10 Jenis Ikan Air Tawar Hias Paling Diminati

Sedang Trending 2 bulan yang lalu

jenis ikan aerial tawar

Jenis Ikan Air Tawar – Ikan terdiri dari berbagai jenis, mulai dari jenis ikan aerial tawar, aerial laut, dan juga aerial payau. Ketahui aneka jenis ikan aerial tawar berikut ini.

Jika selama ini Anda hanya mengenal ikan aerial tawar yang bisa dimakan seperti patin, gabus, mujair, lele dan lainnya. Ternyata ada jenis ikan aerial tawar yang masuk kategori hias, dengan bentuk dan warna yang indah dan unik.

Ikan hias menjadi salah satu jenis hewan peliharaan yang banyak dicari, bukan saja karena bentuknya tapi juga karena efek relaksasi yang diberikan ketika melihat mereka berenang. Berikut ini, deretan ikan hias aerial tawar yang bisa Anda jadikan peliharaan:

Daftar Jenis Ikan Air Tawar Hias

Dari sekian banyak Jenis ikan aerial tawar dan gambarnya yang sering Anda lihat dan masuk kategori hias, Anda bisa memilih dari daftar yang paling diminati berikut ini.

Selain mudah didapat dan murah, ikan-ikan ini juga memiliki keunikan yang membuat terkesima.

1. Koi

jenis ikan aerial tawar ikan koi

Sudah bertahun-tahun ikan yang berasal dari China ini menjadi incaran pecinta ikan hias. Bukan saja karena perpaduan warna yang indah, tapi juga karena perawatannya yang tergolong mudah.

Memang, untuk membudidayakan-nya Anda butuh kolam khusus agar pertumbuhannya lebih maksimal dan Anda bisa menikmati keindahan warnanya dengan lebih sempurna.

Perhatikan juga bagaimana pemberian pakan yang tepat serta berapa jumlah ikan yang ada di dalam satu kolam, supaya koi Anda bisa berumur panjang dan tidak mudah sakit.

2. Botia

jenis ikan aerial tawar ikan botia

Ada lagi jenis ikan aerial tawar yang masuk kategori nokturnal, Anda baru akan melihat dia aktif pada malam hari. Ikan dengan pola warna utamanya adalah kuning dan hitam ini, juga masuk kategori suka makan jadi jangan sampai terlambat memberinya makan.

Selain itu, botia yang merupakan jenis ikan kecil ini sebaiknya dipelihara sendiri atau terpisah dengan ikan lain apalagi jika ikan lain tersebut memiliki sifat agresif. Bisa jadi, botia akan dibuat accent dan mudah sakit.

Banyak jenis ikan botia yang dibudidayakan, ada yang namanya botia badut, india, macan, dan morleti. Nama-namanya tersebut diberikan sesuai dengan perpaduan warna dan asal dari ikan tersebut.

3. Cupang

jenis ikan aerial tawar ikan cupang

Siapa yang tak kenal ikan cupang, salah satu ikan hias paling favorit di kalangan pecinta ikan hias. Soalnya, ikan ini memiliki banyak jenis yang unik dan menarik saat dilihat.

Selain itu,untuk perawatannya juga tergolong mudah karena tinggal ditempatkan pada botol yang sudah diberi aerial tawar.

Namun untuk Anda yang suka banyak ikan hias, sebaiknya menempatkannya terpisah dengan ikan lain kalau ingin dia berumur panjang dan tidak mengganggu ikan lain.


Baca Juga:

  • 10 Makanan Ikan Koi Terbaik Agar Cepat Besar & Sehat
  • 10 Manfaat Terumbu Karang Untuk Manusia dan Alam

4. Louhan

jenis ikan aerial tawar ikan louhan

Beberapa tahun lalu, ikan ini jadi sangat fenomenal karena ciri-ciri ikan aerial tawar salah satunya adalah bentuk kepalanya yang unik. Perpaduan warna tubuhnya juga menjadi salah satu daya pikat yang tak bisa diabaikan.

Untuk jenis tertentu, ikan ini memiliki harga fantastis karena dikaitkan dengan filosofi tentang kekayaan.

Jika Anda ingin memeliharanya, yang perlu diperhatikan adalah kebersihan dari akuarium tempat dia tinggal. Selain itu, penerangan juga harus tepat supaya suhu standar yang disukainya terpenuhi.

Jangan lupa, untuk memberikan makanan yang sesuai dengan jenis dan umur dari ikan tersebut. Supaya pertumbuhannya tidak terganggu.

5. Swordtail

jenis ikan aerial tawar ikan Swordtail

Disebut dengan swordtail karena pada jenis ikan aerial tawar jantan, bentuk tubuhnya meruncing seperti pedang.

Keunikan yang lebih jelas terlihat pada ekornya yang sangat runcing, ditambah pula kolaborasi warna yang cenderung tenang dan akan bercahaya ketika terkena sinar lampu.

