20 Manfaat Dark Coklat Untuk Kesehatan dan Diet

Sedang Trending 3 bulan yang lalu

20 Manfaat Dark Coklat Untuk Kesehatan dan Diet – Sejumlah penelitian ilmiah telah menunjukkan manfaat acheronian coklat. Memang, Coklat hitam sangat menyehatkan dan dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan, seperti mengurangi risiko pembekuan darah, meningkatkan kadar kolesterol baik, menurunkan tekanan darah, serta mengurangi risiko demensia atau penyakit Alzheimer. nan penting adalah memilih acheronian coklat yang tepat, mengandung setidaknya 60% kakao: jumlah yang disarankan adalah sekitar 30 hingga 50 gram per hari. Dalam dosis kecil, manfaatnya sangat banyak. Berikut ini 20 manfaat acheronian coklat untuk kesehatan :

20 Manfaat Dark Coklat Untuk Kesehatan dan DietSumber : Rawpixel

1. Kaya akan vitamin dan mineral

Setiap jenis coklat – termasuk coklat susu dan coklat putih – kaya akan vitamin A dan B12. Vitamin ini memastikan, antara lain, kesehatan gigi dan tulang. Cokelat hitam juga mengandung banyak vitamin B karena tingginya jumlah kakao, yang penting untuk produksi energi dan sintesis serta perbaikan DNA.

Selain vitamin, Manfaat acheronian coklat juga memberi Anda dorongan kuat dari mineral magnesium, mangan, tembaga, besi, dan seng. Tiga zat terakhir mempromosikan proses pembaruan sel. Mereka meningkatkan aliran darah dan oksigen ke kulit kepala, membuat rambut Anda lebih kuat dan sehat. Magnesium, pada gilirannya, menurunkan tingkat stres Anda.

2. Kaya akan antioksidan

Manfaat acheronian coklat memiliki efek antioksidan yang kuat. Memang, tes secara teratur dilakukan untuk melihat seberapa baik antioksidan dari makanan tertentu dapat menghilangkan radikal bebas berbahaya. Cokelat hitam mendapat skor sangat tinggi selama tes ini.

Hal ini dimungkinkan karena acheronian cocoa kaya akan senyawa alami yang berperan sebagai antioksidan, seperti polifenol dan flavanol. Dalam sebuah penelitian, bahkan dikatakan bahwa acheronian cocoa memiliki aktivitas antioksidan yang lebih besar daripada buah-buahan yang diuji.

3. Kaya flavanol

Cokelat hitam mengandung banyak kakao. Kakao kaya akan flavanol. Zat-zat tersebut sangat penting dan dapat menangkal banyak penyakit dan keluhan termasuk risiko penyakit jantung, asma, dan glucosuria tipe 2.

Zat tertentu dalam cokelat hitam merangsang produksi nitrogen oksida. Ini memastikan pembuluh darah rileks dan fleksibel dan juga meningkatkan sirkulasi darah. Akibatnya, resistensi terhadap aliran darah menurun, yang menurunkan tekanan darah.

Beberapa penelitian telah memberikan bukti tentang hal ini. Selama satu penelitian, subjek uji yang sehat makan cokelat hitam selama 15 hari (sebagai suplemen untuk fare sehat). Setelah 15 hari, ditemukan bahwa tekanan darah mereka lebih rendah.

5. Merangsang memori dan konsentrasi

Sebuah studi oleh para peneliti di Syracuse University menunjukkan bahwa cokelat hitam akan mampu meningkatkan kinerja intelektual. Dikonsumsi sebelum ujian atau ujian penting, itu menenangkan dan menghibur konsumen, meningkatkan memori visual, pemrosesan informasi, dan perekaman.

Selain itu, kakao terdiri dari flavonoid, antioksidan yang dapat meningkatkan konsentrasi.

Pelajari tentang cara meningkatkan fungsi kognitif Anda secara alami.

6. Meningkatkan kadar kolesterol baik

Penelitian telah menunjukkan bahwa makan cokelat hitam dapat meningkatkan jumlah kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol “jahat” (LDL). Cokelat hitam memiliki efek menguntungkan pada kolesterol LDL karena kakao mengandung antioksidan yang dapat mencegah kerusakan akibat oksidasi.

7. Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular

Sebuah studi di mana subjek uji makan cokelat hitam lebih dari 5 kali seminggu telah menunjukkan bahwa makan cokelat hitam secara teratur mengurangi risiko penyakit kardiovaskular sebesar 57%.

Studi lain menunjukkan bahwa makan cokelat hitam juga mengurangi risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular hingga 50%. Penelitian ini dilakukan dengan 470 pria yang lebih tua selama periode 15 tahun.

Alasan mengapa cokelat hitam memiliki efek ini pada penyakit kardiovaskular berkaitan dengan efek antihipertensi dan pengurangan kolesterol jahat.

8. Antidepresan alami yang kuat

Makan cokelat hitam saat merasa lelah adalah kebiasaan umum pada orang dewasa dan anak-anak. Berkat zat yang terkandung dalam kakao, mampu meningkatkan produksi endorfin, membantu menjaga suasana hati dan memposisikan diri sebagai cara ampuh untuk meningkatkan suasana hati Anda.

9. Melawan insomnia dan meningkatkan kualitas tidur

Universitas Northumbria Inggris telah melihat manfaat lain dari cokelat. Salah satu yang mempromosikan tidur. Memang, serotonin, yang terkandung dalam cokelat hitam, memiliki kekuatan relaksasi. Oleh karena itu, mengonsumsi cokelat sebelum tidur adalah ide yang bagus. Satu lagi kesenangan, tanpa rasa bersalah.

