15 Tempat Wisata di Kepulauan Meranti Terbaik & Paling Hits Wajib Dikunjungi

Sedang Trending 2 bulan yang lalu

Tempat Wisata Di Kepulauan Meranti – Terdapat salah satu kabupaten baru di Provinsi Riau yang langsung menarik perhatian para pecinta walking yakni Kabupaten Kepulauan Meranti.

Kabupaten ini memiliki bentang alam yang menawan karena merupakan gabungan dari beberapa pulau – pulau cantik dan menawan. Nama meranti sebenarnya diambil dari banyaknya pohon meranti yang dulunya tumbuh di pulau ini, namun kini sudah jarang ditemukan.

Selain itu nama Meranti juga merupakan singkatan dari nama ketiga pulau yang ada di kepulauan ini, diantaranya Pulau Merbau, Pulau Rangsang, serta Pulau Tebing Tinggi.

Ketiga pulau ini merupakan pulau terbesar yang ada, sedang kepulauan meranti sendiri terdiri dari banyak pulau. Uniknya lagi di kawasan Selat Panjang, Kepulauan Meranti menjadi pusat lintas Perdagangan Internasional.

Wilayah ini menjadi tempat transit barang yang datang dari Singapura dan Malaysia untuk kemudian menyeberang ke daerah – daerah yang ada di Indonesia

Sudah barang tentu keindahan tiap pulaunya mampu menyihir siapa saja yang berkunjung.  Selain itu ada banyak tempat wisata di Kepulauan Meranti yang cocok dijadikan tempat untuk berlibur bersama keluarga tercinta.

Keindahan alamnya serta kulinernya yang lezat membuat tempat ini selalu ramai, terlebih lagi salah satu pelabuhan Internasional yang ada membuat banyak turis asing berlayar ke Kepulauan Meranti.

Tempat Wisata Di Kepulauan Meranti Paling Hits

Ada banyak tempat wisata di Kepulauan Meranti yang sayang sekali jika dilewatkan. Terlebih lagi deretan pulau – pulaunya memiliki pesona yang tidak dimiliki kawasan lain. Untuk menjawab rasa penasaran sobat jalan – jalan, berikut ulasannya secara rinci, diantaranya:

1. Danau Pulau Padang

Danau Pulau Padang - Tempat Wisata Di Kepulauan MerantiDanau Pulau Padang

Tempat wisata di Kepulauan Meranti yang pertama adalah wisata Danau Pulau Padang yang terletak di tengah hutan Pulau Padang.

Mendengar namanya mungkin kita berpikir bahwa pulau ini terletak di Sumatera Barat, namun semua itu salah, sebab pulau ini letaknya di sebelah Pulau Merbau, jadi jika perjalanan kita mulai dari Selat Panjang di Pulau Tebing Tinggi, maka kita akan melintasi dua kali penyeberangan.

Danau Pulau Padang menjadi tempat yang paling tepat untuk para pengantin baru yang ingin melakukan liburan honeymoon.

Lokasinya yang masih sangat alami dengan suasana romantis membuat banyak pasangan pengantin baru yang menghabiskan waktu di tempat ini.

Namun untuk mencapai pulau membutuhkan perjuangan yang tidak mudah. Meski begitu semua rasa lelah yang dirasa akan sirna seketika setelah melihat betapa indahnya Danau Pulau Padang.

Keindahan alamnya sungguh mempesona, aerial danau-nya berwarna biru kehijauan sanat jernih membuat kita bisa melihat hingga ke dasarnya. Sungguh perjalanan liburan yang tidak akan terlupakan.

Di dalam danau terdapat banyak sekali jenis ikan, sehingga buat yang punya hobi memancing, sangat direkomendasikan untuk datang ke tempat ini.

Lokasi: Pulau Padang, Kecamatan Tasik Putri Puyu, Kabupaten Kepulauan Meranti

2. Tasik Air Putih

Tasik Air Putih via @indoholidayguide - Tempat Wisata Di Kepulauan MerantiTasik Air Putih via @indoholidayguide

Tasik Air Putih terletak di kepulauan meranti atau tepatnya berada di teluk Samak, Kecamatan Rangsang, Kabupaten Kepulauan Meranti.

Meski termasuk objek wisata baru, namun keindahan alamnya membuat keberadaannya langsung disambut hangat.

Ukuran dari Tasik Air Putih ini sekitar 800 metre dengan kondisi alam yang masih sangat terjaga kealamiannya, memang tidak salah jika kita menyebut kepulauan Meranti sebagai pulau perawan yang kurang terjamah.