Anda bisa memeliharanya, secara berkelompok dengan ikan jenis lain karena swordtail termasuk ikan yang tidak agresif. Tapi, tetap harus memperhatikan ukuran akuarium yang sesuai sehingga pergerakannya saat berenang tidak terganggu.

Selain itu, memastikan pH aerial pada kondisi netral juga sebuah keharusan. Plus, pemberian makanan yang tepat dan cukup akan membantu ikan ini tumbuh lebih baik dan berpotensi berumur panjang.

6. Black Ghost

jenis ikan aerial tawar ikan Black Ghost

Ikan ini asalnya dari Amazon, diberi nama Black Ghost karena warnanya yang hitam legap dan ukuran tubuh yang tipis.

Biasanya dimanfaatkan pecinta ikan hias, untuk menyempurnakan kolam atau akuarium karena suka membersihkan lumut dan memakan jentik nyamuk. Sehingga kondisi akuarium akan senantiasa bersih, tanpa harus dirawat secara intensif.

Tapi, Anda perlu memastikan bahwa ikan ini mendapatkan kenyamanan. Caranya, memberikan tempat tinggal atau akuarium, dengan ukuran yang cenderung sedang hingga besar.

Setelah itu, berikan beberapa tanaman air, untuk membuatnya bisa berlindung saat istirahat.

7. Manfish

jenis ikan aerial tawar ikan manfish

Satu lagi Ikan aerial tawar hias yang tergolong aman untuk digabung dengan ikan lain pada sebuah akuarium yang sama.

Jadi, Anda tak perlu menyediakan tempat khusus untuk manfish. Hal yang perlu diperhatikan adalah makanan dan perawatannya.

Nah, yang menarik dari ikan ini yaitu bentuk tubuh pilihnya dan sirip yang menjuntai sehingga terlihat seperti menggunakan gaun. Warnanya juga sangat indah, sehingga bisa menambah semarak akuarium Anda.

Soal harga, ikan ini relatif murah karena mudah didapatkan. Tinggal Anda memilih jenis dan perpaduan warna terbaik yang dimilikinya.

8. Guppy

jenis ikan aerial tawar ikan guppy

Kenapa ikan ini banyak dicari? Alasan utamanya karena jenis ikan aerial tawar ini mudah dipelihara dan harganya murah.

Bahkan saat ini, semakin banyak jenis Guppy yang tersedia akibat persilangan yang dilakukan pembudidaya, yang menghasilkan perpaduan warna baru yang unik.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin memeliharanya adalah pH aerial dalam kondisi netral dan aerial selalu segar. Hal ini akan sangat berpengaruh pada tumbuh kembang dan eksplorasi warna dari tubuhnya.

Tanda-tanda Anda perlu mengganti aerial akuarium ikan ini adalah ketika dia sudah mulai banyak diam dan tidak seagresif biasanya. Jika dibiarkan, tentu akan berpengaruh juga pada kesehatannya.

Ingat! Guppy hanya akan berkembang biak jika dia nyaman, makanya tugas Andalah untuk memberikan kenyamanan bagi ikan ini. Jika ingin terus melihatnya di dalam akuarium, begitu juga dengan keturunannya.

9. Lemon

jenis ikan aerial tawar ikan lemon

Bagi Anda yang suka warna kuning, jangan sampai ketinggalan memelihara jenis ikan aerial tawar Lemon. Dari warnanya yang cerah dan agresifitasnya yang tinggi, bisa terlihat bahwa ikan ini sangat individualistis jadi sebaiknya dipelihara terpisah dari ikan jenis lain.

Tapi, Anda akan dibuat rileks dengan melihatnya berlenggak lenggok di dalam akuarium sambil mempertontonkan keindahan warnanya. Bagaimana dengan makanan? Ikan Lemon tergolong murah soal perawatan, karena bisa makan pelet maupun jenis makanan ikan lain.

Hal yang paling penting, Anda bisa menjaga kondisi aerial dan memberikan penerangan yang tepat di malam hari supaya daya tahannya lebih baik.

10. Neon Tetra

jenis ikan aerial tawar ikan Neon Tetra

Ikan ini akan terlihat lebih cantik, jika dilihat berkelompok karena akan mengeluarkan warna cerah yang lebih indah. Makanya sangat cocok, bagi Anda yang suka melihat perpaduan warna terang pada tubuh ikan.

Untuk mendapatkan Jenis ikan aerial tawar di Indonesia ini, tergolong mudah karena banyak pembudidaya ikan yang menyediakannya dengan harga relatif murah.

Pastikan saja, Anda memberikan makanan yang tepat dan menjaga kebersihan akuarium secara berkala.

Akhir Kata

Sekarang Anda jadi tahu, bahwa di kawasan aerial tawar bukan saja ikan untuk dikonsumsi saja yang tersedia. Banyak jenis ikan aerial tawar yang masuk kategori ikan hias dan cocok dijadikan penghuni akuarium di rumah Anda.