa yang khas dan unik.

Makanan ini pun semakin digemari bukan hanya oleh warga section namun juga bagi para pelancong yang datang. Makanan yang didominasi mie ini dibuat dengan tambahan bumbu khas sehingga sup yang dihasilkan sangat lezat dan pasti membuat ketagihan.

Belum lagi bahan tambahan lain membuat rasa laksa Cianjur semakin berbeda dari kawasan lain. Untuk mendapatkan semangkuk laksa anda bisa datang ke kawasan jalan Mokhamad Ali.

3. Mie Ayam Mang Memed

Mie Ayam Mang Memed via Ig @mark_lamohMie Ayam Mang Memed via Ig @mark_lamoh

Untuk pecinta mie anda bisa mencoba mie ayam Mang Memed yang ada di kawasan kota Cianjur.  Toko mie ayam yang satu ini menjadi salah satu toko incaran warga lokal maupun warga pendatang.

Bukan hanya sedap dimakan langsung namun cocok juga dijadikan oleh – oleh untuk keluarga. Namun saat anda memesan untuk dibawa pulang pastikan tidak mencampurkan kuah dengan mie dan ayam.

Mie ayam Mang Memed ini berada di dekat toko roti manis Tan Keng Cu, dengan begitu anda bisa membeli dua jenis oleh-oleh khas Cianjur sekaligus. Untuk harga perporsinya yaitu mulai dari Rp 9Kan.

4. Geco

Geco via IG @tammumaulanyGeco via IG @tammumaulany

Geco yang merupakan singkatan dari tauge dan tauco ini menjadi salah satu oleh-oleh khas Cianjur yang mudah sekali ditemukan. Sebagai informasi, makanan ini hampir sama dengan kupat tahu.

Yang membedakan keduanya hanya pada sajian sause tauconya saja. soal rasa geco tidak kalah dari makanan lain yang ada di Cianjur.

Untuk sepiring gaco atau tauge dan tauco bisa dibeli dengan harga yang relatif murah dan pasti bisa mengenyangkan perut anda yang lapar. Selain itu makanan ini juga cocok dijadikan santapan bersama keluarga tercinta di rumah.

5. Sate Ayam Bumi Nini

Sate Ayam Bumi Nini via IG @achielsebastianSate Ayam Bumi Nini via IG @achielsebastian

Mengunjungi kota Cianjur yang dingin cocok sekali jika menyantap makanan yang hangat, salah satunya adalah sate ayam. Salah satu sate ayam yang cukup terkenal di Cianjur adalah sate ayam Bumi Nini.

Untuk mendapatkan seporsi sate ayam yang cukup digemari ini anda bisa datang langsung ke kawasan jalan Raya Puncak Cisarua KM 81. Sate ayam akan terasa lebih nikmat jika disantap dalam kondisi hangat.

Anda juga bisa memesan makanan tambahan agar terasa lebih kenyang seperti lontong dan keripik yang juga tersedia di toko sate ayam ini.

6. Kentang Stik

Kentang Stik via tribunnewscomKentang Stik via tribunnews.com

Rekomendasi oleh-oleh khas Cianjur selanjutnya adalah kentang stik. Kentang stik yang ada di kota Cianjur ini digoreng dengan tambahan bumbu khas sehingga memiliki rasa yang lebih nikmat.

Untuk membuat kentang stik ini cukup mudah, anda bisa menyiapkan beberapa buah kentang kemudian kupas dan cuci bersih.

Langkah selanjutnya iris kentang memanjang seperti stik kemudian diberi bumbu pilihan, setelah itu kentang siap digoreng hingga garing.

Kentang stik pasti akan menjadi makanan favorit anak – anak di rumah, terlebih lagi diberi cocolan saus pedas maupun mayones. Salah satu toko yang menjual kentang stik berada di jalan Yulius Usman Cianjur.

Untuk kentang stik yang dijual memiliki banyak sekali varian rasa, mulai dari original, keju, gurih serta masih banyak lagi yang lainnya.

7. Asinan dan Manisan Buah

Asinan dan Manisan BuahAsinan dan Manisan Buah

Asinan dan manisan buah yang ada di kota Cianjur menjadi salah satu oleh – oleh yang banyak diburu para pelancong. Rasanya yang segar membuat banyak orang menyukai makanan yang satu ini.

Untuk membuat asinan dan manisan buah cukup mudah, pertama pilihlah jenis buah yang anda suka kemudian campur menjadi satu di dalam baskom atau wadah, setelah itu kita bisa langsung menyiramnya dengan kuah asinan yang dibuat dengan bumbu khusus dan khas.