Kenyamanan tempatnya serta spot wisata alam keren siap menemani para pecinta fotografi untuk berburu foto. Untuk mencapai Tasik Air Putih di Pulau Rangsang kita harus melakukan perjalanan jalur air.

Di sepanjang perjalanan pengunjung akan disuguhkan pemandangan alam nan menawan, terlihat jejeran pulau – pulau kecil yang cantiknya luar biasa.

Selain Tasik Air Putih ada beberapa Tasik menawan yang ada di kepulauan Meranti seperti, Tasik Nambus, serta Tasik Putri Pepuyu.

Lokasi : Teluk Samak, Kecamatan Rangsang, kabupaten kepulauan Meranti

3. Tasik Nambus

Tasik Nambus via Riaulink - Tempat Wisata Di Kepulauan MerantiTasik Nambus via Riaulink

Wisata Kepulauan Meranti selanjutnya yang wajib dikunjungi adalah wisata Tasik Nambus. Tempat ini cukup ramai dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Terlebih lagi pada bulan Safar banyak sekali warga lokal yang datang ke tempat ini, sebab masyarakat percaya bahwa pada bulan Safar  mereka melakukan mandi Safar di tempat ini.

Untuk bisa sampai ke Tasik Nambu kita harus menempuh perjalanan darat selama 30 menit. Perjalanan yang singkat akan terasa semakin seru dan menyenangkan karena pemandangan indah yang tersuguh di sepanjang perjalanan.

Sesampainya di lokasi wisata yang tepatnya berada di Tanjung Darul Takzim, Kecamatan Tebing Tinggi Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti kita langsung disambut oleh pemandangan alam yang luar biasa.

Terlebih lagi di sekeliling lokasi terdapat hutan lindung yang sangat lebat dan terasa begitu sejuk. Maka tidak heran jika udara di tempat ini sangat segar dan sehat, tidak ada pencemaran udara dan lingkungan sama sekali. Untuk spot foto alamnya tidak perlu ditanya, juara pokoknya

Lokasi : Tanjung Darul Takzim, Kecamatan Tebing Tinggi Barat, Kabupaten kepulauan Meranti

4. Tasik Putri Pepuyu

Tasik Putri Pepuyu - Tempat Wisata Di Kepulauan MerantiTasik Putri Pepuyu

Tasik selanjutnya yang dimiliki Kepulauan Meranti yang terkenal akan keindahan alamnya adalah Tasik Putri Pepuyu.

Tasik ini juga berada di tengah hutan lindung yang membuatnya seperti berada di pulau terpencil yang masih sangat alami dan hijau.

Membuat kita seolah berada di pulau pribadi yang nyaman membuat siapa saja enggan beranjak dari lokasi wisata. Tempat ini juga cocok dijadikan tempat meditasi untuk mencari ketenangan hati serta pikiran.

Selain menikmati keindahan alam yang memukau serta merasakan kedamaian di Tasik Putri Pepuyu, tempat ini juga menawarkan lokasi untuk berkemah yang seru.

Sehingga buat anda yang memiliki rencana untuk bermalam bisa mendirikan perkemahan untuk merasakan kehidupan alam terbuka Tasik Putri Pepuyu.

Lokasi : Tanjung Padang, Kecamatan Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti.

5. Pantai Ceria

Pantai Ceria Foto by @indoholidaytourguide - Tempat Wisata Di Kepulauan MerantiPantai Ceria Foto by @indoholidaytourguide

Pantai Ceria menjadi salah satu tempat wisata di Kepulauan Meranti yang tidak boleh dilewatkan selanjutnya. Nama dari pantai ini diambil dari nama daerahnya yakni di kawasan Desa Centai, dimana kata Ceria sendiri merupakan singkatan dari Centai Riau.

Pantai ceria menjadi salah satu lokasi favorit para wisatawan untuk menghabiskan waktu senggang serta waktu libur panjang mereka.

Keindahan alam pantainya sungguh menawan, mulai dari hamparan pasir bertekstur halus yang biasa dijadikan tempat untuk bersantai menikmati sauna pantai sembari menanti munculnya sunset.

Kemudian di bagian aerial lautnya sangat jernih berwarna biru laut yang membentang luas sejauh mata memandang yang dipadukan dengan gulungan ombak berirama akibat tiupan angin, sungguh pemandangan yang luar biasa menawan.

Pantai yang letaknya di kawasan Desa Centai, Kecamatan Merbau, Kabupaten Kepulauan meranti ini, juga memiliki biota laut yang cantik. Kondisi dasar lautnya masih sangat terjaga, membuat para penyelam semakin tersihir olehnya.