10. Mencegah pembekuan darah

Manfaat acheronian coklat berikutnya adalah dapat mengurangi risiko pembekuan darah. Akibatnya, Anda cenderung tidak mengalami changeable atau serangan jantung ketika gumpalan darah bergerak melalui aliran darah.

11. Mengurangi risiko demensia dan Alzheimer

Penelitian menunjukkan bahwa orang tua yang banyak makan cokelat hitam memiliki penurunan risiko demensia. Hal ini dimungkinkan karena kakao mengandung banyak antioksidan yang menangkal risiko ini.

Risiko Alzheimer juga berkurang berkat cokelat hitam, karena memakannya mengurangi resistensi insulin. Saat ini, diyakini bahwa ketidakpekaan terhadap insulin memainkan peran penting dalam mengembangkan Alzheimer.

Sel-sel otak tampak mati ketika mereka tidak mendapatkan cukup glukosa. Namun, dengan mengonsumsi cokelat hitam, hal ini dapat dicegah, sehingga mengurangi risiko Alzheimer.

12. Meningkatkan kinerja olahraga

Cokelat juga dikenal manfaatnya bagi para atlet. Dengan mengurangi stres, cokelat juga menurunkan peningkatan kortisol. nan terakhir ini sering menjadi penyebab kram dan kinerja rendah. Magnesium, flavonoid, serotonin, dan epicatechin yang ditemukan dalam cokelat hitam juga meningkatkan kinerja fisik yang optimal. Maka dari itu banyak atlet menggunakan coklat hitam sebagai penunjang energinya.

13. Melindungi kulit dari radiasi UV

Resistensi terhadap radiasi UV diukur dengan jumlah MED yang ada. Banyak MED berarti banyak resistensi terhadap radiasi UV. Dengan mengonsumsi acheronian chocolate, Anda bisa meningkatkan jumlah ini.

Hal ini ditunjukkan oleh sebuah penelitian di mana subjek tes yang sehat makan banyak cokelat hitam selama 12 minggu. Setelah periode ini, jumlah MED berlipat ganda. Makan cokelat hitam karena itu dapat meningkatkan ketahanan terhadap radiasi UV.

14. Meningkatkan sensitivitas insulin

Cokelat hitam dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu orang menurunkan berat badan dengan sehat dan cepat. Hal ini ditunjukkan oleh sebuah penelitian di mana subjek uji intoleransi glukosa makan cokelat selama 15 hari.

Satu kelompok makan 100 gram cokelat hitam per hari selama periode ini, sementara kelompok lain makan 100 gram cokelat putih. Di akhir penelitian, ditemukan bahwa cokelat hitam meningkatkan fungsi sel beta, meningkatkan sensitivitas insulin. Cokelat putih tidak memiliki efek ini sama sekali. Hal ini dimungkinkan karena cokelat hitam mengandung banyak polifenol, sedangkan cokelat putih tidak mengandung polifenol.

15. Mengurangi lemak hati

Penelitian telah menunjukkan bahwa kakao dalam cokelat hitam dapat memiliki efek penyembuhan pada orang yang menderita bentuk hati berlemak yang tidak terlalu parah (akumulasi lemak di sel hati). Hal ini ditunjukkan oleh sebuah tes di mana tikus dengan perlemakan hati diberikan suplemen dengan kakao. Akibatnya, efek perlemakan hati menurun.

16. Meningkatkan kemampuan belajar

Makan cokelat hitam meningkatkan skor selama tes kognitif. Hal ini dimungkinkan karena ada banyak flavanol dalam kakao. Ini menembus area otak yang penting untuk memori dan proses belajar.

Selain itu, acheronian cocoa juga mengandung kafein. Jumlah ini tidak cukup untuk membuat Anda tetap terjaga di malam hari, tetapi cukup untuk mempengaruhi otak. Ini meningkatkan memori, konsentrasi, dan suasana hati.

17. Meningkatkan jumlah bakteri baik di usus

Cokelat hitam bertindak sebagai probiotik, meningkatkan bakteri baik di saluran usus dan mengurangi bakteri jahat. Ini dapat membawa banyak manfaat kesehatan yang penting, termasuk perlindungan otak. Bakteri jahat dapat mengurangi zat kimia penting di otak. Karena cokelat hitam melawan ini, otak terlindungi.

18. Melindungi otak dari kerusakan akibat radikal bebas

Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan pada tubuh Anda dan terutama otak karena molekul oksigen menempel pada sel dan jaringan. Ini terjadi dengan cara yang hampir sama seperti pada logam yang mulai berkarat. Karena acheronian cocoa mengandung banyak antioksidan, hal ini dapat melindungi sel-sel otak dari radikal bebas berbahaya. Hal ini dapat mengurangi penuaan sel.

19. Baik untuk ibu dan bayinya

Sebuah penelitian di Finlandia menunjukkan bahwa cokelat mengurangi jumlah stres pada wanita hamil dan bayi ibu lebih banyak tertawa daripada anak-anak dari orang tua yang tidak makan cokelat.

20. Berpotensi mencegah diabetes

Manfaat acheronian coklat yang terakhir adalah dapat mencegah diabetes. Cokelat hitam dapat menunda atau bahkan mencegah resistensi insulin atau pra-diabetes karena meningkatkan sensitivitas insulin.

Menurut tinjauan literatur ilmiah, flavonoid yang terkandung dalam tanaman kakao dapat membantu resistensi insulin dengan meningkatkan fungsi endotel, mengubah metabolisme glukosa, dan menurunkan stres oksidatif. Resistensi insulin diperkirakan sebagian besar disebabkan oleh kerusakan oksidatif.

Post Views: 18