Karena letak Cianjur dan Bogor berdekatan dan masih salam satu Provinsi itulah yang menyebabkan kuliner yang ada hampir sama, salah satunya asinan Bogor dan asinan Cianjur.

Beberapa buah dan sayur yang sering digunakan untuk membuat asinan adalah salak, kedondong, mangga, bayam, sawi, terong dan masih lainnya.

8. Batagor Cianjur

Batagor Cianjur via IG @titiptamaraBatagor Cianjur via IG @titiptamara

Meski batagor identik dengan kota Bandung, namun di kawasan Cianjur makanan yang satu ini juga sangat mudah ditemukan.

Bahkan batagor Cianjur menjadi salah satu kuliner yang digemari banyak orang, bukan hanya warga lokal namun banyak pula pengunjung yang penasaran dengan rasanya.

Bumbu kacang yang disiram ke tahu dan aci memang menjadi salah satu primadona. Makanan ini juga cukup populer di kalangan mahasiswa dan anak sekolah. Untuk sepiring atau sebungkus batagor Cianjur hanya dijual 5.000 rupiah

9. Tauco

Tauco Cianjur via dpmptsp.cianjurkab.goidTauco Cianjur via dpmptsp.cianjurkab.go.id

Ketika anda mengunjungi jalan HOS Cokroaminoto, Cianjur jangan lupa untuk mampir ke kedai atau rumah produksi  nyonya Tasma yang memproduksi Tauco Cap Meong.

Tauco yang merupakan salah satu oleh-oleh khas Cianjur buatan nyonya Tasma merupakan makanan yang legendaris sudah ada sejak tahun 1880an menggunakan bahan dan cara yang sama sehingga hingga kini tidak kehilangan penggemarnya, karena rasa yang disajikan sangat menggoda.

Aroma harus dari tauco membuat siapa saja ingin mencicipinya, belum lagi selalu disajikan dengan wadah kuali tanah liat saat panas dan dijual dengan harga 15 ribu per botol

10. Moci

MociMoci

Moci Cianjur menjadi salah satu oleh – oleh yang bisa anda bawa pulang untuk teman atau keluarga tercinta. Selain rasanya enak harganya juga murah, yaitu hanya dijual 4 hingga  5 ribu yang ditaruh di dalam kotak kecil yang diberi nama besek atau kotak dari bambu.

Untuk membuat kue moci cukup mudah, campurkan kacang tanah dan terigu kemudian dilumuri gula halus dan diolah dengan cara khusus sehingga menghasilkan rasa kue moci yang nikmat.

11. Roti Popon

Roti PoponRoti Popon

Di sekitar alun – alun kota Cianjur, tepatnya di jalan raya dari arah bandung terdapat sebuah toko tua yang menjual makanan khas dengan rasa yang nikmat dan diberi nama roti popon.

Meski toko tua ini tidak memiliki plang namanya namun soal rasa tidak perlu diragukan lagi. setiap hari terlihat antrian pembeli.

Proses pembuatannya masih dilakukan secara tradisional atau homemade yang menawarkan dua varian rasa andalan yaitu pisang coklat serta coklat. Meski dibuat dengan cara sederhana namun tidak kalah dengan roti buatan bakery.

12. Bubur Cianjur

Bubur Cianjur via IG @jessika_gohBubur Cianjur via IG @jessika_goh

Oleh-oleh khas Cianjur selanjutnya adalah bubur Cianjur yang dijual di sekitar alun – alun Cianjur. Bubur cianjur dibuat dari olahan beras yang dimasak sangat lembut kemudian diberi tambahan kacang, suwiran daging ayam, bawang goreng, serta kerupuk, dengan rasa yang lebih gurih dan tidak encer.

Yang membuat bubur Cianjur berbeda adalah tambahan potongan jeroan ayam seperti usus, ati, serta ampela yang dibuat dengan bumbu khusus yaitu bumbu berwarna kuning.

Selain itu bubur Cianjur juga dilengkapi gorengan risol. Untuk harga semangkuk bubur hanya dibanderol 5 ribu rupiah, dengan harga lauknya terpisah.

13. Nasi Pepes khas Cianjur

Nasi Pepes khas Cianjur via IG @beebean_miumiuNasi Pepes khas Cianjur via IG @beebean_miumiu

Jika di kawasan lain pepes biasa dibuat dari ikan yang diberi bumbu pepes, namun berbeda dengan kawasan Cianjur yang menjadikan nasi sebagai pepes. Hal inilah yang membuat nasi pepes dari Cianjur special.