Lokasi : Desa Centai, Kecamatan Merbau, Kabupaten Kepulauan meranti, Riau.

6. Pantai Dorak

Pantai Dorak via Youtube Erwin Saputra - Tempat Wisata Di Kepulauan MerantiPantai Dorak via Youtube Erwin Saputra

Pantai eksotis selanjutnya yang juga tidak kalah populer di Kepulauan Mentawai adalah Pantai Dorak yang letak pastinya berada di kawasan Tanjung Bunga, Kecamatan Pulau Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau.

Pantai ini menjadi salah satu tujuan wisata masyarakat sekitar Riau yang ingin sekejap melepas penat. Selain itu banyak pula wisatawan luar kota yang berkunjung untuk menikmati suasana di tepi pantai Dorak.

Keunikan lain dari pantai Dorak adalah pada bagian pinggirannya terdapat bebatuan tangkahan kayu yang dibuat layaknya pelabuhan kecil.

Biasanya para wisatawan menjadikan lokasi ini untuk duduk santai sembari ngobrol bersama teman dan keluarga. Selain itu bagi para pecinta fotografi serta foto selfie kerap menjadikan lokasi ini sebagai tempat untuk berswa foto.

Selain menjadi pantai wisatawan, pantai ini juga menjadi salah satu pantai nelayan, maka tidak heran jika anda melihat banyak kapal nelayan penangkap ikan yang bersandar.

Pemandangan seperti ini juga termasuk unik dan pengunjung pun tidak mau ketinggalan mengambil gambar di dekat perahu nelayan

Lokasi : Tanjung Bunga, Kecamatan Pulau Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau

7. Pantai Motong

Pantai Motong via MirwansPantai Motong via Mirwans

Tempat wisata di Kepulauan Meranti selanjutnya adalah wisata Pantai Motong. Pantai ini memiliki ombak yang cukup tenang dan memiliki kelebihan yang tidak dimiliki pantai lainnya yakni kita bisa melihat luasnya Selat Malaka dengan airnya yang tenang.

Keindahan birunya laut yang membentang luas semakin membuat siapa saja terpesona dan semakin betah berlama – lama di lokasi wisata.

Suasana di pantai Motong sangat tenang dan nyaman, sehingga cocok sekali buat anda yang ingin menepi sejenak dari bisingnya ibukota.

Suasana pesisir yang nyaman dengan deretan pepohonan hijau tropis seperti pohon kelapa, pohon cemara, pohon bakau siap menjadi peneduh dari teriknya matahari.

Kesegaran buah kelapa yang bisa langsung dipetik dari buahnya juga siap menemani anda saat panas terik. Sehingga kesegarannya akan membuat tubuh kembali segar.

Lokasi : Permai, Bantar, Kecamatan Rangsang Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau

8. Pulau Dedap Durhaka

Pulau Dedap Durhaka via @indoholidayguidePulau Dedap Durhaka via @indoholidayguide

Saat berlibur di Kepulauan Meranti rasanya belum sempurna jika belum mengunjungi pulau yang penuh dengan cerita legenda rakyat yang hampir mirip dengan kisah Malin Kundang dari Sumatera Barat yakni wisata Pulau Dedap Durhaka. Pulau ini berlokasi di Selat Bengkalis, Kecamatan Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti.

Terlepas dari cerita rakyat mengenai kisah seorang anak yang durhaka terhadap ibunya ini, pulau Dedap memang memiliki pesona alam yang tidak biasa.

Pulau bernuansa romantic, maka tidak heran jika saat anda berada di pulau ini akan melihat banyak pasangan yang berseliweran menghabiskan waktu di pulau ini. deretan pepohonan berukuran besar mengelilingi pulau ini sehingga udaranya sangat sejuk.

Terdapat keunikan lain dari pulau ini yang membuatnya semakin menarik untuk dikunjungi, seperti keberadaan dua kera yang menjadi penunggu pulau, serta terdapat banyak pohon mangga unik.

Saat anda memetik buah mangga yang berada di bagian bawah atau dekat dengan tanah maka rasa buahnya sangat masam, namun jika anda mengambil buah pada bagian yang lebih tinggi, maka rasa buah sangat manis.

Lokasi : Selat Bengkalis, Kecamatan Merbau, kabupaten Kepulauan Meranti, Riau

9. Kelenteng Hoo Ann Kiong

Kelenteng Hoo Ann Kiong via WikipediaKelenteng Hoo Ann Kiong via Wikipedia

Masyarakat kepulauan Meranti ternyata menjadi salah satu bukti nyata adanya kerukunan antar umat beragama. Sudah sangat lama masyarakat berbeda agama hidup rukun.

