15 Dak Jemuran Rumah Minimalis, Ngga Makan Tempat!

Sedang Trending 2 bulan yang lalu

Kini beton menjadi salah satu bahan nan banyak digemari masyarakat dalam pembangunan rumah. Tidak hanya sekedar digunakan sebagai genting saja, namun dak sering dimanfaatkan sebagai area mencuci. Maka dari itu dibutuhkan inspirasi kreasi dak jemuran rumah minimalis.

Alasan kenapa dak dijadikan sebagai area mencuci adalah lantaran lokasinya diatas dan terkena sinar mentari sehingga dapat menjemur baju. Area jemuran nan tidak rapi juga dapat membikin tampilan rumah kurang bagus.

Daftar Desain Dak Jemuran Rumah Minimalis

Bagi Anda nan sedang membangun rumah mungkin memerlukan inspirasi kreasi dak jemuran. Konsep minimalis sekarang lebih doyan untuk diterapkan oleh banyak orang. Berikut beberapa kreasi dak jemuran agar rumah terlihat tetap bagus ketika ada jemuran nan banyak:

1. Dak jemuran idaman

Dak jemuran idaman

Jenis dak jemuran nan pertama ini terlihat bagus dan menawan. Konsep nan dibawa untuk jenis dak jemuran ini terbuka dengan tembok tinggi dan menyatu dengan ruangan lainnya. Dimana dengan kreasi seperti ini Anda dapat mencuci sekaligus memasak.

Model dak jemuran nan satu ini menyatu dengan kitchen set sehingga terlihat unik. Agar tidak membosankan kreasi dak jemuran ini dilengkapi dengan beberapa tanaman sehingga menimbulkan nuansa asri.

2. Dak jemuran genting kaca

Dak jemuran genting kaca

Menggunakan genting kaca pada dak jemuran merupakan buahpikiran nan sangat menarik. Desain rangka besi, genting kaca, dan cat tembok sangat menyatu sehingga nyaman untuk dilihat. Fungsi penggunaan genting kaca adalah agar tetap mendapat sinar namun tidak kehujanan.

Dengan demikian jika hujan turun Anda tidak perlu repot-repot untuk langsung mengangkat jemuran. Model dak jemuran nan satu ini sangat menguntungkan dan terlihat keren. Penambahan sedikit pot tanaman bakal membuatnya terlihat semakin manis.

3. Dak jemuran santai

Dak jemuran santai

Konsep dak jemuran nan satu ini sangat menyatu dengan kebutuhan untuk bersantai. Dengan beberapa aksen tanaman hias dan rumput menjadikannya terlihat lebih teduh. Keasrian kreasi ini tampil sangat compact dengan adanya bangku untuk bersantai.

Pemilihan genting nan transparan juga membikin kreasi dak jemuran ini sangat fungsional. Pasalnya dengan model genting nan sedemikian rupa Anda dapat duduk santuy di area tersebut meskipun hujan sedang turun.

4. Dak jemuran area laundry

Dak jemuran area laundry

Desain dak jemuran minimalis nan selanjutnya adalah menerapkan konsep seperti area laundry. Dengan demikian aktivitas mencuci busana bakal terasa lebih konsentrasi dan pekerjaan sigap selesai. Kelebihan jenis dak ini membikin rumah Anda terlihat rapi seperti tidak ada jemuran baju.

Dalam contoh gambar tersebut terlihat, satu ruangan dak dijadikan sebagai tempat untuk mencuci, menjemur, sekaligus menyetrika. Penambahan aksen sedikit pot tanaman membikin suasana mencuci lebih teduh.

5. Dak jemuran luas semi terbuka

Dak jemuran luas semi terbuka

Desain dak jemuran nan satu ini terletak berada di samping rumah dengan konsep semi terbuka. Dikatakan semi terbuka lantaran terdapat tembok nan tidak full menutupinya. Dalam gambar tersebut dapat dilihat bahwa area mencuci cukup luas.

Hal tersebut mengakibat aktivitas mencuci menjadi lebih nyaman untuk dilakukan. Meskipun kreasi dak jemuran ini mempunyai atap, namun tetap mendapatkan sinar mentari nan dapat digunakan untuk mengeringkan baju.

6. Dak jemuran genting transparan

Dak jemuran genting transparan

Penggunaan genting transparan untuk dak jemuran biasanya dilakukan jika hanya tersisa mendapat lantai atas. Pada dasarnya area lantai atas memang cocok untuk digunakan sebagai tempat mencuci dan menjemur.

Tujuan menggunakan genting transparan adalah agar tetap dapat menjemur tanpa kudu kehujanan. Desain dak jemuran ini seperti berada di anjungan sehingga aktivitas mencuci semakin menyenangkan.