Rasanya sangat lezat dengan aroma yang sangat wangi. Untuk dominan rasa lebih gurih dan diberi tambahan kaldu ayam.

Cara membuat nasi pepes cukup sederhana, pertama nasi di masak atau diaron setelah itu diangkat dan diberi ayam beserta bumbu pepes yang khas kemudian dibungkus dengan daun pisang setelah itu baru di pepes hingga matang.

14. Sate Maranggi

Sate Maranggi via IG @richards_hdSate Maranggi via IG @richards_hd

Di jalan Raya Cipanas yang menjadi perbatasan antara Cianjur dan bogor atau dekat pertigaan Cipendawa  terdapat kedai yang menjual makanan khas Cianjur yaitu sate maranggi.

Sate maranggi memiliki rasa yang spesial meski dibuat dengan cara sederhana, yaitu bumbu bacem yang dibalurkan pada sate yang dibuat dari olahan daging sapi setelah itu dibakar layaknya membuat sate pada umumnya.

Setelah sate matang dan bumbu benar – benar meresap angkat kemudian siap disantap bersama keluarga. Untuk mendapatkan sepiring sate maranggi anda harus bersabar menunggu hingga tengah malam karena pedagang sate hanya berjualan di malam hari dengan harga pertusuknya 2.500 dan siap disantap bersama nasi yang dibungkus dengan daun pisang yang dibandrol 2.500 per bungkus.

15. Keripik Singkong

Keripik Singkong via IG @keripikpedaslmarthaKeripik Singkong via IG @keripikpedaslmartha

Keripik singkong khas Cianjur bisa menjadi salah satu alternatif pilihan oleh – oleh untuk keluarga. Makanan yang terbuat dari singkong ini memang menjadi favorit banyak orang.

Untuk membuat keripik singkong sangat sederhana. Pertama kupas singkong setelah itu cuci bersih dan diiris tipis. Setelah itu siap digoreng hingga matang dan renyah. Untuk harga sebungkus keripik singkong cukup bervariasi tergantung dari ukuran.

16. Bandrek khas Cianjur

Bandrek khas Cianjur via IG @otakngunyahBandrek khas Cianjur via IG @otakngunyah

Udara Cianjur yang cukup dingin akan terasa syahdu ketika meneguk segelas bandrek  yang terbuat dari jahe dan rempah rempah lainnya. rasa pedas dari jahe memang dipercaya mampu menghangatkan tubuh.

Terutama ketika anda berjalan di malam hari. Bandrek yang banyak dijual di jalanan kota Cianjur ini memang selalu diburu terutama bagi kaum lelaki yang menghabiskan malam bersama teman – teman sambil ngobrol santai.

Minuman bandrek ini dibuat dari jahe dan beberapa rempah pilihan setelah itu campur dengan kayu manis dan gula aren membuat rasanya sangat khas dan tradisional.

17. Tauco Cookies

Tauco Cookies via dwigiecomTauco Cookies via dwigie.com

Jika biasanya tauco dijual dalam bentuk per botol, namun berbeda oleh-oleh khas Cianjur yang satu ini. Tauco cookies merupakan inovasi terbaru dari tauco.

Tauco dikombinasikan dengan tepung dan berbagai bahan lainnya berubah menjadi kue nan lezat dengan rasa yang unik.

Bukan hanya rasa original namun beberapa varian rasa kekinian juga bisa anda nikmati, mulai dari coklat, original, pisang coklat hingga kurma. Kue yang oleh warga lokal sering dijadikan camilan lebaran ini di hargai 30 ribu rupiah untuk 1 toplesnya.

18. Pesmol Kembung

Pesmol Kembung via IG @melyzebuaPesmol Kembung via IG @melyzebua

Oleh-oleh khas Cianjur selanjutnya adalah pesmol kembung. Makanan ini terbuat dari gorengan ikan kembung ini dibuat dengan bumbu khusus.

 Pertama – tama siapkan ikan kembung lalu diberi perasan aerial jeruk nipis dan garam, kemudian ikan kembung siap digoreng hingga matang namun jangan terlalu kering.

 Langkah selanjutnya haluskan bumbu pilihan kemudian ditumis hingga harum. Jangan lupa untuk memasukkan daun jeruk dan daun salam setelah itu masukkan 150 ml aerial serta tambahkan garam, gula serta kaldu penyedap kemudian masak hingga airnya mendidih.