Para penganut Agama Islam, Hindu, Budha, serta masyarakat Tionghoa hidup berdampingan dan saling menolong. Memang di Kepulauan Meranti mayoritas penduduknya merupakan warga Tionghoa.

Tidak heran jika ada banyak Kelenteng yang berdiri di wilayah ini, bahkan salah satunya merupakan Kelenteng yang memiliki nilai sejarah karena dibangun pada masa penjajahan Belanda, yakni sekitar tahun 1868.

Masyarakat sekitar biasa menyebut tempat peribadatan tertua di Kepulauan meranti ini sebagai Kelenteng Hoo Ann Kiong yang lokasinya berada di kawasan Jalan Jenderal Ahmad Yani, Alah Air Timur, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau.

Kelenteng ini terus dijaga dan masuk sebagai deretan cagar budaya yang dilindungi. Bukan hanya itu, banyak pula wisatawan yang berkunjung untuk merasakan kehidupan masa lalu yang pernah ada di tempat ini, bahkan sejak dulu tempat ini menjadi salah satu tempat wisata di Kepulauan meranti yang cukup populer.

Lokasi : Alah Air Timur, Kecamatan Tebing Tinggi, kabupaten kepulauan Meranti, Riau.

10. Festival Sungai Bokor, Pulau Rangsang

Festival Sungai Bokor, Pulau Rangsang via RiaudailyphotoFestival Sungai Bokor, Pulau Rangsang via Riaudailyphoto

Di kawasan Desa Bokor, Kecamatan Rangsang Barat, kabupaten Kepulauan meranti, Riau terdapat sebuah show yang selalu dinanti warga lokal serta para wisatawan yang datang dari tempat jauh.

Festival ini bernama show Sungai Bokor yang diadakan setiap tahun. Festival ini menjadi salah satu pelengkap perjalanan wisata anda di kepulauan meranti.

Diadakannya show ini sebagai salah satu alternatif untuk mempertahankan atau melestarikan budaya section warga Pulau Rangsang.

Di dalam show berbagai perlombaan unik dan menarik yang digelar mampu menarik banyak orang untuk berkunjung. Diantaranya berlari di atas tual sagu, yakni dilakukan dengan berlari di atas permukaan aerial yang bagian atasnya diberi jejeran batang sagu.

Lokasi : Bokor, kecamatan Rangsang Barat, Kabupaten kepulauan Meranti, Riau.

11. Pantai Beting Beras

Pantai Beting Beras via TribunnewsPantai Beting Beras via Tribunnews

Pantai Beting Beras menjadi salah satu tempat wisata di Kepulauan Meranti. Kawasan pantai ini menjadi salah satu lokasi paling sempurna untuk menyaksikan romantisnya sunset.

Tidak heran jika banyak sekali pasangan muda mudi yang menghabiskan waktu di tempat ini, terutama saat senja menjelang jumlah pengunjung akan semakin banyak.

Sembari duduk santai di tepi laut menanti matahari kembali ke peraduan. Momen seperti ini memang selalu ditunggu, meski terjadi setiap senja.

Beberapa kelompok pecinta sunset juga sangat setia menanti langit berubah jingga keemasan dengan menghadirkan siluet luar biasa.

Mereka biasanya sudah mempersiapkan beberapa buah kamera untuk merekam serta mengambil foto di waktu yang tepat sehingga menghasilkan gambar yang sempurna.

Berbagai aktivitas lain yang tidak kalah seru juga bisa anda lakukan, seperti duduk santai menikmati indahnya laut biru bersama teman atau keluarga tercinta.

Jika anda berkunjung diwaktu yang tepat, maka anda bisa menyaksikan show Jung Titis yang merupakan kegiatan yang dilaksanakan dalam bentuk perlombaan kapal layar.

Lokasi: Desa Kuala Merbau, Kecamatan Pulau Merbau, Kepulauan Meranti

12. Wisata Hutan Mangrove Di Pantai Impian

Wisata Hutan Mangrove Di Pantai ImpianWisata Hutan Mangrove Di Pantai Impian

Perjalanan wisata kita di Kepulauan meranti akan semakin lengkap dengan berkunjung ke Hutan Mangrove Pantai Impian.

Memang di Kepulauan Meranti terus diupayakan pembudidayaan hutan mangrove sebagai salah satu upaya mencegah abrasi atau pengikisan bibir pantai secara alami, salah satunya yang ada di Pantai Impian.