7. Dak jemuran modern

Dak jemuran modern

Desain dak jemuran nan satu ini cocok diterapkan pada rumah modern. Perpaduan antara tempat mencuci dengan ruang penyimpanan baju seperti pada gambar memunculkan kesan nan praktis. Penggunaan genting nan transparan juga bakal lebih membikin aktivitas menjemur lebih fleksibel.

8. Dak jemuran menyatu dengan dapur

Dak jemuran menyatu dengan dapur

Pembuatan dak jemuran rumah minimalis juga dapat memakai konsep nan menyatu dengan dapur. Dapat dilihat pada gambar kreasi dak jemuran tersebut tidak memerlukan area nan luas. Dengan area nan cukup mini Anda sudah bisa membikin dapur serta tempat mencuci.

Kelebihan kreasi dak jemuran ini Anda dapat melakukan aktivitas dapur sekaligus mencuci. Jarak nan dekat antara kedua aktivitas rumah tersebut bakal lebih menghemat tenaga agar tidak mudah lelah.

9. Dak jemuran tertutup

Dak jemuran tertutup

Desain dak jemuran nan satu ini cocok untuk Anda nan tidak mengekspose kegiatan. Beberapa orang bakal merasa kurang nyaman jika aktivitas mencuci terlihat. Untuk mengatasi perihal tersebut Anda dapat mencoba kreasi dak jemuran nan tertutup seperti ini.

10. Dak jemuran dengan hiasan

Dak jemuran dengan hiasan

Hiasan seperti tulisan “wash dry fold” tersebut membikin dak jemuran rumah tidak biasa namalain unik. Jarang sekali dibuat kreasi sedemikian rupa untuk dak jemuran di rumah. Akan tetapi, perihal ini bukan merupakan buahpikiran nan buruk.

Penggunaan beberapa hiasan, seperti rangkaian kata, lukisan, dan patung unik bakal membikin aktivitas mencuci lebih menyenangkan.

11. Dak jemuran asri

Dak jemuran asri

Dak jemuran rumah minimalis nan satu ini didesain dengan konsep nan asri. Dimana banyak warna hijau nan terlihat pada kreasi dak jemuran tersebut. Berbagai jenis tanaman serta rumput hijau menjadikan suasana mencuci lebih teduh.

Selain itu, penggunaan cat berwarna hijau membikin konsep asri pada dak jemuran ini lebih menonjol. Desain ini sangat cocok dipadukan dengan furniture nan berbahan dari kayu seperti pada gambar.

12. Dak jemuran unik

Dak jemuran unik

Penggunaan perangkat gantung untuk menjemur seperti pada gambar tersebut cukup unik. Bentuknya nan menonjol kebawah membuatnya tidak terlalu tinggi sehingga aktivitas menjemur lebih mudah dilakukan. Desain dak jemuran ini diletakkan pada samping rumah alias dapat dikatakan outdoor.

13. Dak dengan peralatan lengkap

Dak dengan peralatan lengkap

Peralatan mencuci nan komplit tentu bakal meningkatkan semangat dalam melakukan aktivitas mencuci. Pada kreasi tersebut terlihat bahwa peralatan mencuci dibuat komplit dalam satu area. Terdapat beberapa jenis gantungan baju nan dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Atap dak jemuran ini dibuat dua jenis, ialah satu sisi transparan dan satu sisi tidak transparan. Bagian nan tidak transparan memungkinkan aktivitas Anda selama mencuci tidak bakal terkena terik matahari.

14. Dak jemuran estetik

Dak jemuran estetik

Siapa sangka dak jemuran rumah minimalis tidak dapat dibuat estetik. Penggunaan lantai kayu membikin suasana dak jemuran ini lebih indah. Selain perpaduan antara hiasan pada figura dengan tanaman hias bisa meningkatkan estetika pada dak jemuran ini.

15. Dak jemuran outdoor

Dak jemuran outdoor

Kegiatan mencuci bakal lebih leluasa jika dilakukan pada outdoor. Pada kreasi tersebut tampak ada bagian jemuran nan mempunyai genting transparan. Tujuan sedikit genting transparan tersebut digunakan jika ada busana nan belum kering namun telah turun hujan.

Kegiatan mencuci busana menjadi salah satu kebutuhan utama dari setiap rumah. Oleh karena itu, setiap rumah wajib mempunyai area untuk menjemur pakaian. Beberapa kreasi dak jemuran rumah minimalis tersebut jika Anda terapkan bakal menjadikan rumah terlihat lebih rapi dan bagus.