Setelah itu masukkan ikan kembung dan masak hingga kuah menyusut dan rasanya dikira sudah pas. Setelah matang pesmol kembung siap disantap.

19. Ikan Bakar khas Cianjur

Ikan Bakar khas Cianjur via IG @lysa_tangkulungIkan Bakar khas Cianjur via IG @lysa_tangkulung

Kota Cianjur juga memiliki ikan bakar khas dengan rasa spesial. Bahkan ikan bakar Cianjur ini sudah terkenal hingga ke wilayah lain yang ada di Indonesia.

Maka ketika mengunjungi kota Cianjur jangan sampai melewatkan makanan yang satu ini. Ikan bakar yang tersedia diolah dari berbagai ikan pilihan, jadi anda bisa memilih sesuai selera ikan tawar apa yang ingin dipesan, mulai dari ikan mas, ikan nila, ikan mujair dan masih banyak ikan lainnya. Ikan bakar Cianjur cocok sekali disantap dengan nasi hangat, sambal beserta lalapan.

20. Sambel Hejo

Sambel Hejo via IG @sambelhejo_Sambel Hejo via IG @sambelhejo_

Sambel hejo, mungkin kita agak asing mendengar nama makanan yang satu ini. Hejo merupakan sambel ijo atau sambel hijau yang terbuat dari cabai rawit hijau, yang diolah dengan bahan lain seperti tomat hijau, kencur serta garam.

Untuk membuat sambel hejo kita bisa langsung rebus semua bahan dasar setelah matang ulek hingga lembut. Untuk rasa bisa disesuaikan dengan selera.

21. Beras Pandanwangi

Beras Pandanwangi via IG @bahagiaintibogaBeras Pandanwangi via IG @bahagiaintiboga

Sejak tahun 1973 di kota Cianjur memiliki beras khas section yaitu beras pandanwangi. mengapa disebut beras pandan wangi, sebab ketika dimasak nasi yang dihasilkan akan mengeluarkan wangi pandan yang khas.

Karena rasa dan aromanya yang spesial tidak heran jika beras pandanwangi dijual dengan harga yang cukup tinggi.

22. Marici Putumayang

Marici PutumayangMarici Putumayang

Marici putumayang merupakan salah satu oleh-oleh khas Cianjur selanjutnya. Marici sendiri merupakan singkatan dari makanan ringan Cianjur yang terbuat dari tepung beras yang dibentuk menyerupai mie, setelah itu dikukus hingga matang.

Untuk penyajiannya bersama dengan saus gula dan santan. Ada beberapa marici lain yang juga bisa ditemukan di Ciamis seperti rengginang dan renggining yang dibuat dari beras ketan yang dikeringkan.

23. Rogan Sop

Rogan Sop via KompasRogan Sop via Kompas

Rogan sop merupakan makanan khas Cianjur yang dibungkus dengan daun pisang. Makanan yang satu ini bertekstur basah dan porsinya cukup banyak sehingga bisa membuat anda kenyang lebih lama.

Meski namanya sop namun rasanya manis dan berkuah santan.  Untuk isian rogan sop merupakan campuran dari kacang hijau, roti, serta degan yang disiram kuah santan nan nikmat. Makanan berkuah ini sudah ada sejak lama dan tetap dibuat dengan cara yang sama.

24.  Bakso Balungan Cianjur

Bakso Balungan CianjurBakso Balungan Cianjur

Rekomendasi oleh-oleh khas Cianjur yang terakhir adalah bakso balungan Cianjur. Kedai bakso  terdapat di jalan Pagelaran, Pabuaran, Cianjur.

Bakso yang disediakan cukup berbeda karena bukan hanya menyuguhkan bakso yang bentuknya bulat dengan pelengkap balungan nan mantap gila.

Kuahnya yang sedap karena campuran dari bumbu dan rempah pilihan. dijamin saat anda berkunjung ke kedai bakso balungan Cianjur akan selalu rindu untuk kembali.

***

Itu tadi beberapa rekomendasi oleh – oleh khas Cianjur yang bisa dibawa pulang untuk keluarga tercinta di rumah. Untuk mendapatkan deretan camilan nan lezat nan murah bukan suatu hal yang sulit, sebab tersedia di toko oleh – oleh serta pusat – pusat perbelanjaan yang ada di kawasan Cianjur. Semoga artikel ini bisa membantu anda dalam berwisata kuliner di kota Cianjur. Terima kasih.

Baca juga: Liburan Seru ke Taman Cibodas Cianjur