 Di tempat ini hutan mangrovenya sangat lebat. Melihat potensi yang dimiliki hutan mangrove ini, kemudian para pemuda kreatif dibantu pemerintah pariwisata setempat mengembangkannya menjadi salah satu objek wisata.

Pengunjung yang datang akan dimanjakan dengan berbagai jenis tanaman bakau yang diberi jembatan kayu sebagai penghubung.

Di dalam hutan terdapat banyak sekali hewan bakau yang hidup seperti kepiting, udang dan masih banyak lagi. biasanya masyarakat sekitar menjadikan kawasan hutan bakau sebagai tempat mencari kepiting serta udang bakau untuk dijadikan sumber penghasilan.

Lokasi : Desa Anak Setatak, Kecamatan Rangsang Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau.

13. Ekowisata Mangrove Desa Banglas

Ekowisata Mangrove Desa Banglas via @harianfikiransumutEkowisata Mangrove Desa Banglas via @harianfikiransumut

Satu lagi hutan bakau atau hutan mangrove yang dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata andalan terbaru, yakni destinasi Ekowisata Mangrove Desa Banglas yang letaknya di kawasan Dusun II, Desa Banglas, kecamatan tebing Tinggi, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau. Tempat ini menjadi salah satu alternatif liburan yang membuat kita semakin dekat dengan alam.

Menjelajah hutan mangrove memang menjadi hal seru yang tidak boleh dilewatkan. Biasanya pihak pengelola membuat jalan dari kayu sebagai penghubung.

Bukan sekedar jalan kayu biasa, namun jalannya dihias dengan berbagai ornament serta berbagai tulisan berukuran besar, sehingga cocok menjadi tempat untuk foto selfie.

Pemandangan alam disekitarnya juga sangat indah, terutama hamparan laut biru yang menawan dengan gulungan ombak yang berirama.

Lokasi : Dusun II, Desa Banglas, Kecamatan Tebing Tinggi, kabupaten Kepulauan Meranti, Riau.

Kunjungi juga: Tempat Wisata Di Bengkalis Riau

14. Desa Tanah Merah Pulau Rangsang

Desa Tanah Merah Pulau Rangsang via DesaidDesa Tanah Merah Pulau Rangsang via Desa.id

Jika kita berbicara soal Destinasi wisata yang ada di Kepulauan Meranti memang tidak ada habisnya, terutama kawasan pulau – pulau yang ada di dalamnya, salah satunya adalah Pulau Rangsang.

Kawasan Rangsang Pesisir menjadi Kecamatan termuda di kepulauan Meranti yang memiliki sentuhan alam yang begitu kuat, sehingga mampu mengundang banyak wisatawan untuk berkunjung serta memiliki prospek yang baik untuk terus dikembangkan.

Pulau Rangsang memiliki sebuah desa wisata yang tidak kalah menariknya dari wisata lain yakni wisata Desa Tanah Merah.

Di pusat desa Tanah Merah dibangun semacam pasar ikan sederhana untuk memudahkan nelayan menjual hasil tangkapan mereka. Memang desa ini terkenal dengan hasil tangkapan lautnya dan menjadi surganya para penikmat hidangan laut.

Berbagai jenis hidangan laut yang lezat bisa kita temukan dengan mudah, diantaranya berbagai jenis ikan, siput, udang, kerang, kijing, udang papaya, rama – rama, sepepet, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Lokasi: Desa Tanah Merah, kecamatan Rangsang Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti, provinsi Riau

15. Kolam Telaga Bening Selat Panjang

Kolam Telaga Bening Selat PanjangKolam Telaga Bening Selat Panjang

Tempat wisata di Kepulauan Meranti yang terakhir yang kami rekomendasikan adalah kolam telaga bening yang selalu ramai oleh para pengunjung pada sore hari untuk nongkrong atau sekedar bersantai menghabiskan waktu sore.

Meski kolam telaga bening ini tidak terlalu besar tetapi menjadi salah satu tempat hits di pusat kota Selat Panjang. Disini kamu juga menikmati berbagai kuliner kuliner di sepanjang jalan.

Lokasi: Kelurahan Selatpanjang Kota, Kabupaten Kebulauan Meranti

***

Itu tadi sederet tempat wisata di Kepulauan Meranti yang sering dijuluki sebagai surga tersembunyi di Provinsi Riau. Keindahan alam yang ada memang membuat tempat ini layak dijadikan salah satu tujuan wisata. Semoga informasi ini bermanfaat, terutama bagi pecinta jalan – jalan. Terima kasih.

Kunjungi juga: Tempat Wisata di Kampar Riau